Memanfaatkan Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar wanita mengandalkan suplemen untuk menurunkan berat badan, padahal cara tersebut bisa saja menimbulkan efek samping. Mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara alami.

Pada dasarnya, buah sudah menjadi asupan makanan yang penting untuk penurunan berat badan berkat peran kandungan serat alaminya. Kandungan serat yang tinggi pada buah menjadikan seseorang merasa kenyang lebih lama dan tidak cepat lapar begitu usai mengonsumsinya. Berkat efek ini, tidak mengherankan bahwa banyak orang yang memilih mengonsumsi buah untuk menurunkan berat badan.

memanfaatkan buah untuk menurunkan berat badan - alodokter

Aneka Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Selain mengandung serat, buah dikenal kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan lemak dan kalori pada buah pun terbilang rendah. Maka tidak salah, berbagai macam buah bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan. Berikut aneka buah untuk menurunkan berat badan.
  • Grapefruit

Grapefruit menjadi salah satu pilihan buah untuk menurunkan berat badan. Mengonsumsi grapefruit sebelum makan selama kurun waktu satu minggu dapat membantu proses penurunan berat badan sekitar 0,5 kg. Kandungan air hingga 90 persen pada buah inilah yang membuat perut menjadi lebih kenyang sehingga keinginan mengonsumsi makanan lain menjadi lebih sedikit setelah mengonsumsinya.

  • Apel

Kandungan pektin dalam buah apel mampu memperlambat pencernaan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk memaksimalkan penekanan nafsu makan, dianjurkan untuk mengonsumsi apel yang belum diolah menjadi jus apel ataupun dalam bentuk lainnya. Manfaat mengonsumsi buah apel beserta kulitnya juga menjadi cara untuk mendapatkan berbagai manfaat nutrisi yang terkandung di dalam kulit apel.

  • Avokad

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang mengonsumsi avokad dan memanfaatkannya secara rutin akan mengalami penurunan berat badan dan juga memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil. Studi lainnya mengemukakan bahwa wanita yang mengonsumsi setengah avokad pada siang hari cenderung akan tetap merasa kenyang sehingga mengurangi keinginan mengemil. Ini dikarenakan, kandungan asam oleat pada avokad mampu membuat perut terasa kenyang setelah mengonsumsinya.

  • Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang memiliki kadar kalori rendah, yaitu sekitar 59 kalori. Selain rendah kalori, jeruk terbilang kaya akan serat. Para peneliti menempatkan jeruk pada urutan tertinggi dari 38 daftar makanan yang mengenyangkan berkat kandungan seratnya yang tinggi.

  • Blueberry

Buah yang satu ini dikenal mampu melawan efek penuaan dini dan radikal bebas. Dari secangkir blueberry, terkandung sekitar 80 kalori dan 4 gram serat untuk membuat perut menjadi kenyang. Pada dasarnya, manfaat mengonsumsi buah blueberry akan membawa dampak baik bagi berat badan Anda.

  • Pir

Sebuah studi menunjukkan, wanita yang mengonsumsi tiga buah pir tiap hari cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori sehingga menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya. Saat mengonsumsi pir, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan kulit, serupa dengan cara mengonsumsi buah apel, agar kandungan serat pada kulit tidak terbuang sia-sia. Pada dasarnya, makan sebuah pir dapat mencukupi 15 persen kebutuhan serat harian yang disarankan.

  • Pisang

Serat tinggi yang terkandung pada pisang mampu membantu Anda menurunkan berat badan karena mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Mengonsumsi dua buah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 6 gram serat dan ini sudah mencukupi sekitar 23 persen kebutuhan serat harian yang dianjurkan. Secara umum, manfaat mengonsumsi pisang bisa menjadi buah pendamping dalam memenuhi kebutuhan serat tubuh.

Imbangi dengan Gaya Hidup Sehat

Meskipun mengonsumsi buah bisa menjadi cara untuk menurunkan berat badan, bukan berarti Anda akan langsung mendapat berat badan yang ideal. Pasalnya, berat badan yang dimiliki merupakan cerminan dari jumlah kalori yang dikonsumsi. Ditambah lagi, makanan yang masuk ke dalam tubuh tetap harus memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi sehari-hari.

Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi dengan menggantinya dengan mengonsumsi makanan nabati, sayur-sayuran, aneka biji-bijian, serta kacang kacangan. Jangan lupa, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga rutin agar program penurunan berat badan bisa berjalan dengan sukses.