Mencari Tahu Seperti Apa Terapi Ozon di Sini

Terapi ozon adalah pilihan pengobatan alternatif yang menggunakan ozon dengan tujuan menambah kadar oksigen di dalam tubuh. Berbekal berbagai teknik yang disarankan, ozon dapat dimanfaatkan sebagai terapi untuk mengatasi penyakit berat tertentu, seperti multiple sclerosis, AIDS, dan kanker.

Awalnya ozon dikenal sebagai gas beracun apabila dihirup. Meskipun dianggap berbahaya, para peneliti percaya bahwa ozon memiliki efek terapeutik. Terapi ozon sudah digunakan selama lebih dari satu abad dan sudah dibuktikan bahwa penggunaannya aman, hasilnya konsisten, disertai efek samping yang minim.

terapi ozon - alodokter

Penggunaan ozon sebagai terapi di dunia medis ditekankan pada mekanisme tindakan melumpuhkan virus, bakteri, protozoa, dan jamur. Selain dari itu, terapi ini dianggap dapat menstimulasi metabolisme oksigen serta mengaktifkan sistem kekebalan tubuh.

Pengobatan menggunakan ozon dilakukan dengan memasukkan gas ozon ke dalam tubuh secara langsung, yaitu melalui:

  • Intramuscular (ke dalam otot)
  • Intravena (ke pembuluh darah)
  • Vagina
  • Rektum (usus besar)

Sebelum dimasukkan ke tubuh, ozon dicampur terlebih dahulu dengan berbagai gas dan cairan.

Terapi Ozon untuk Pengobatan Nyeri Punggung Bagian Bawah

Suntikan gas ozon diduga bermanfaat bagi penderita nyeri punggung bagian bawah akibat hernia saraf tulang belakang.Lebih jauh lagi, terapi ini dapat membantu beberapa pasien untuk menghindari operasi tulang belakang.

Seorang ahli radiologi intervensi berpendapat bahwa terapi ozon dapat menjadi  pengobatan standar bagi penderita nyeri punggung di masa depan. Namun, masih ada pertentangan dari dokter spesialis terkait karena tetap belum meyakini hal ini.

Terapi Ozon untuk PengobatanTumor

Jaringan tumor yang kekurangan oksigen (hipoksia) akan lebih susah untuk merespon radioterapi. Terapi ozon yang berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen dalam jaringan telah terbukti ampuh untuk menangani gangguan iskemik (gangguan yang disebabkan karena terhambatnya asupan oksigen). Sebuah penelitian dilakukan pada 18  penderita tumor parah atau dengan metastase yang diberi terapi ozon ke dalam darah. Salah satu hasil penelitian membuktikan bahwa terapi ozon sangat efektif bagi penderita tumor yang sangat parah.

Terapi Ozon untuk Pengobatan Gigi

Air yang telah diozonisasi atau dicampur dengan ozon, dikatakan dapat membantu upaya pengobatan gigi. Pengaplikasian terapi ozon di sini adalah dengan menyemprotkan atau mengompres area yang ingin dilakukan terapi. Sebuah artikel menyatakan bahwa terapi ozon memiliki manfaat yang besar pada terapi karang gigi. Berkat informasi ini, banyak pihak perusahaan yang menciptakan air ozon (air yang diozonisasi) dan dipercaya dapat mengobati urusan penyakit gigi dan mulut.

Terapi Ozon untuk Pengobatan Penyakit SARS

Ozon dengan molekulnya yang kaya energi dipercaya dapat berperan dalam pengobatan penyakit SARS (penyakit saluran pernapasan akut). Dalam kasus ini, ozon dapat dipraktikkan sebagai terapi tunggal, atau secara realistis diterapkan sebagai upaya tambahan selain pengobatan standar. Dan diyakini bahwa, tidak seperti anti virus yang ada saat ini, terapi ozon akan lebih efektif untuk semua jenis tipe dan sub tipe virus penyebab SARS.

Perlu diketahui bahwa meski terapi ozon dianggap sebagai pilihan pengobatan terhadap penyakit berat, namun belum ada bukti medis yang cukup yang mendukung penggunaan ozon sebagai terapi pengobatan secara medis.