Minyak Kelapa sebagai Penyubur Rambut, Itu Mitos

Minyak kelapa banyak dipercayai sebagai penyubur rambut oleh masyarakat di Indonesia. Sebenarnya, jika menilik kandungan dalam minyak kelapa, hal itu tidaklah tepat.

Ternyata, manfaat minyak kelapa dapat melembapkan kulit dan rambut. Bahkan, minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai antibakteri saat dioleskan.

minyak kelapa sebagai penyubur rambut itu mitos - alodokter

Meluruskan Mitos

Para orang tua di Indonesia banyak yang memercayai minyak kelapa sebagai penyubur rambut. Banyak bayi dan anak-anak kerap dioleskan minyak kelapa pada rambutnya dengan harapan akan tumbuh rambut yang tebal. Namun sebenarnya hal itu tidak tepat.

Hingga kini tidak ada studi yang mendukung bahwa minyak kelapa dapat membantu menyuburkan rambut. Salah satu bukti adalah banyaknya penggunaan minyak kelapa pada kulit tubuh untuk proses tanning (penggelapan kulit). Seorang ahli menegaskan, jika benar minyak kelapa berfungsi sebagai penyubur rambut, maka akan merangsang pertumbuhan rambut berlebihan pada tubuh.

Minyak kelapa mengandung lemak jenis asam laurat yang sebenarnya juga diproduksi oleh tubuh manusia. Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat minyak kelapa ketika dioleskan di kulit, antara lain memperlambat pertumbuhan virus, bakteri dan jamur, serta bermanfaat sebagai antiradang.

Meski tidak dapat berfungsi sebagai penyubur rambut, namun peneliti menemukan manfaat asam laurat sebagai pelembap rambut ketika digunakan sebelum mencuci rambut. Utamakan minyak kelapa alami yang bebas bahan kimia untuk memperoleh rambut yang lembut, sehat, dan bercahaya.

Memperbaiki Rambut Rusak

Penelitian yang dilakukan membandingkan minyak kelapa dengan minyak bunga matahari dan minyak mineral. Minyak kelapa dengan kandungan asam laurat terbukti membantu mengurangi kekurangan protein pada rambut, sementara dua jenis minyak lainnya tidak memiliki manfaat yang sama.

Minyak kelapa mampu memasuki batang rambut, sehingga membantu mengatasi kerusakan yang terjadi. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk rambut yang kering karena pewarnaan atau hawa panas berlebihan.

Pertama, oleskan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil pada rambut secara merata hingga ujung rambut. Pijat rambut selama beberapa saat. Jika perlu, gunakan sisir agar minyak kelapa merata. Sisir dari akar hingga ujung rambut.

Kuncir atau gulung rambut, kemudian bungkus dengan penutup kepala. Biarkan rambut tertutup semalaman. Atau, Anda dapat membiarkannya selama dua jam setelah pengolesan. Namun, semakin lama minyak kelapa didiamkan, maka rambut akan semakin lembap.

Buka penutup kepala kemudian cuci rambut. Gunakan sampo yang bebas kandungan sulfat untuk menghilangkan minyak kelapa dari rambut. Cuci rambut sekitar 2-3 kali, hingga tangan tidak lagi terasa berminyak saat menyentuh rambut. Kemudian segera keringkan. Rambut akan terasa lebih lembut dan bercahaya.

Manfaatkan minyak kelapa untuk rambut yang lebih lembap dan untuk mengatasi kekeringan pada rambut. Jika Anda memiliki masalah dengan rambut rontok dan membutuhkan penyubur rambut, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang tepat.