Mengenal Chia Seed, Biji-bijian yang Kabarnya Punya Banyak Manfaat

Chia seed belakangan ini cukup banyak menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta makanan organik. Kecil, namun konon katanya memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh, apalagi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Chia seed merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun belakangan ini, chia seed mulai masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik yang cukup favorit. Rasa dari chia seed sendiri cenderung hambar. Dan untuk menyantapnya, Anda perlu merendamnya di dalam cairan atau air selama beberapa menit, dan bisa juga dengan mencampurkannya dengan makanan lain.

mengenal chia seed biji-bijian yang kabarnya punya banyak manfaat - alodokter

Chia seed dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya adalah membantu dalam menurunkan berat badan. Bentuknya yang kecil ini akan mengembang setelah beberapa saat direndam di dalam air. Dan akan lebih mengembang lagi setelah chia seed berada di dalam perut, itulah mengapa chia seed dapat membuat orang yang mengonsumsinya dapat merasakan kenyang lebih lama, dan ada yang percaya dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Chia seed sendiri sebenarnya mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dan dibutuhkan tubuh untuk menurunkan trigliserida. Selain mengandung asam lemak omega-3, chia seed juga mengandung cukup banyak serat, yaitu setidaknya 10 gram serat terdapat di dalam 28 gram chia seed. Tidak hanya itu, 28 gram chia seed juga mengandung cukup ragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Antara lain 18% jumlah kalsium harian yang dibutuhkan, 30% manggan, 27% fosfor, 5 gram protein, 12 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 138 kalori. Bahkan chia seed juga mengandung tembaga, kalium, dan zinc.

Apa Saja Manfaat Chia seed?

Bagi Anda yang mencintai makanan organik atau menjalankan diet raw food, mungkin sudah pernah mendengar beberapa manfaat chia seed. Namun, sebenarnya masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian terhadap manfaat chia seed sendiri.

Bagi Anda yang penasaran dengan ragam manfaat chia seed, berikut ini adalah beragam manfaat yang diperkirakan terkandung di dalam chia seed.

  • Menurunkan berat badan Jumlah serat yang cukup tinggi di dalam chia seed dan kandungan kalorinya yang cukup rendah membuatnya dipercaya dapat menurunkan berat badan. Karena makanan yang mengandung serat tinggi umumnya dapat membantu dalam membuat perut merasa kenyang lebih lama.
  • Baik bagi penderita divertikulosis Bagi Anda yang mengidap divertikulosis (kantung yang terbentuk di dinding usus dan menonjol ke luar ke rongga perut), mengonsumsi makanan yang berserat tinggi dapat memperlancar pergerakan usus dan memungkinkan lebih banyak air terserap dalam usus besar. Selain itu, makanan berserat juga dapat mengurangi peradangan dan tekanan di usus besar.
  • Berperan sebagai detoks dan pencernaan Mengeluarkan racun sisa metabolisme tubuh melalui feses dan empedu merupakan hal yang penting. Itulah mengapa buang air besar secara teratur tidak kalah pentingnya dengan buang air kecil. Guna menjaga keteraturan buang air besar, tubuh memerlukan makanan yang mengandung serat. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, chia seed pun menjadi salah satu makanan yang dipercaya dapat membantu kesehatan dan kelancaran pencernaan.
  • Diabetes Mengonsumsi 1000 kalori setiap harinya yang juga mengandung 14 gram serat memiliki kaitan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung koroner. Selain itu, makanan yang mengandung tinggi serat juga dapat menjaga gula darah tetap stabil.
Selain itu, chia seed juga diperkirakan bagus untuk menurunkan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk aritmia dan trombosis. Bahkan, dengan kandungan omega-3 di dalamnya yang juga tidak kalah tinggi, chia seed dipercaya dapat menurunkan risiko munculnya stroke, serangan jantung, dan kematian mendadak akibat penyakit jantung.

Perhatikan Cara Pengolahannya

Guna mendapatkan manfaat chia seed di atas dengan maksimal, Anda perlu mengolahnya dengan baik. Dari satu kasus pada seorang penderita gangguan menelan makanan, chia seed dapat menyebabkan sumbatan pada saluran makanan (esofagus) karena sifatnya yang mudah menyerap air di sekitarnya. Chia seed dapat mengembang hingga 27 kali dibanding berat awalnya. Maka disarankan chia seed ditelan bersama makanan atau cairan lain.

Jika Anda tertarik untuk menikmati chia seed sebagai menu harian, Anda bisa mengolahnya dengan beragam cara. Mulai dari menjadikannya salah satu bahan membuat campuran puding, muffin, atau pun selai.

Kandungan beragam nutrisi yang ada di dalam chia seed memang bisa membuat seseorang jatuh hati. Meski masih memerlukan lebih banyak lagi penelitian mengenai manfaat chia seed bagi kesehatan, tidak ada salahnya memasukan chia seed ke dalam menu harian Anda. Namun ingat untuk mengolahnya dengan benar, agar khasiatnya bisa didapatkan secara maksimal.