Menunggu Waktu Persalinan Tiba? Lakukan 8 Hal ini!

Mendekati tanggal prediksi persalinan tiba, rasa takut, cemas, dan deg-degan mungkin akan datang dan menghantuimu. Daripada memikirkan hal-hal yang bisa membuatmu stres, lebih baik menyibukkan diri dengan melakukan kegiatan bermanfaat.

Bukan tanpa alasan, kegiatan-kegiatan yang bermanfaat ini bisa membuatmu lebih rileks sekaligus siap dalam menjalani persalinan serta siap menghadapi kehidupan usai melahirkan yang nyatanya bisa sangat berbeda dengan kehidupanmu yang sebelumnya.

Menunggu Waktu Persalinan Tiba Lakukan 8 Hal ini!

Untuk membantumu lebih fokus, mari kita kelompokkan ke dalam 8 kegiatan penting yang bisa kamu lakukan sambil menantikan hari persalinan.

Perbanyak istirahat. Ketidaknyamanan yang terjadi pada masa ini bisa menguras energimu. Namun, cobalah untuk memperbanyak waktu istirahat meski kondisi tubuhmu saat ini sangat sulit untuk hal itu. Setidaknya dengan kondisi tubuh fit dan berenergi, kamu menjadi jauh lebih siap dalam mengenali dan menghadapi prosesi persalinan yang sewaktu-waktu bisa muncul tanpa kamu duga.

Jadi, mulailah untuk tidur malam beberapa jam lebih awal dan sisihkan waktu untuk tidur siang juga, walau hanya berbaring di sofa.

Belanja keperluan rumah tangga. Pasca melahirkan, sebagian besar waktumu dan pasangan akan terpakai untuk merawat Si Kecil. Jangankan mengurus keperluan rumah tangga, untuk mengurus keperluan pribadi saja waktumu menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, lebih baik jika kamu manfaatkan masa-masa penantian ini untuk berbelanja keperluan rumah tangga dalam jumlah yang lebih banyak dari belanja bulananmu pada umumnya.

Menyiapkan stok makanan cepat saji. Selagi belum sibuk, yuk, masak beberapa makanan yang bisa cepat disajikan. Kamu bisa masak makanan tersebut dalam jumlah banyak sebagai persediaan selama kamu masih menjadi ibu baru dan tidak punya waktu untuk memasak. Contohnya kamu dapat mengungkep ayam, lalu menyimpannya di freezer. Kamu hanya perlu menggoreng ayam tersebut ketika ingin mengonsumsinya.

Penuhi juga lemari esmu dengan beberapa camilan yang bisa cepat disantap ketika kamu tidak punya waktu untuk makan besar, seperti yoghurt, biskuit atau cokelat. Percaya, deh, kamu akan merasa sangat terbantu berkat persiapan-persiapan semacam ini.

Ayo, mulai bersih-bersih rumah. Pulang ke rumah yang rapi dan bersih usai perjuangan berat di rumah bersalin pasti bisa membuat pikiran jauh lebih tenang ketimbang tiba di rumah yang berantakan. Tapi tenang, faktor pemicu stres ini masih bisa dicegah.

Tentu saja, kamu tidak perlu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga yang berat. Kerjakan yang ringan-ringan saja dan yang penting aman dilakukan oleh ibu hamil. Apabila kamu merasa lelah dan sudah tidak sanggup lagi, jangan dipaksakan. Kamu bisa meminta pertolongan pasanganmu atau kerabat terdekat untuk menyelesaikan tugas. Jika kamu merasa butuh asisten rumah tangga (ART), maka jangan ragu untuk membayar jasa mereka untuk membersihkan rumahmu.

Praktikkan kembali teknik-teknik melancarkan persalinan. Teknik-teknik yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah meliputi teknik senam hamil yang telah kamu pelajari di kelas persiapan persalinan. Selagi mempraktikkan gerakan-gerakan tersebut, kamu bisa membayangkan diri sendiri sedang melakukan teknik tersebut di ruang persalinan.

Cari beberapa rute alternatif dari tempat tinggalmu ke rumah bersalin. Jangan terpatok pada satu rute saja. Lebih baik sekarang ajak pasanganmu untuk mencari beberapa rute perjalanan dari tempat tinggal ke rumah bersalin. Rute alternatif tersebut bisa dipakai ketika ada gangguan lalu lintas atau perbaikan jalan di rute utamamu.

Periksa kembali isi tasmu. Ayo periksa lagi tas yang akan kamu bawa ke rumah bersalin. Pastikan semua barang-barang yang kamu, pasangan dan bayimu butuhkan selama di rumah bersalin ada di dalamnya.

Bersenang-senanglah. Gunakanlah waktu ini untuk memanjakan diri sendiri karena usai melahirkan kamu mungkin tidak punya waktu untuk hal tersebut. Pergilah ke salon untuk merelaksasi dan mempercantik diri, nonton bioskop, kumpul bersama teman-teman, atau lakukan hal-hal lain yang bisa membuatmu senang.

Mengingat saat ini kamu sudah mendekati waktu persalinan, disarankan untuk waspada ketika kamu merasakan ada sesuatu yang asing terjadi pada dirimu. Misalnya, keluar banyak cairan dari vagina, nyeri pada punggung bagian bawah atau sakit perut, atau mengalami kontraksi yang datangnya lebih sering dan kuat. Segera konsultasikan kepada dokter kandungan ketika kamu mengalami hal-hal tersebut.