Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui Secara Alami

Begitu selesai masa menyusui, para ibu dihadapkan pada satu masalah yaitu mengencangkan payudara setelah menyusui. Hal ini wajar karena setelah melahirkan dan menyusui, bentuk payudara dan ukurannya bisa berubah.

Payudara tersusun dari jaringan lemak. Semakin banyak jaringan lemak yang ada, ukuran payudara semakin besar dan padat. Kepadatan payudara meningkat pada saat kelenjar memproduksi susu setelah melahirkan. Setelah masa menyusui, jaringan-jaringan yang ada pada payudara dapat berubah.

mengencangkan payudara setelah menyusui- alodokter

Kebanyakan wanita merasa cemas payudaranya tidak kencang lagi setelah menyusui. Padahal sebenarnya peregangan ligamen yang menyokong payudara terjadi pada saat kehamilan. Jadi payudara bisa saja kendur setelah melahirkan, baik menyusui ataupun tidak. Mungkin saja, pada kehamilan pertama tidak terlihat perbedaannya, namun payudara dapat tampak semakin kendur pada kehamilan kedua dan seterusnya.

Selain itu, masih banyak faktor lain yang bisa memengaruhi kekencangan payudara, yaitu faktor usia, kebiasaan merokok, ukuran payudara sebelum masa kehamilan, serta Indeks Massa Tubuh (BMI). Penyebab lainnya adalah kelebihan berat badan, turunnya berat badan dengan cepat, usia, serta ukuran payudara yang besar.

Menyiasati Payudara yang Berubah Bentuk

Penelitian membuktikan, menyusui tidak membuat volume atau bentuk payudara berubah. Kalaupun payudara berubah, kemungkinan karena faktor lain yang disebutkan sebelumnya di atas. Sehingga tidak ada cara khusus untuk mengencangkan payudara setelah menyusui.

Meski demikian, Anda disarankan untuk melakukan hal berikut sebagai upaya menjaga kondisi payudara agar tak semakin kendur setelah menyusui:

  • Mempertahankan berat badan ideal
  • Menggunakan bra dengan ukuran yang tepat
  • Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara rutin
  • Menghentikan kebiasaan merokok. Jika perlu, mintalah bantuan dokter.
  • Mengonsumsi makanan sehat
Kabar baiknya, sekitar enam bulan setelah masa menyusui selesai, secara alami jaringan lemak berangsur-angsur akan mulai menggantikan jaringan kelenjar penghasil susu pada payudara. Dengan adanya kembali jaringan lemak tersebut, payudara akan tampak lebih berisi.

Olahraga Bisa Mengencangkan Payudara?

Banyak wanita yang berpikir bahwa olahraga dapat mengencangkan payudara setelah menyusui. Pada dasarnya, olahraga tidak berpengaruh pada volume payudara. Ukuran payudara juga tidak akan bertambah hanya karena rutin berolahraga.

Alasannya adalah karena payudara berisi lemak, bukan otot. Sementara, olahraga berarti melatih otot. Meskipun demikian, gerakan-gerakan tertentu dalam olahraga yang dilakukan secara rutin akan melatih otot-otot yang ada di sekitar payudara. Hal ini cukup untuk membantu menjaga posisi payudara yang membuat payudara tampak tetap kencang.

Lalu, bagaimana dengan pil atau krim pengencang payudara? Jangan terlalu banyak berharap. Hingga saat ini, keduanya belum memiliki bukti klinis yang cukup dalam mengembalikan elastisitas kulit dan jaringan penyangga payudara.

Menggunakan bra yang yang tepat dapat membantu mengatasi payudara yang kendur. Pilih bra yang dapat menyokong payudara sepenuhnya dari bahan yang tebal dan nyaman. Jika perlu gunakan bra dengan kawat penyangga untuk membuat payudara tampak lebih kencang.

Menjaga penampilan, termasuk mengencangkan payudara setelah menyusui, memang penting. Namun, jangan sampai keinginan ini menghambat atau menghalangi aktivitas menyusui yang sangat bermanfaat. Bagaimana pun, selain penting untuk pertumbuhan bayi, menyusui adalah kegiatan yang membahagiakan bagi seorang ibu.