Membasmi Kutil di Wajah Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Kutil di wajah kadang bisa terasa sakit. Kemungkinannya untuk menular juga  tinggi, terutama melalui sentuhan secara langsung. Dari sisi psikologi, kutil di wajah cenderung akan berdampak kepada faktor mental karena bisa membuat Anda malu dan merasa tersisih dari pergaulan.

Pertumbuhan kulit yang tidak normal ini disebabkan oleh virus HPV (human papilomavirus). Sementara, ada jenis kutil yang biasa tumbuh di wajah, yaitu kutil filiform dan kutil datar.

kutil di wajah - alodokter

Struktur kutil datar tidak terlalu menonjol sehingga tidak langsung terlihat secara kasat mata. Selain tumbuh di wajah, kutil datar biasa tumbuh di lengan dan paha. Warnanya bervariasi, antara kuning, kecokelatan, dan merah muda.

Kutil filiform adalah kutil yang tumbuhnya di daerah wajah, seperti di hidung, di sekitar mulut, kadang-kadang di bawah dagu atau leher. Bentuk kutil jenis ini seperti lipatan kulit, biasanya berukuran kecil dan berwarna serupa kulit.

Cara Mengatasi Kutil di Wajah

Pada dasarnya, kutil di wajah bukan sesuatu yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, namun memang tidak ada salahnya untuk dibersihkan dari wajah. Dari pilihan obat-obatan yang ada, asam salisilat bisa menjadi pilihan utama untuk mengobati kutil. Namun sayangnya, obat ini tidak disarankan untuk melawan kutil di wajah. Sebagai langkah alternatif yang aman, Anda masih bisa mencoba trik-trik alami sebagai solusinya. Hebatnya lagi, Anda bisa temukan bahan-bahannya di rumah dan bisa dilakukan sendiri.

Cobalah menggunakan cara berikut dan ikuti langkah-langkahnya agar kutil di wajah cepat hilang.

Betadine

Mungkin Anda sudah akrab dengan obat yang satu ini. Antiseptik ini bisa digunakan untuk membantu melawan virus pada kutil sehingga kutil dapat disembuhkan. Cara menggunakan, oleskan betadine pada kutil dan diamkan selama lima menit. Gunakan dua kali sehari sampai kutil sembuh. Namun, hindari penggunaan betadine jika Anda alergi terhadap senyawa betadine dan yodium. Waspadai juga jika kulit sedang mengalami iritasi.

Cuka sari apel

Asam yang terkandung pada cuka sari apel bersifat antivirus kutil. Kutil pun akan terkelupas. Yang lebih penting, cuka sari apel ini aman untuk digunakan di wajah, bahkan bersifat menghaluskan kulit wajah karena mengandung asam malat dan asam laktat. Sebelum digunakan, cairkan dahulu cuka sari apel dengan perbandingan air dan cuka 1:1. Setelah itu, celupkan bola kapas, lalu tempelkan pada kutil. Tutup dengan perban dan diamkan selama 24 jam.

Pisang

Pisang mengandung enzim proteolitik. Enzim ini bekerja memecah protein sehingga dapat dimanfaatkan untuk melemahkan dan menghilangkan kutil di wajah. Gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

Perasan lemon

Minuman segar yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan kutil di wajah. Perasan lemon mengandung asam sitrat yang mengandung vitamin C. Asam sitrat inilah yang membantu melunakkan kutil agar kutil cepat hilang dan diduga membunuh virus penyebab kutil. Caranya mudah, Anda cukup mengoleskan perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari sampai kutil benar-benar lenyap dari wajah Anda.

Bawang putih

Zat allicin pada bawang putih bersifat antivirus juga sehingga dapat melawan semua virus, termasuk HPV dan penyebab kutil di wajah. Karena itu, bawang putih dapat menyebabkan kutil melepuh dan kemudian hilang dalam waktu satu minggu. Dalam hal ini, gunakan bawang putih sebagai masker wajah. Hancurkan bawang putih dan tempelkan pada kutil. Gunakan perekat dan diamkan selama 24 jam.

Kutil di wajah tidak perlu dirisaukan selama Anda mengetahui cara membasminya. Meski demikian, tidak semua orang akan cocok dengan cara-cara penanganan alami karena kondisi kulit yang berbeda-beda. Konsultasikan kepada dokter apabila kutil tidak kunjung sembuh dalam waktu lama walau sudah diobati. Dikhawatirkan ada kelainan atau Anda harus menjalani perawatan khusus sehubungan dengan kutil tersebut.