Mengganti Peran Vitamin Rambut Kering dengan Perawatan Sederhana di Rumah

Mungkin Anda telah berbagai macam produk rawatan rambut kering yang dijual di pasaran tanpa hasil memuaskan. Walau demikian, jangan berkecil hati dulu. Anda tetap bisa merawat rambut sendiri agar tetap sehat dan tidak kering dengan cara dan bahan yang bisa Anda temukan di rumah.

Rambut kering bisa terjadi karena kulit kepala mengalami kekurangan dalam memproduksi minyak pelembap rambut. Kondisi ini menjadi mengkhawatirkan karena rambut tidak memiliki pelumas alami. Untuk melembapkan dan membuatnya berkilau, rambut hanya mengandalkan minyak yang diproduksi oleh akar rambut yang terletak di bawah kulit kepala.

vitamin rambut kering - alodokter

Rambut yang sehat memiliki lapisan pelindung yang disebut kutikula. Kutikula inilah yang melindungi rambut dari panasnya sinar matahari dan hal-hal yang menyebabkan kerusakan sekaligus menjaga kelembapan rambut. Namun, jika kutikula terkelupas, kelembapan mudah hilang sehingga rambut pun menjadi mudah kering dan rusak.

Rambut kering juga bisa terjadi jika Anda terlalu sering keramas, terpapar panas dari alat penata rambut secara berlebihan, terkena efek penggunaan bahan kimia, atau terpapar sinar matahari secara berkelanjutan.

Perlakukan Rambut dengan Tepat

Apabila rambut telanjur kering, biasanya Anda berpikir untuk mencari vitamin. Namun, daripada repot mencari vitamin rambut kering, lebih baik Anda memfokuskan perhatian kepada merawat rambut agar kembali lembap, berkilau, dan sehat. Jika masih bingung mengenai cara merawat rambut agar tidak kering, ikutilah langkah-langkah berikut:

Tangani dengan lembut

Rambut kering bersifat mudah patah. Hindari menanganinya dengan gerakan-gerakan yang kasar karena dapat menyebabkan makin banyak rambut yang patah. Upayakan untuk mencuci, menggosok, dan mengeringkan rambut dengan penanganan yang lembut. Setelah selesai keramas, tekan-tekan rambut secara perlahan menggunakan handuk untuk menyerap kandungan air yang tersisa. Hindari memeras rambut dengan cara memelintir, agar rambut tidak makin rusak.

Jangan terlalu sering keramas

Jadwal yang tepat untuk keramas adalah dua atau tiga kali dalam seminggu. Jika lebih sering daripada itu, minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala tidak sempat melumasi rambut sehingga rambut akan mudah kering.

Keringkan secara alami

Hindari terlalu sering menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan rambut. Udara panas yang keluar dari pengering rambut dapat memicu kondisi rambut menjadi kering dan cepat rusak. Sebaliknya, biarkan rambut kering secara alami agar tetap sehat dan terhindar dari kondisi yang bisa membuatnya kering berlebihan.

Hindari penggunaan produk perawatan rambut yang merusak

Hentikan penggunaan alat pelurus atau pengeriting rambut serta pewarnaan rambut yang menggunakan bahan kimia. Proses penataan rambut seperti itu sangat berpotensi membuat rambut kering dan bahkan rusak.

Konsumsi Bahan Makanan Tertentu

Selain perawatan rambut untuk menghindari dan mengobati rambut agar tidak kering, Anda dapat merawat kesehatan rambut dari dalam tubuh. Misalnya, mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat yang berfungsi menyerupai vitamin untuk menangani rambut kering. Zat makanan tersebut meliputi:

Zat besi

Rambut yang kusam, tipis, dan kering bisa juga dikarenakan tubuh kekurangan zat besi. Untuk menghindarinya, konsumsilah zat besi dalam jumlah cukup. Zat ini bisa didapat dari bayam, kacang mede, dan tiram. Namun, perlu diperhatikan pula untuk menghindari konsumsi zat besi secara berlebihan karena justru berpotensi menyebabkan kerusakan radikal bebas pada struktur kulit.

Asam lemak omega-3

Kehebatan omega-3 dapat membuat rambut lebih bersinar, mencegah tiap helai rambut dari kekeringan, serta mencegah kulit kepala tidak mudah mengelupas. Sumber makanan yang banyak mengandung zat ini adalah ikan yang banyak mengandung lemak seperti ikan salmon, ikan sarden, dan ikan makerel. Manfaat asam lemak omega-3 dapat Anda peroleh apabila mengonsumsinya sejumlah 600 mg DHA per hari. Berhati-hatilah jika Anda memiliki riwayat diabetes, darah tinggi, alergi ikan, dan gangguan mood. Disarankan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika ingin mengonsumsi sumber makanan yang mengandung asam lemak omega-3 ini.

Vitamin C

Mungkin Anda belum mengetahui bahwa vitamin C dapat melawan ketombe, menghentikan kerontokan rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan membuat rambut menjadi lebih tebal. Jika Anda wanita berusia 19 tahun ke atas, dosis vitamin C yang ideal adalah 75 mg per hari. Sementara, jika Anda pria dengan usia yang sama, dosis yang direkomendasikan adalah 19 mg per hari.

Berdasarkan informasi di atas, Anda tidak perlu lagi terlalu berpatokan pada vitamin rambut kering. Dengan merawat rambut secara benar dan teratur serta konsisten dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dari dalam, rambut menjadi lebih sehat dan terhindar dari kondisi kekeringan yang bisa merusak.