Memilih Mainan Bayi 6 Bulan Hingga 1 Tahun

Memilih mainan bayi 6 bulan hingga 1 tahun bisa menjadi kesenangan tersendiri para orangtua. Pada usia ini, bermain adalah aktivitas menyenangkan yang dapat membangun mental, fisik, sosial, dan emosional bayi. Pastikan bayi bisa menikmati dengan memberinya mainan yang sesuai dengan tahap perkembangannya.

Pada usia 6 bulan hingga 1 tahun, kemampuan dan pengetahuan bayi meningkat cepat. Mainan yang terlalu spesifik, seperti boneka yang dapat bernyanyi atau berbicara saat dipencet, justru kurang mendukung kreativitas dan imajinasi mereka. Saat ini, bayi lebih memerlukan mainan yang dapat memancing kemampuan berpikir.

mainan bayi 6 bulan - alodokter

Orang tua disarankan untuk mengutamakan mainan bayi 6 bulan hingga 1 tahun yang dapat membantunya mengeksplorasi dan mendukung perkembangan panca inderanya, seperti berikut ini.

Papan aktivitas

Berikan papan aktivitas yang dilengkapi dengan berbagai mainan di atasnya. Mainan-mainan tersebut dapat berupa sesuatu yang dapat menarik minat bayi sehingga bayi tertarik untuk memutar, membuka, menutup, menjatuhkan, menggetarkan, dan meremasnya. Aktivitas ini dapat melatih koordinasi tangan dan fungsi sensorik bayi. Pastikan papan aktivitas ini tidak mengandung sesuatu yang membahayakan, seperti pita yang dapat menjerat atau bagian-bagian kecil yang dapat tertelan atau melukai kulit bayi.

Perlengkapan rumah tangga

Perlengkapan rumah tangga dapat menjadi mainan bayi 6 bulan hingga 1 tahun yang menarik. Berikan dia sendok kayu, cangkir-cangkir pengukur, atau mangkok plastik dengan warna dan desain yang menarik. Biarkan dia bermain bersamaan dengan Anda yang sedang menyiapkan makanan untuk bayi. Letakkan perlengkapan-perlengkapan ini di tempat yang mudah dijangkau dan pastikan tidak ada apa pun yang menyertainya berisiko terjatuh dan menimpa bayi.

Buku

Pada usia ini, mengajak bayi membaca bersama menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi bayi. Membacakan cerita dongeng akan memicu perkembangan keterampilan berbahasa Si Buah Hati pada nantinya. Pilihlah buku yang terbuat dari kain atau bahan yang kokoh. Hindari buku yang berbahan kertas karena, selain mudah sobek, berisiko memancing bayi memakan serpihan-serpihan kertasnya.

Kayu atau balok

Ajari bayi bermain balok dengan cara menyusunnya dan kemudian menjatuhkannya. Ajak dia juga untuk menempatkan balok-balok tersebut ke dalam wadah kemudian menumpahkannya kembali. Setelah itu, biarkan bayi memainkan balok-balok tersebut sesuai imajinasinya.

Bola

Bola masih menjadi mainan bayi 6 bulan hingga 1 tahun yang sangat menarik. Ada berbagai macam cara memainkannya bersama bayi Anda. Gelindingkan bola ke arah bayi dan minta dia menggelindingkannya ke mana saja. Jika usia bayi Anda sudah lebih besar, bermain lempar dan tangkap bola dapat menjadi aktivitas yang sangat menghibur.

Boneka

Boneka berbentuk manusia atau hewan dapat menjadi variasi yang menyenangkan. Pastikan boneka yang Anda berikan tidak terdapat tali, benang, atau bagian-bagian kecil yang berisiko tertelan dan membahayakan keamanan bayi. Berikan boneka dengan ukuran yang sesuai tubuh bayi agar mereka nyaman memainkannya. Sebaliknya, hindari memberikan boneka yang terlalu besar karena akan membuat bayi kesulitan dalam bermain.

Kardus bekas

Pada usia ini, bayi senang merangkak dan menjelajah. Latih imajinasi bayi dengan memberinya mainan berbentuk kardus. Buatlah kardus menjadi bentuk terowongan atau benteng. Biarkan bayi menjelajah melalui terowongan atau benteng tersebut. Selain gratis, mainan kardus dapat memberi manfaat edukatif bagi bayi untuk memuaskan naluri menjelajahnya.

Mainan berbentuk

Bayi sangat tertarik dengan bentuk mainan yang bervariatif, misalnya wadah berbentuk bintang atau segitiga, balok dengan lubang berbentuk bulat atau persegi. Bayi akan terpancing untuk mencocokkan dengan cara memasukkan balok-balok berbentuk yang dipegangnya ke lubang yang sesuai.

Anda tidak perlu khawatir akan menemui kesulitan dalam menemukan mainan yang tepat karena mainan bayi 6 bulan hingga 1 tahun ini sebenarnya mudah untuk didapatkan di toko mainan bayi mana pun. Makin sering mengunjungi toko mainan bayi, maka Anda akan lebih banyak menemui pilihan. Cobalah variasikan mainan-mainan yang bersifat edukatif agar dia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.