Mengencangkan Kulit Wajah dengan Masker Putih Telur

Tidak hanya untuk dikonsumsi, bagian putih telur juga sering kali dimanfaatkan dalam bidang kecantikan untuk dijadikan masker putih telur.

Tidak suka putih telur? Coba deh dipikir-pikir lagi. Putih telur tidak hanya memberikan khasiat dan nutrisi bagi perkembangan embrio si empunya, tapi juga bagi kita pemakannya.

Mengencangkan Kulit Wajah dengan Masker Putih Telur - alodokter

Manfaat putih telur

Sulit tidur

Putih telur diduga bisa mengatasi masalah sulit tidur. Ini semua berkat kandungan serin pada putih telur, yaitu asam amino yang mengatur kadar gula darah dan bekerja bagai obat penenang ringan.

Tekanan darah

Menurut beberapa penelitian,putih telur diduga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kemampuannya bahkan setara dengan obat penurun tekanan darah tinggi dosis rendah. Apa yang membuat putih telur bisa sesakti itu? Tak lain dan tak bukan karena zat peptida, salah satu protein dalam putih telur, dapat menghambat produksi enzim yang meningkatkan tekanan darah. Bahkan, jika putih telur digabung dengan obat, kemampuan untuk memerangi tekanan darah tinggi diduga bisa berlipat-lipat.

Kolesterol

Satu butir telur ukuran besar mengandung total 186 mg kolesterol. Tapi, seluruh kolesterol tersebut ada pada kuning telur. Sedangkan putih telur justru terbukti tidak mengandung kolesterol sama sekali. Bagian telur yang satu ini bahkan menjadi sumber protein rendah lemak yang sangat baik. Namun sayangnya, protein pada putih telur juga bisa menyebabkan alergi. Bayi bisa menderita reaksi alergi terhadap protein telur dalam ASI jika sang ibu mengonsumsi telur.

Masker putih telur

Banyak orang yang meyakini jika masker putih telur mampu mengurangi jerawat dan komedo serta membantu melembapkan, menyehatkan, dan mengencangkan kulit wajah. Penasaran ingin membuktikan khasiatnya? Ini resep masker putih telur mudah dan cepat yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Bahan

1 butir telur

2 sendok teh air perasan jeruk lemon

½ sendok makan madu

Cara membuat

  • Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Kemudian taruh putih telur dalam mangkuk kecil.
  • Campurkan perasan jeruk lemon ke dalam putih telur.
  • Dengan menggunakan garpu, kocok putih telur dan air perasan lemon hingga tercampur rata dan berbusa.
  • Kemudian tambahkan madu dan kocok lagi hingga rata.
  • Cuci wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan masker putih telur bisa terserap dengan baik.
  • Lalu oleskan masker putih telur pada wajah. Hindari daerah sensitif di sekitar hidung, mulut, dan mata.
  • Diamkan masker putih telur selama 10 sampai 15 menit.
  • Terakhir, cuci bersih masker putih telur dengan air hangat dan keringkan wajah dengan menepuk-tepukkan handuk bersih.
Namun sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang membenarkan atau menyanggah pernyataan tentang manfaat masker putih telur untuk kulit. Jika kulit wajah Anda menjadi merah dan terasa sakit setelah mengoleskan masker putih telur, disarankan untuk segera menemui dokter kulit.