Mengecilkan Betis Secara Alami atau Operasi?

Banyak orang yang ingin memiliki kaki dengan betis yang terlihat jenjang. Terutama para wanita, rela melakukan apa saja demi mendapatkan penampilan yang memberikan siluet ramping ini.

Kaum hawa yang memiliki betis besar dan terlihat tidak proporsional, memiliki kecenderungan untuk berusaha mengecilkan betisnya. Beberapa cara dicoba untuk mendapatkan betis yang diinginkan, mulai dari yang alami hingga instan.

mengecilkan betis secara alami atau operasi - alodokter

Betis sebenarnya terdiri dari otot gastrocnemius dan otot soleus. Bentuk betis yang besar bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya saja faktor genetik, penumpukan lemak, atau akibat olahraga yang cukup berat sehingga meningkatkan massa otot kaki. Jika Anda merasa terganggu dengan ukuran betis dan berniat mengecilkannya, Anda bisa memilih satu dari dua cara mengecilkan betis, yaitu secara alami dan dengan menggunakan metode operasi.

Cara mengecilkan betis secara alami

Guna mendapatkan betis yang Anda inginkan, ada baiknya Anda melakukan beberapa gerakan olahraga ringan dan ditunjang dengan pola makan yang sehat, serta tidak berlebih. Berikut ini adalah beberapa cara mengecilkan betis yang dapat Anda lakukan.

Lari
Dengan melakukan olahraga lari, Anda bisa membuang lemak yang ada pada bagian betis dan kaki. Lari yang dimaksud bukan lari cepat melainkan lari pelan dengan jarak yang cukup jauh. Kenapa? Karena jika Anda memilih untuk lari cepat, maka bukannya menurunkan ukuran betis, justru akan mendapatkan betis yang besar. Berlari pelan setidaknya 30-60 menit dapat membantu menurunkan berat badan, menghilangkan lemak yang mungkin ada di sekitar betis, serta mengurangi massa otot.

Berenang
Selain lari, Anda bisa melakukan olahraga renang untuk mengecilkan betis. Bahkan tidak hanya mengecilkan betis, melakukan olahraga renang yang rutin juga bisa membantu dalam meningkatkan sistem kardiorespirasi dan membakar lemak.

Gerakan memanjang
Gerakan ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan berdiri di dekat dinding yang nantinya akan menjadi media yang membantu melakukan gerakan ini.
Upayakan untuk berdiri setidaknya 30 cm dari dinding tersebut. Kemudian letakkan kaki sebelah kiri Anda ke belakang atau berjarak sekitar 90 cm dari dinding. Kemudian letakkan kedua telapak tangan Anda di dinding sejajar dengan bahu dan tekuk kaki kanan dengan posisi kaki kiri tetap lurus. Lalu, perlahan dorong pinggul Anda ke depan dengan posisi kaki kiri tetap di tempatnya. Tahan posisi ini selama sekitar 30 detik, setelah itu tukar posisi kaki Anda.

Perenggangan
Ternyata melakukan perenggangan bisa membuat betis terlihat lebih ramping. Anda bisa melakukan perenggangan seperti di atas, bisa juga melakukan gerakan pilates atau yoga.

 

Efek olahraga dalam mengecilkan ukuran betis bisa terbatas karena ukuran otot juga terpengaruh faktor yang sulit dikontrol seperti genetika seseorang. Walau demikian, tidak ada salahnya mencoba jenis-jenis olahraga yang disebutkan di atas agar kadar lemak pada betis menurun dan fleksibilitas otot meningkat.

Operasi mengecilkan betis

Jika ingin mengecilkan betis dengan cara yang lebih instan, Anda bisa saja melakukan operasi pengecilan betis. Tapi ada baiknya untuk mengumpulkan banyak informasi mengenai operasi pengecilan betis dan melakukan konsultasi sedetailnya dengan dokter Anda.

Ketika Anda mendengar kata operasi pengecilan betis, mungkin yang terpikir adalah metode operasi ini akan memotong otot betis Anda agar terlihat lebih ramping. Nyatanya tidak demikian. Operasi mengecilkan betis dilakukan pada bagian syaraf betis. Dengan melakukan pemotongan pada syaraf betis, otot menjadi layu secara bertahap.

Proses operasi ini dilakukan dengan memberikan sayatan kecil pada bagian belakang lipatan lutut dengan menggunakan jarum kecil, kemudian memotong syaraf yang mengontrol otot gastrocnemius.

Adapun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari operasi pengecilan betis ini, antara lain:

  • Luka operasi yang ditimbulkan berskala kecil
  • Proses penyembuhan cukup cepat

Namun perlu Anda ingat bahwa tiap tindakan operasi pasti memiliki risiko dan mungkin menyisakan efek samping. Ingatlah untuk mengonsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda dan tanyakan hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum serta sesudah langkah operasi dilakukan.

Mengecilkan betis memang dapat membuat kaki Anda terlihat lebih bagus dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun jika Anda ingin mengecilkan betis tanpa ingin menghadapi efek samping, ada baiknya Anda menggunakan cara alami, meskipun mungkin terbatas efeknya dan akan diperlukan kesabaran dan disiplin.