Mencerahkan Kulit Wajah Demikian Mudahnya dengan Cara Alami

Daripada membeli produk-produk pencerah kulit dengan harga mahal, ada cara alami dan sehat yang dapat diterapkan untuk mencerahkan kulit wajah.

Berbagai produk yang dijual bebas di pasaran umumnya mencerahkan kulit wajah dengan mengurangi konsentrasi melanin pada kulit. Meski efektif membuat warna kulit lebih cerah, tetapi beberapa produk justru terbukti tidak aman dan membahayakan kesehatan kulit karena mengandung hidrokinon dan merkuri dalam kadar yang melebihi batas.

mencerahkan kulit wajah-alodokter

Daripada menempuh risiko, lebih baik dihindari. Sebagai gantinya, coba cek cara-cara alami yang lebih terbukti aman, murah, dan relatif tidak mendatangkan efek samping.

Mengenakan Tabir Surya

Paparan sinar matahari berlebihan berisiko memunculkan bercak-bercak pada wajah dan mempercepat timbulnya keriput yang menjadikannya terlihat kusam. Saat terpapar UVA dan UVB, kulit memproduksi melanin yang membuat kulit tampak lebih gelap. Mengenakan tabir surya dengan SPF tinggi, minimal 15, terutama saat beraktivitas di luar ruangan, dapat mengurangi risiko perubahan warna kulit ini. Tabir surya tersebut sebaiknya terus dikenakan meskipun hari sedang hujan atau tidak panas. Selain tabir surya, mengenakan pakaian berlengan panjang, topi, dan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan juga dapat membantu menjaga kulit tetap cerah.

Membersihkan dan Merawat Kulit Wajah Tiap Hari

Kulit wajah yang cerah dimulai dari kulit yang bersih dan rutin dirawat tiap hari. Oleh karenanya cara-cara sederhana berikut sebaiknya dilakukan secara konsisten.

Cuci wajah setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam hari untuk membersihkan minyak dan kotoran dari kulit wajah. Untuk lebih mencerahkan kulit wajah, sesekali scrub dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Gunakan moisturizer sesuai jenis kulit. Orang dengan kulit kering sebaiknya mengenakan krim lebih tebal, sedangkan yang berkulit berminyak sebaiknya mengaplikasikan krim yang lebih ringan.

Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Air Putih Cukup

Tidak hanya dari luar, mencerahkan kulit wajah ternyata juga bisa dilakukan dari dalam, yaitu dengan cara-cara di bawah ini.

  • Saat kulit beregenerasi, sel kulit lama akan meluruh dan digantikan sel kulit baru. Mengonsumsi cukup air mineral setidaknya 6-8 gelas sehari dapat memperlancar proses ini sehingga mencerahkan kulit wajah.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin, terutama vitamin A, C, dan E, serta variasikan dengan kelompok makanan yang kaya nutrisi dan serat. Nutrisi untuk kulit ini bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran segar.
  • Suplemen minyak ikan yang mengandung Omega-3 juga dapat dikonsumsi jika diperlukan.
Menciptakan Ramuan Sendiri dengan Bahan-bahan alami

Ada bahan-bahan dari alam yang biasa tersedia di pasar atau kantong belanjaan Anda yang sebenarnya dapat digunakan untuk mencerahkan kulit wajah. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Asam sitrat dalam jus lemon adalah bahan pembersih alami yang dapat mencerahkan kulit. Cara-caranya mudah saja untuk mengaplikasikan bahan ini.
    • Ambil setengah lemon, peras, kemudian campur dengan air setengah gelas.
    • Celupkan kapas ke campuran ini, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit. Selama itu pula, jangan pergi keluar ruangan karena kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari.
    • Setelah membasuh seluruh permukaan wajah, oleskan moisturizer pada kulit.
    • Demi mendapatkan hasil yang efektif, coba ulangi 2-3 kali dalam sepekan.
  • Kunyit dipercaya menghambat produksi melanin sehingga dapat mencerahkan kulit wajah. Campur bubuk kunyit dengan minyak zaitun, oleskan pada wajah dengan gerakan memutar. Bilas hingga bersih setelah didiamkan 15-20 menit pada wajah. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu.
  • Masker madu dapat berperan sebagai bahan antibakteri dan pelembap. Campurkan madu dan yogurt tanpa rasa secukupnya, lalu oleskan pada kulit wajah. Basuh dengan air hangat setelah didiamkan selama 15 menit.
  • Kandungan vitamin C dalam kentang dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Potong kentang mentah menjadi dua, lalu usapkan pada kulit wajah. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibersihkan.
  • Lidah buaya dapat meredakan kulit yang kemerahan. Patahkan lidah buaya dan usapkan gel-nya pada permukaan kulit. Anda boleh membiarkannya ataupun membersihkannya saat kulit sudah terasa lengket.
  • Pepaya yang kaya vitamin A, E, dan C dapat dioleskan pada kulit wajah dengan membuatnya menjadi bubur dengan cara dihancurkan, kemudian dipadukan dengan air. Simpan di dalam lemari es sebelum dioleskan pada wajah.
Akan tetapi berbagai cara di atas tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan gaya hidup yang sehat. Menghentikan kebiasaan merokok, berolahraga teratur, istirahat secukupnya, dan menghindari stres adalah cara-cara alami yang sehat untuk mendukung proses pencerahan kulit wajah secara alami.