Mengatasi Gejala Mengganggu dengan Obat Eksim Kering

Walau obat eksim kering secara khusus tidak ada, namun untuk Anda yang mengalami  eksim masih bisa menggunakan obat-obatan tertentu untuk mengurangi rasa gatal atau keluhan lain yang disebabkan oleh kondisi ini.

Istilah eksim kering yang biasa digunakan dalam bahasa sehari-hari sebenarnya merujuk kepada salah satu jenis dermatitis, yang dalam bahasa medis disebut sebagai eczema atau dermatitis atopik. Gejala kondisi ini yaitu munculnya area kulit yang menjadi kering, berkerak, gatal, luka dan memerah. Deterjen, sabun, cuaca, stres, dan alergi terhadap makanan adalah beberapa pemicu gejala eksim.

medicine for dry eczema - alodokter

Pengobatan eksim pada prinsipnya yaitu mengatasi dan mencegah gatal, yang dapat memicu infeksi. Selain itu, penting untuk menjaga kulit tetap lembap pada penderita eksim.

Berikut beberapa jenis obat eksim kering yang dapat berperan meredakan gejala-gejala yang mengganggu :

  • Antihistamin
Obat ini menghambat efek dari zat bernama histamin di dalam darah. Histamin merupakan zat yang terlibat dalam respons imun tubuh dan menyebabkan gatal.
  • Salep atau Krim Kortikosteroid
Obat ini diberikan untuk mengurangi peradangan dengan tingkat kekuatan obat yang berbeda-beda, dimulai dari hydrocortisone untuk peradangan ringan, clobetasone butyrate untuk tingkat sedang, dan mometasone yang lebih kuat.
  • Pelembap (Emolien)
Pelembap sebaiknya digunakan setiap hari terutama jika Anda memiliki kulit yang kering. Oleskan lebih banyak ketika gejala eksim kering muncul dengan mengoleskannya searah tumbuhnya rambut. Oleskan sehabis mandi dan hindari berbagi emolien dengan orang lain.
  • Antibiotik
Obat ini diberikan untuk mengobati eksim yang telah terinfeksi oleh bakteri.

Selain berbagai jenis pengobatan yang umum ini, Anda juga bisa mengobati eksim di rumah dengan kompres dingin untuk mengurangi rasa gatal atau berendam di air hangat tanpa sabun, yang diikuti dengan penggunaan pelembap.

Hal-hal yang Perlu Dihindari

Walau obat eksim kering bisa membantu mengurangi gejala yang muncul, tindakan pencegahan tetap diperlukan agar kondisi ini tidak bertambah buruk dan mengurangi risiko kambuhnya eksim. Jika Anda penderita eksim maka sebaiknya hindari mengenakan pakaian terlalu ketat, kasar, dan bahan pakaian yang membuat gatal, misalnya wol.

Hal-hal lain yang juga perlu dihindari, adalah:

  • Hindari zat-zat yang bisa memicu timbulnya ruam.
  • Menggaruk ruam.
  • Berkeringat berlebihan.
  • Stres secara mental maupun fisik.
  • Cuaca panas atau suhu lembap, maupun perubahan cuaca atau suhu secara tiba-tiba.
Jika bayi Anda yang menderita eksim kering, pakaikan sarung tangan kain menjelang bayi tidur untuk menghindari bayi menggaruk area kulit yang terkena eksim. Pastikan juga kuku tetap dalam keadaan bersih dan pendek. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter mengenai obat eksim kering yang cocok untuk bayi Anda.