Mengenal Laporan Patologi Kanker

Banyak pasien harap-harap cemas  menantikan keluarnya laporan patologi, apalagi jika pemeriksaan dilakukan karena dugaan kanker. Laporan ini penting karena menjadi dasar diagnosa dan penanganan penyakit.

Patologi adalah cabang ilmu kesehatan yang mengamati bagaimana penyakit memengaruhi sel dan jaringan tubuh. Laporan patologi adalah dokumen yang memuat diagnosis dari jaringan dan sel-sel Anda yang telah diperiksa di bawah mikroskop. Pada laporan patologi kanker, Anda bisa mendapat informasi tentang tampilan, bentuk, dan ukuran sel yang diduga sel kanker.

patologi-alodokter

Laporan yang ditulis oleh dokter spesialis patologi anatomi yang melakukan pemeriksaan ini tidak hanya dibuat setelah biopsi, tetapi juga setelah operasi untuk  mengangkat sebagian atau seluruh bagian tumor.  Laporan patologi berperan penting dalam menentukan diagnosis dan tahapan (staging) kanker. Tahap persebaran kanker inilah yang kemudian menentukan perawatan yang tepat. Laporan patologi ini juga kemudian menjadi dasar dokter spesialis untuk menentukan penanganan selanjutnya.

Sampel jaringan untuk diperiksa di mikroskop didapatkan dokter dengan biopsi atau operasi untuk mengangkat contoh jaringan. Selain biopsi dan operasi, dokter juga dapat mengambil sampel jaringan dengan menggunakan jarum suntik. Sampel jaringan inilah yang  kemudian dikirim ke laboratorium patologi.

Dokter ahli patologi juga dapat memeriksa materi sitologis (komponen sel) yang terdapat pada urine, lendir paru atau dahak (sputum),  cairan di sekitar  saraf tulang belakang dan otak (cairan cerebrospinal), cairan pada rongga perut (peritoneal), cairan rongga dada, cairan vagina, atau pun pada cairan yang dikeluarkan saat biopsi.

Setelah pemeriksaan, dokter ahli patologi umumnya akan mengirim laporannya kurang lebih dalam 10 hari pasca-biopsi atau operasi. Dokter ini juga berperan menginterpretasikan hasil pemeriksaan laboratorium untuk mendiagnosis penyakit.

Berikut informasi yang umumnya tersedia dalam laporan patologi:

  • Data pasien seperti nama, tanggal lahir, tanggal pemeriksaan dilakukan.
  • Deskripsi umum, yaitu tampilan jaringan dengan mata telanjang seperti berat, bentuk, dan warna.
  • Desripsi mikroskopik, yaitu tampilan sampel di bawah mikroskop dibanding sel normal.
  • Diagnosis, yaitu jenis dan tingkat tumor/kanker.
  • Ukuran tumor dalam sentimeter.
  • Grade Ini adalah deskripsi sel kanker mengenai ukuran, bentuk, dan tampilan jika dibandingkan dengan sel normal. Sel kanker dikatakan berdiferensiasi baik atau tingkat rendah jika masih serupa dengan sel normal. Jika sel tumor tampak berbeda dengan sel normal, maka sel tumor tersebut dikatakan bediferensiasi buruk.
  • Margin tumor. Jika hasilnya adalah margin positif, berarti sel kanker ditemukan di ujung materi yang diperiksa. Margin negatif atau bebas adalah ketika tidak ditemukan sel kanker. Sedangkan margin tertutup adalah jika margin tidak negatif atau pun positif.
  • Tahapan atau stadium (staging) tumor. Umumnya, dokter ahli patologi menentukan stadium kanker berdasarkan klasifikasi TNM, terdiri dari T (ukuran dan lokasi tumor), N (penentuan apakah sel tumor telah menyebar hingga kelenjar getah bening di sekitarnya), dan M (metastasis atau apakah tumor telah menyebar ke organ lain tubuh).
Laporan patologi juga dapat membuat informasi lain seperti ada tidaknya sampel yang dikirim untuk opini kedua atau pemeriksaan lain. Pemeriksaan biasanya dibutuhkan untuk mendapat informasi lebih mendalam tentang tumor. Pada bagian akhir, terdapat nama dan tangan tangan dokter ahli patologi, serta alamat laboratorium yang memeriksa.

Anda mungkin tidak akan langsung mengerti isi laporan patologi karena informasi ini secara teknis ditulis dalam bahasa medis.  Dokter yang menangani penyakit Anda akan menjelaskannya untuk Anda. Namun, Anda mungkin juga perlu menyimpan salinan laporan ini untuk diri sendiri karena ada kalanya hasil pemeriksaan tidak begitu jelas sehingga sulit didiagnosis. Pada bagian komentar, dokter ahli patologi memberikan rekomendasi tes lain untuk memperjelas hasil jika diperlukan.