Mengenali Tanda-Tanda Pria Tidak Setia

Perselingkuhan sering kali menyebabkan keretakan hubungan pasangan suami-istri. Sebelum perselingkuhan terjadi, yuk kenali tanda-tanda pria tidak setia.

Pria lebih memiliki kecenderungan selingkuh dibanding wanita, menurut seorang profesor asal Amerika Serikat. Hanya saja jenis perselingkuhan antara pria dan wanita berbeda. Pria cenderung menganggap wanita dan pengalaman perselingkuhan tidak serius dan lebih mudah digantikan.

Mengenali Tanda-Tanda Pria Tidak Setia - alodokter

Sayangnya, pernikahan bahagia tidak menjamin pria setia. Seorang ahli mengungkap, 56 persen pria yang selingkuh mengaku bahagia dalam pernikahannya. Untuk itu, wanita sebaiknya memahami tindakan pasangannya yang kemungkinan menuju perselingkuhan.

Berikut beberapa tanda-tanda pria kemungkinan tidak setia atau sedang berselingkuh :

  • Perubahan yang drastis.

Waspadai jika pasangan Anda melakukan perubahan yang mengejutkan. Misalnya,  selama ini dia lebih suka menggunakan kaos di rumah sambil menonton televisi pada waktu luang, namun tiba-tiba rajin membentuk tubuh ke gym dan berpakaian trendi.

Atau, jika umumnya pasangan yang sebelumnya kurang perhatian, menjadi sangat kritis terhadap Anda. Juga sebaliknya, tiba-tiba pasangan Anda memberi perhatian atau hadiah berlebihan. Maka sebaiknya Anda waspada.

  • Menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah.

Secara perlahan pria yang berselingkuh akan lebih sedikit meluangkan waktu di rumah, sekaligus menghindari telepon dari pasangan. Jika bertemu pasangan, justru lebih sering memicu pertengkaran dan tidak lagi berhubungan seks suami istri.

Hal ini sebenarnya dapat diketahui lebih awal oleh istri, sebab lebih dari 70 persen pria mengenal wanita selingkuhannya selama beberapa bulan, sebelum benar-benar berselingkuh.

  • Sering menyebut nama seseorang.

Perselingkuhan tak jarang terjadi di lingkungan kantor. Istri dapat mengenali sebagai tanda peringatan, yaitu ketika suami menyebutkan nama seorang teman wanita di kantor lebih dari seharusnya.

Sebagai istri, Anda dapat bertanya mengenai apakah jika lembur atau perjalanan kantor bersama wanita tersebut, membuat Anda nyaman. Tanyakan bagaimana perasaannya, jika Anda berada dalam posisinya.

  • Lebih sering dan tertutup saat menggunakan ponsel, komputer, atau sosial media.

Selingkuh online kini semakin banyak terjadi. Waspadai jika pasangan menyembunyikan email atau akun media sosialnya, atau ketika tiba-tiba ponsel atau laptopnya menggunakan password.

Selain itu, Anda sebaiknya juga memperhatikan lebih cermat jika pasangan tampak lebih sering menghabiskan waktu dengan ponsel atau laptop. Atau pasangan berusaha segera membalas dan menghentikan kegiatan jika Anda berada di dekatnya.

  • Memiliki teman yang pernah selingkuh.

Sekitar 77 persen pria yang berselingkuh memiliki teman yang juga pernah selingkuh. Meski sulit untuk mencegah pasangan Anda berteman dengan orang-orang tertentu, mungkin Anda bisa mengusulkan tempat-tempat berkumpul yang netral, seperti acara olahraga atau restoran untuk makan siang.

Selain itu, Anda juga dapat berkumpul dengan pasangan suami-istri yang memiliki kehidupan pernikahan harmonis.

Jika Anda memiliki kecurigaan tertentu terhadap pasangan, hindari sikap memata-matai. Lakukan pembicaraan mengenai kecurigaan dan ketakutan yang Anda rasakan. Jika perlu, minta bantuan konselor pernikahan untuk memberikan nasihat tentang pernikahan.

Meski kecenderungan pria tidak setia lebih tinggi dari wanita, namun jangan khawatir berlebihan. Penting untuk pasangan saling percaya antara satu sama lain agar hubungan tetap harmonis.