Mengenali Indra Penciuman dan Cara Menjaganya

Indra penciuman sebagai salah satu dari sistem indra pada manusiamerupakan bagian yang penting. Indra ini dapat membantu kita mendeteksi bau di sekitar kita. Ketahui cara menjaga indra penciuman disini.

Indera penciuman merupakan organ sensor kimiawi pada tubuh manusia. Indera ini berfungsi untuk mendeteksi makanan, dan juga dapat memengaruhi aktivitas seksual dan sosial manusia. Rongga hidung merupakan lokasi sensor indra penciuman dengan jumlah hingga 100 juta sel penerima rangsang bau. Rangsang bau dari sel tersebut kemudian akan disalurkan oleh sistem saraf hingga ke otak.

indra penciuman-alodokter

Berbagai gangguan dapat menyebabkan menurunnya fungsi dari indra penciuman, diantaranya adalah cedera kepala, infeksi saluran pernapasan atas, tumor, hingga akibat adanya kontak dengan bahan kimia berbahaya. Bagi Anda yang saat ini memiliki indra penciuman yang masih bekerja dengan baik, tidak ada salahnya untuk melakukan berbagai cara menjaga indra penciuman agar tetap dapat bekerja dengan baik.

Menjaga Indra Penciuman

Mengingat peran indra penciuman, sangat penting untuk mengetahui cara-cara menjaga kesehatannya, terutama bagi Anda yang berpotensi mengalami alergi, sinusitis, dan rhinitis.

  • Jika Anda menderita alergi, selalu siapkan obat-obatan untuk mengatasi gejala alergi yang bisa muncul pada hidung dan saluran pernapasan, seperti antihistamin dan dekongestan. Namun hati-hati, hindarilah penggunaan semprotan hidung lebih dari tiga hari karena berisiko menyebabkan hidung semakin tersumbat.
  • Penderita alergi dapat memilih bahan antialergi untuk kasur dan bantal mereka.
  • Kenakan masker dan sarung tangan saat bekerja menggunakan pembersih berbahan kimia di rumah atau di luar rumah, di mana banyak polutan atau pemicu alergi seperti debu.Jika memungkinkan, gunakan mesin penyedot debu(vacuum cleaner) setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan debu dan mengurangi risiko munculnya gejala alergi pada indra penciuman. Debu dan berbagai pemicu alergi lainnya dapat masuk ke dalam rumah melalui sepatu dari luar rumah, oleh karena itu disarankan untuk meninggalkan alas kaki di luar rumah dan menggunakan keset berbahan karet.
  • Penderita gangguan sinus disarankan memeriksakan diri ke dokter sebelum bepergian dengan pesawat dan menyelam. Perubahan tekanan udara secara tiba-tiba dapat menyebabkan udara terjebak di dalam sinus sehingga mendatangkan penyumbatan dan rasa nyeri. Pada saat menyelam atau berenang, air yang terkontaminasi dapat masuk ke dalam sinus dan menyebabkan gangguan pada sinus dan hidung.
  • Jamur dapat menyebabkan gangguan pada indra penciuman. Jamur dapat tumbuh di tempat lembap, seperti kamar mandi dan dapur. Oleh karenanya tempat-tempat tersebut perlu dibersihkan secara teratur dengan air, sabun, dan digosok atau dapat juga menggunakan disinfektan yang mengandung klorin, cuka, ataupun hidrogen peroksida.
  • Rawat dan mandikan hewan piaraan¬†secara teratur setidaknya seminggu sekali dengan air hangat dan sampo berkandungan lembut.
  • Mainan dapat menjadi sarang debu. Bersihkan mainan di rumah secara teratur dengan menyekanya menggunakan kain basah. Cuci mainan-mainan yang dapat dicuci dengan air hangat setidaknya seminggu sekali. Simpan mainan di atasrak atau pada jaring gantung.
  • Hindari kontak dengan orang yang sedang mengalami infeksi saluran pernapasan atas. Cuci tangan secara teratur dengan sabun untuk mencegah penularan. Tutup mulut saat batuk atau bersin.
  • Hindari merokok, pajanan asap rokok, ataupun asap lain yang dapat mengganggu saluran pernapasan dan indra penciuman.

Pada intinya, menjaga kebersihan rumah menjadi salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan indra penciuman. Kesehatan indra penciuman yang terjagamemungkinkanaktivitas keseharian dan juga kehidupan sosial Anda berjalan dengan baik.