Memaksimalisasi Manfaat Fitness di Gym

Kini makin banyak yang mencoba menerapkan gaya hidup sehat, termasuk berolahraga secara teratur. Salah satunya adalah dengan mencari manfaat fitness di gym dengan berbagai fasilitas yang tersedia.

Pada dasarnya, olahraga yang perlu dilakukan ketika berada di gym terdiri dari tiga latihan dasar yaitu aerobik, pembentukan atau pembangunan otot, dan fleksibiltas.

Memaksimalisasi manfaat fitness di gym - alodokter

Masing-masing jenis olahraga memiliki efek yang berbeda pada tubuh. Diperlukan keseimbangan dari ketiganya untuk mendapatkan manfaat fitness di gym secara optimal.

  • Latihan dasar aerobik

Latihan aerobik yang dapat Anda lakukan di gym sangat beragam, mulai dari berlari di treadmill, menggunakan sepeda statis, atau berenang. Jenis olahraga ini memiliki beragam manfaat, antara lain meningkatkan stamina tubuh, menghalau penyakit flu, mengontrol gula darah, bahkan efektif untuk memperkuat sistem kerja jantung.

Selain itu, aerobik yang dilakukan secara teratur juga dapat mencegah berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, diabetes tipe 2, stroke, dan beberapa jenis kanker. Penelitian menyimpulkan bahwa seseorang yang melakukan olahraga aerobik secara rutin memiliki usia lebih panjang dibandingkan yang tidak melakukannya.

Latihan dasar pembentukan otot

Pembentukan atau pembangunan otot pada tubuh dapat dilakukan melalui latihan angkat beban di gym. Proses tersebut juga sekaligus mampu menjaga penurunan berat badan. Ketika Anda rajin melakukan latihan angkat beban, maka akan lebih banyak otot yang terbentuk dan makin sedikit lemak tubuh, sehingga meningkatkan kondisi kesehatan dan tingkat kebugaran.

Melakukan latihan yang membangun kekuatan tubuh di gym sekaligus dapat membantu kepercayaan diri. Berkat otot yang terbentuk pada tubuh, memungkinkan Anda menggunakan ukuran pakaian yang lebih kecil, meski berat badan yang turun tidak terlalu banyak.

Latihan dasar fleksibilitas

Untuk latihan fleksibilitas di gym, Anda dapat memanfaatkan kelas yoga, pilates, belly dancing dan lain-lain. Latihan ini dapat meningkatkan stabilitas dan keseimbangan, sekaligus memperbaiki kondisi sendi-sendi pada tubuh.

Sayangnya latihan fleksibiltas ini jarang dilakukan oleh para pria yang lebih cenderung melatih tubuh bagian atas. Padahal manfaat yang diperoleh dari latihan jenis ini juga bervariasi.

Didukung Lingkungan Terstruktur

Melakukan olahraga di gym terutama akan bermanfaat jika dilakukan secara teratur. Lingkungan yang terstruktur dengan baik diharapkan dapat memotivasi Anda untuk lebih bersemangat dalam berolahraga.

Seseorang yang terbiasa fitness di gym dapat memberinya peluang memiliki teman untuk berolahraga, terutama dengan adanya kelas-kelas latihan khusus. Bisa juga ketika Anda berlari di treadmill, bukan mustahil untuk bertemu orang lain yang dapat saling memotivasi.

Selain itu, dengan berolahraga di gym dapat menjadikan Anda lebih fokus. Saat seseorang berolahraga di rumah, kemungkinan muncul berbagai hal yang mengalihkan perhatian.

Peralatan olahraga dengan fungsinya yang beragam bisa didapatkan seseorang sebagai pendukung fitness di gym dibandingkan di rumah. Gym juga memberikan Anda kelebihan untuk berlatih dengan panduan instruktur pribadi yang dapat membantu mencapai tujuan berolahraga lebih tepat. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi fitness dan kesehatan dari ponsel.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter mengenai rencana latihan Anda di gym. Kemudian bicarakan hal itu lebih lanjut pada instruktur Anda di gym guna menghindari hal-hal yang dapat menimbulkan risiko.