Menentukan Status Kanker Otak Stadium 4

Kanker otak memiliki sifat yang berbeda dengan kanker pada bagian tubuh lain, yaitu kecenderungan untuk tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Dengan kata lain, sel-sel abnormal hanya akan menyebar di dalam otak atau tulang belakang saja. Karena itulah istilah pada kanker pada umumnya menggunakan kata stadium, tetapi pada kanker otak menggunakan kata tingkat. Ketika seseorang didiagnosis kanker otak tingkat 4, hal itu berarti jaringan ganas yang merusak sel dan saraf sehat pada otak. Jaringan ini berisi sel-sel abnormal yang tumbuh secara agresif atau cepat.

Dikarenakan sifat sel tumor otak dan tulang belakang yang jarang menyerang bagian tubuh lainnya, maka terdapat perbedaan cara menilai tingkat kanker otak. Khusus untuk tumor ini tidak ada aturan khusus dalam penilaian tingkat keganasan kanker otak. Akan tetapi, apa pun tingkatnya, kanker otak dinilai berbahaya karena dapat mengganggu fungsi penting dari otak itu sendiri.

kanker otak stadium 4 - alodokter

Tingkatan pada Kanker Otak

Tingkat pada kanker otak sama dengan kanker jenis lainnya, yaitu antara satu hingga empat. Tiap tingkatan pun terdapat perbedaan, yaitu:

Tingkat 1. Dinilai sebagai tumor jinak dan pertumbuhan sel lambat. Pemeriksaan melalui mikroskop biasanya menemukan bahwa sel tingkat 1 ini hampir sama dengan sel yang sehat. Tingkat ini jarang dialami orang dewasa.

Tingkat 2. Pertumbuhan kanker tingkat 2 relatif lambat. Kadang-kadang kanker menyebar ke sel-sel normal yang berada di sekitarnya. Pada kasus kanker otak tingkat 2 yang berhasil dibasmi, kadang-kadang bisa muncul kembali dalam bentuk tingkat yang lebih tinggi. Sel tampak sedikit tidak normal pada saat diperiksa melalui mikroskop.

Tingkat 3. Kanker sudah dinilai ganas sebagaimana sel-sel abnormal aktif membelah diri dan menyebar ke bagian-bagian lain di bagian otak yang sehat. Seperti pada kanker otak tingkat 2, tingkat 3 ini juga kerap muncul secara berulang dan menjadi tingkat yang lebih tinggi.

Tingkat 4. Kanker tumbuh cepat, ganas, dan aktif mereproduksi sel-sel abnormal. Apabila diperiksa melalui mikroskop, sel jelas terlihat abnormal. Kanker otak tingkat 4 memiliki kemampuan membentuk pembuluh darah baru untuk mempertahankan pertumbuhan yang cepat.

Sebelum menentukan tingkatan pada kanker otak, dokter akan melakukan pemeriksaan. Sebagai contoh, dokter akan melakukan biopsi, yaitu mengambil contoh sampel sel otak untuk memeriksa ganas atau jinaknya kanker tersebut beserta tingkatannya.

Faktor yang Memengaruhi Tingkat Kesembuhan

Tingkat kesembuhan pada pasien kanker otak akan sangat bergantung kepada beberapa faktor, yaitu:

  • Usia pasien
  • Jenis kanker dan tingkatan kanker
  • Lokasi dan ukuran kanker
  • Tingkat kerusakan otak yang disebabkan kanker otak. Misalnya: apakah sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.
  • Tingkat penyebaran kanker ke bagian lain pada otak
  • Sudah atau belumnya kanker menyebar ke luar sistem saraf pusat
  • Jika masih dapat dioperasi, seberapa besar kanker yang dapat diangkat.

Dari sifatnya yang dapat berubah-ubah, Anda sangat disarankan untuk memeriksakan diri secara saksama di rumah sakit. Sebab, apabila hasil pemeriksaan menunjukkan suatu tingkatan, bisa saja kanker tersebut ternyata belum/sudah berubah dan mungkin juga sudah menjadi kanker otak stadium 4.