Memakai Produk Perawatan Wajah Pria Harus Jeli

Hanya karena tidak memakai makeup, bukan berarti pria tidak perlu melakukan perawatan wajah. Jangan keliru, pria juga perlu memerhatikan kesehatan wajahnya, terutama apa yang boleh dan sebaiknya tidak dilakukan.

Bahan perawatan wajah pria umumnya lebih sederhana karena pria tidak menggunakan riasan wajah seperti wanita. Walau begitu, tetap ada berbagai pilihan produk dan jenis yang perlu dicermati demi mendapatkan produk yang sesuai dengan karakter kulit wajah. Ketahuilah bahwa sebagian produk mengandung risiko lebih tinggi menyebabkan kulit menjadi lebih kering dibandingkan yang lain. Oleh karenanya, panduan perawatan yang ada perlu dicermati.

perawatan wajah pria-alodokter

Pembersih wajah atau sabun?

Kulit pria umumnya lebih tebal dibandingkan wanita sehingga kurang sensitif terhadap kandungan pada pelembap ataupun pembersih wajah. Meski demikian, bukan berarti pria boleh sembarangan membersihkan muka. Karena tidak ingin repot, sebagian pria memilih untuk menggunakan sabun batangan biasa untuk membersihkan wajah. Padahal sabun ini cenderung membuat kulit wajah menjadi lebih kering, apalagi jika kulit wajah Anda berjenis kering. Pertimbangkan untuk beralih ke pembersih wajah cair untuk mencegah kulit makin kering. Selain itu, pilih sabun yang mengandung moisturizer dengan kandungan gliserin, vitamin E, minyak jojoba, dan minyak zaitun.

Jika kulit Anda tergolong berminyak, gunakan sabun dan pembersih wajah yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau benzoil peroksida. Selain memiliki kandungan antibakteri, ketiga bahan ini membantu meluruhkan sel kulit mati sehingga dapat membersihkan pori-pori lebih dalam. Anda dapat mencoba pembersih dengan kandungan bahan-bahan alami, seperti eukaliptus dan sitrus yang juga dapat melindungi kulit dari bakteri.

Selain itu, upayakan untuk memilih pembersih wajah yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate. Bahan ini dapat membuat busa namun mengakibatkan kulit wajah kering. Selain itu, utamakan untuk memakai pembersih wajah yang mengandung minyak kedelai atau petrolatum, gliserin, dan ceramide.

Moisturizer untuk pria

Ada beberapa jenis moisturizer yang dapat dipilih sesuai kebutuhan Anda.

  • Untuk kulit berminyak, pilih yang berbentuk gel atau toner.
  • Untuk kulit normal, pilih yang berbentuk los
  • Untuk kulit kering, pilih yang berbentuk krim.

Sementara itu, bagi pria yang ingin menghilangkan jerawat dapat memilih moisturizer yang mengandung asam salisilat dan asam glikolat untuk membantu melepaskan sel kulit mati. Selain wajah, jaga juga bibir Anda agar selalu lembap dengan mengoleskan lip balm atau produk yang mengandung minyak kelapa.

Oleskan tabir surya

Untuk melindungi kulit wajah dari kekeringan akibat hawa panas, gunakan tabir surya yang didukung oleh moisturizer yang mengandung SPF-30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebihan. Tetap oleskan tabir surya ini tiap hari, bahkan saat cuaca sejuk atau mendung sekalipun. Namun bersihkan tabir surya dan semua produk dari wajah sebelum Anda tidur. Kandungan di dalamnya, ditambah dengan debu dari aktivitas sehari, dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan jika dibiarkan tinggal di wajah semalaman.

Saat bercukur

Teknik mencukur yang paling efektif dilakukan saat kulit wajah sedang berkondisi lembap, yaitu setelah mandi. Jika bercukur menyebabkan kulit mengalami iritasi, cobalah untuk bercukur dengan krim cukur yang mengandung unsur lidah buaya. Oleskan dengan campuran air dan diamkan selama setidaknya semenit sebelum Anda mencukur jenggot. Pemakaian minyak khusus sebelumnya juga dapat digunakan untuk mempermudah proses bercukur.

Bila Anda mengalami bintik-bintik yang disebabkan oleh rambut yang tumbuh ke dalam kulit, gunakan produk yang hipoalergenik tanpa pewangi agar tidak terjadi iritasi lebih lanjut. Gunakan krim cukur yang mengandung asam glikolik atau salisilik untuk mengangkat penyumbatan pori. Jika sering terluka karena pisau cukur, coba gunakan gel cukur dibandingkan krim yang mengandung busa.

Alat cukur listrik lebih berperan mengurangi iritasi dibandingkan pisau cukur biasa. Jika Anda menggunakan pisau cukur, pilih yang dilengkapi satu atau dua pisau. Untuk mengurangi risiko iritasi, cukurlah jenggot dan kumis searah dengan tumbuhnya bulu. Setelah bercukur, gunakan losion pascacukur, kemudian tambahkan moisturizer untuk mencegah iritasi. Tersedia juga toner dan losion yang umumnya mengandung penyegar yang berguna untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit. Jika Anda menggunakan produk penyegar secara terpisah, hindari yang mengandung alkohol.

Mandi dan basuh wajah dengan air hangat atau dingin

Membasuh wajah dengan air panas dapat membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan gatal karena hilangnya minyak alami wajah. Selain itu untuk mengurangi risiko kulit makin kering, hindari berada di bawah pancuran air lebih dari lima menit. Untuk mengeringkan wajah, daripada mengelap dengan handuk kencang-kencang, lebih baik tepuk-tepukkan handuk untuk menghindari kulit menjadi kering dan iritasi.

Scrub untuk mengangkat sel kulit mati

Scrub atau krim wajah berperan mengangkat sel kulit mati, debu, dan kotoran dari wajah sehingga kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Saat menggunakan scrub, usapkan dengan gerakan memutar pada wajah, lalu basuh hingga bersih.

Selain dengan berbagai produk perawatan wajah pria di atas, kesehatan dan kesegaran wajah juga dapat dijaga dari dalam dengan mengonsumsi cukup air mineral dan makanan sehat, seperti sayur dan buah.