Mengakali Kacamata Minus sehingga Tidak Mengganggu Penampilan

Kacamata minus digunakan untuk membantu penglihatan Anda tidak mampu melihat sesuatu berjarak jauh atau disebut miopia (rabun jauh). Lensa pada kacamata minus berfungsi mengatur cahaya yang masuk ke mata, mengarahkan cahaya tersebut untuk jatuh di tempat yang tepat, yaitu di retina.

Meskipun sudah menggunakan kacamata minus, Anda tetap harus memeriksakan kondisi mata secara berkala. Apabila penglihatan mulai terasa tidak nyaman, kemungkinan kondisi mata Anda mengalami perubahan. Dengan kata lain, lensa kacamata tersebut juga harus diperiksa dan mungkin diganti.

[caption id="attachment_357107" align="alignnone" width="650"]Beautiful asian businesswoman wearing glasses Beautiful asian businesswoman wearing glasses[/caption]

Meski sudah jelas alat bantu penglihatan ini bermanfaat, namun sayangnya masih ada anggapan bahwa memakai kacamata membuat penampilan menjadi tidak prima. Anda dianggap tampak seperti kutu buku, kuno, dan jauh dari kesan trendi.

Meski mungkin anggapan semacam ini benar, bukan berarti Anda tidak bisa tampil keren dengan kacamata. Ada tips dan trik yang bisa dipelajari untuk mengakalinya, yaitu:

Kenali bentuk wajah

Bentuk wajah sangat berpengaruh pada pemilihan bingkai kacamata minus atau kacamata lainnya seperti kacamata baca dan kacamata pelindung dari matahari (sunglasses) yang Anda kenakan. Karenanya, kenali wajah Anda dengan baik agar nantinya mudah dalam memilih bingkai kacamata.

Bentuk wajah terbagi empat, yaitu bulat (jarak antara dahi ke dagu sama dengan jarak dari pipi kiri ke pipi kanan), persegi (rahang lebih menonjol sehingga wajah terkesan tajam), bentuk hati (dahi lebar dan dagu berbentuk runcing), dan oval (wajah seimbang dan tampak panjang).

Pilih bingkai sesuai bentuk wajah

Setelah menyadari bentuk wajah sendiri, kini saatnya menyesuaikan pilihan bingkai kacamata minus yang cocok.

  • Wajah persegi, pilih bingkai kacamata yang mengurangi ketegasan rahang Anda, yaitu yang berbentuk melebar, serta lensa yang tipis.
  • Wajah bulat, pilih bingkai kacamata dengan lensa berbentuk lebar, jangan yang memanjang ke atas. Gunakan kacamata dengan bantalan hidung untuk mengalihkan perhatian dari pipi Anda yang bulat.]
  • Wajah berbentuk hati, pilih bingkai dengan bagian bawah lebih luas daripada bagian atas, untuk menambah kesan wajah yang seimbang.
  • Wajah oval, paling ideal di antara semua wajah. Anda tinggal memilih bingkai yang lebarnya sesuai dengan lebar wajah Anda.

Hindari lensa tebal

Hindari kacamata yang memiliki lensa tebal. Lensa seperti ini terasa berat dan terkesan terlalu besar. Lensa tebal inilah yang membuat wajah tampak kuno, terkesan kutu buku, dan dianggap tidak trendy. Sebaliknya, pilih lensa yang tipis agar terasa ringan dan terkesan lebih modern. Pilih lensa yang terbuat dari bahan polikarbonat yang ringan, lebih terjangkau dari segi harga, dan tidak mudah rusak.

Jangan lupa juga, sesuaikan bingkai kacamata minus dengan jenis kulit wajah Anda. Jika kulit wajah berminyak, hindari menggunakan bingkai yang mengilap agar penampilan Anda tidak terlihat makin mengilap.

Mulai saat ini, tidak perlu lagi mengorbankan kesehatan mata dengan menghindari memakai kacamata minus demi bisa tampil trendi. Justru kini memakai kacamata adalah tren yang baru, yaitu tren orang-orang berjiwa muda yang penuh percaya diri.