Mengenal Usus Turun dan Pencegahannya

Usus turun atau hernia disebabkan oleh kombinasi dari tekanan dan melemahnya otot. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kondisi ini.

Usus turun bisa terjadi apabila usus menekan bagian otot atau jaringan ikat yang  lemah di sekitarnya. Hernia bisa termasuk penyakit bawaan dari lahir atau berkembang di kemudian hari, khususnya pada anak-anak dengan dinding perut lemah. Risiko usus turun meningkat seiring bertambahnya usia seseorang dan lebih sering menjangkiti kaum pria daripada wanita.

mengenal usus turun dan pencegahannya - alodokter

Pencegahan Usus Turun

Usus turun kebanyakan tidak bisa dicegah, terutama pada bayi dan anak-anak. Namun, tekanan pada dinding perut pada orang dewasa bisa dikurangi guna mencegah usus turun atau hernia menjadi lebih parah. Bagaimana caranya? Anda disarankan mengikuti praktik gaya hidup sehat seperti ini:

  • Melakukan olahraga untuk memperkuat otot-otot perut.
  • Menurunkan berat badan jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau mengalami Kelebihan berat badan menyebabkan tekanan perut yang lebih besar dan meningkatkan risiko usus turun. Berat badan yang sehat dapat dicapai dengan menjalankan pola makan sehat dan olahraga. Disarankan untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu guna menentukan diet dan olahraga apa yang cocok untuk Anda.
  • Tidak menurunkan berat badan dengan drastis atau cepat. Program diet cepat diduga mengurangi asupan protein dan vitamin yang diperlukan untuk kekuatan otot. Akibatnya, otot-otot perut menjadi lemah.
  • Mengonsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran untuk mencegah sembelit dan mengejan ketika buang air besar. Mengejan membuat tekanan di dalam perut meningkat.
  • Minum banyak air putih.
  • Pelajari cara mengangkat benda berat yang baik dan benar (atau tidak mengangkat benda berat sama sekali). Jika Anda harus mengangkat sesuatu yang berat, tekuklah lutut Anda, jangan pinggang Anda.
  • Berhenti merokok. Merokok bisa menyebabkan batuk yang dapat meningkatkan risiko terkena usus turun atau membuat hernia makin mem
  • Mengontrol alergi untuk menghindari bersin berlebihan.
  • Apabila Anda sudah mengidap hernia, jangan mengandalkan celana untuk menyangga hernia. Mengenakan celana yang dirancang khusus untuk menyangga hernia tidak memperbaiki masalah atau membantu mencegah komplikasi. Dokter mungkin menyarankan untuk sementara mengenakan celana ini sebelum operasi guna membantu Anda merasa lebih nyaman. Namun, celana bukanlah pengganti operasi.

Jika Anda menderita usus turun atau mengalami gejalanya, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter. Hernia yang terasa sakit atau tidak, tetap berpotensi menjadi penyakit yang serius.

Jika Anda sudah mengidap usus turun dan tiba-tiba usus turun tersebut terasa nyeri, lunak, dan tidak dapat direduksi (tidak dapat didorong kembali ke dalam), disarankan untuk segera pergi ke unit gawat darurat. Terpotongnya suplai darah usus yang berada di dalam kantung hernia dapat menyebabkan gangren (jaringan mati) usus dalam waktu enam jam.