Mood Swing Tidak Selamanya Normal, Kenali Tanda-tandanya

Anda pernah mengalami mood swing (perubahan emosi mendadak)? Tidak perlu cemas karena kondisi ini wajar. Terkadang kita bisa merasa senang, lalu  kemudian bersedih. Namun ketika mood swing dialami terus-menerus dengan cepat, ada kemungkinan gejala ini terkait dengan gangguan kesehatan pada diri kita.

Mood swing adalah perubahan keadaan emosi (suasana hati) seseorang yang cenderung mudah terlihat. Pada dasarnya, perubahan emosi ini merupakan kejadian alami dari sebagian besar kehidupan manusia. Selama perubahan emosi ini tidak berdampak kepada kehidupan secara ekstrem, maka Anda masih dapat dianggap sehat.

Mood Swing Tidak Selamanya Normal, Kenali Tanda-tandanya

Namun, bagi yang mengalami perubahan suasana hati serius dan berlangsung sangat cepat hingga emosi itu mengganggu hidup Anda, maka perlu diwaspadai. Contohnya, mood swing berlangsung selama beberapa hari atau lebih sehingga Anda menjadi sangat senang atau sedih secara tidak terkontrol, tidak bisa mengunjungi kerabat, tidak bisa tidur, atau menghambat kegiatan di keseharian.

Perhatikan juga jika mood swing yang Anda alami telah mencapai tingkatan yang lebih parah, seperti menimbulkan rasa ingin melukai diri sendiri atau mengakhiri hidup Anda. Maka pola-pola semacam ini dapat menjadi pertanda kepada gangguan kesehatan yang lebih serius.

Apa yang Menyebabkan Mood Swing?

Terdapat berbagai penyebab bagi seseorang untuk mengalami mood swing, namun pada umumnya bisa dikelompokkan menjadi beberapa hal, seperti:

Kondisi hormon

Faktor ini memengaruhi reaksi kimia pada otak. Remaja, wanita hamil, dan wanita menopause adalah kelompok yang berkemungkinan besar mengalami perubahan suasana hati terkait kondisi hormon.

Gangguan fisik

Keadaan ini juga menjadi faktor yang mendasari kemunculan mood swing. Gangguan fisik tersebut dikaitkan dengan kesehatan paru-paru, sistem kardiovaskular, tiroid, dan sistem saraf pusat.

Kondisi mental

Perubahan emosi yang terkait dengan kondisi mental ini disebabkan oleh terganggunya kondisi emosi atau inkonsisten dengan keadaan sebenarnya. Beberapa contoh gangguan emosi adalah:

  • Gangguan depresi berat berupa kesedihan berlebihan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Gangguan bipolar atau disebut juga depresi mania, yaitu berulang kali mengalami kesedihan ekstrem (depresi) dan kebahagiaan yang ekstrem (mania).
  • Gangguan pramenstruasi disforik; perubahan dan ketidakstabilan mood menjelang tahap pramenstruasi wanita.
  • Gangguan depresi menetap (distimia), bentuk depresi dalam waktu yang lama.
  • Disregulasi mood. Gangguan ini ditandai dengan adanya kemarahan yang menetap dan sering meledak-ledak pada diri anak sehingga tidak dinilai konsisten dengan perkembangan usia anak itu.
Waspadai juga perilaku mengkhawatirkan seputar penyalahgunaan obat-obatan atau minuman keras yang menjurus kepada kecanduan karena dinilai sebagai gangguan kondisi mental yang dapat mengakibatkan mood swing juga.

Bagaimana Cara Mengatasi Mood Swing yang Terus Mendera?

Jika perubahan emosi ini tidak membawa pengaruh negatif kepada kehidupan, Anda bisa mengatasi masalah mood swing ini tanpa bantuan pihak medis. Caranya dengan mengubah gaya hidup di dalam keseharian, seperti mulai membiasakan diri berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, konsumsi makanan sehat, hindari stres berlebihan, mencari cara untuk mengekspresikan kreativitas yang positif, atau mencari teman bicara yang menyenangkan. Anda bisa mengamati tiap kali mood Anda berganti-ganti dengan cara menjajaki kembali apa penyebabnya. Apakah diakibatkan oleh makanan, minuman, atau kegiatan Anda sebelumnya. Dengan memerhatikan pola-pola tersebut, akhirnya dapat membantu Anda dalam mengenali pemicu mood swing yang dialami sekaligus menghindari faktor-faktor tersebut.

Namun, jika Anda mengalami mood swing yang parah sehingga menyebabkan gangguan ekstrem pada sifat Anda, maka hal ini harus dibicarakan dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya dan membantu Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Perlu diketahui bahwa perkembangan waktu tidak selalu bisa mengatasi masalah mood swing ini. Tanpa bantuan ahli profesional, sering kali keadaan penderita gangguan mood swing yang parah ini justru memburuk dan bukannya bertambah baik.