Memahami Kegunaan Tahitian Noni untuk Kesehatan

Tahitian noni atau mengkudu yang berasal dari Tahiti dipercaya mampu mengatasi semua keluhan kesehatan Anda akibat kandungan yang dimilikinya. Benarkah kandungan ini efektif mengatasi berbagai gangguan kesehatan? Ketahui informasi tentang manfaat kesehatan Tahitian noni di sini.

Selain mengkudu, Tahitian noni atau Morinda citrifolia, juga dikenal dengan banyak nama lain, seperti buah keju (cheese fruit), mulberry India, Hawaiian noni, jus noni, pinus liar (wild pine), Ba Ji Tian dan berbagai istilah lainnya. Tanaman yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, Australia, India dan Kepulauan Pasifik ini telah lama digunakan sebagai pewarna pakaian, obat untuk kulit, kolik, batuk, demam, konstipasi, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

tahitian noni - alodokter

Namun demikian, para ahli kesehatan menganggap masih banyak penelitian yang perlu dilakukan untuk menguji efektivitas buah Tahitian noni secara klinis. Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau FDA sendiri masih terus mengeluarkan larangan bagi produsen Tahitian noni mengenai klaim manfaat kesehatan yang tidak berbasis fakta.

Tahitian Noni dan Manfaat yang Dipercaya Masyarakat

Di antara beberapa manfaat kesehatan Tahitian noni yang beredar di masyarakat, berikut adalah gangguan kesehatan yang dipercaya bisa diatasi dengan mengonsumsi jus buah Tahitian noni atau mengkudu:

Mengonsumsi ekstrak buah Tahitian noni juga diduga mampu mencegah mual dan muntah yang dirasakan setelah menjalani prosedur operasi. Penelitian ini dilakukan pada 100 orang peserta dengan rentang usia 18-65 tahun. Walau tidak dilaporkan adanya efek samping, namun Anda disarankan mencari informasi lebih lengkap mengenai hasil penelitian serupa yang pernah diadakan.

Sebuah penelitian lainnya yang pernah dilakukan terhadap sejumlah perokok yang mengonsumsi jus buah Tahitian noni melaporkan adanya penurunan angka kolesterol dan trigliserida yang signifikan. Penelitian lebih lanjut masih tetap disarankan oleh asosiasi jantung Amerika (American Heart Association) sebelum klaim mengenai manfaat buah noni bagi kesehatan jantung bisa didukung secara penuh. Hal ini dikarenakan jus buah Tahitian noni juga mengandung banyak kalium yang bisa membahayakan penderita penyakit ginjal kronis.

Tersebut pula beberapa penelitian yang melaporkan adanya kerusakan hati pada peserta yang meminum jus buah noni. Walaupun begitu, masih tergolong sedikit kasus terjadinya kerusakan organ hati, yang kemudian membaik dengan cepat begitu konsumsi buah noni dihentikan. Adapun gejala klinis pada kerusakan organ hati tersebut serupa dengan gejala pada penyakit hepatitis akut.

Dampak buruk lain yang mungkin terjadi termasuk kondisi yang bernama hiperkalemia, yaitu kondisi dimana kadar kalium meningkat di dalam darah dan berpotensi tinggi menyebabkan kelainan saraf seperti kejang, gangguan pernapasan, spasme otot, gangguan ginjal, dan yang paling ditakutkan yaitu henti jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Meski beberapa sumber mengatakan bahwa suplemen ini kaya manfaat, namun faktanya dosis aman, efek samping, kesesuaian harga (cost-effectiveness), dan indikasi medisnya hingga saat ini belum terbukti kuat secara klinis. Pengobatan herba ini memang menuai kontroversi karena popularitasnya dan efek terapi yang dipercaya berdampak baik bagi kesehatan. Tetapi ingat, khasiat medis yang dikatakan terdapat pada buah ini hingga saat ini belum terbukti efektif sebagai pengobatan konvensional. Inilah sebabnya, di samping informasi manfaat kesehatan dan risiko efek samping yang ada, penelitian terhadap Tahitian noni masih diperlukan untuk mengetahui efek samping, dosis, dan berbagai standar kelayakan kesehatan lainnya yang benar-benar teruji secara klinis.

Jika Anda masih tertarik mencoba Tahitian noni sebagai salah satu multivitamin atau suplemen alternatif untuk dikonsumsi harian, maka disarankan berkonsultasi dulu dengan dokter. Bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal atau hati, sebaiknya Anda mencari informasi yang akurat dan selengkap mungkin dari dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen herba ini.