Mulai Perhatikan Makanan Anak 1 Tahun

Dalam tahun pertama mereka, bayi memiliki kecepatan pertumbuhan yang mengagumkan. Untuk mengimbanginya, pastikan Anda memberi makanan anak 1 tahun dengan tepat.

Menginjak usia satu tahun, sudah waktunya anak diberi makan tiga kali sehari dan dapat diselingi dengan memberikan camilan di antara waktu-waktu makan tersebut.

mulai perhatikan makanan anak 1 tahun - alodokter

Anda bisa mulai mencoba memperkenalkan makanan padat sebagaimana yang dikonsumsi orang dewasa. Akan tetapi, makanan-makanan padat tersebut harus diberikan dalam bentuk yang mudah dikunyah, ditelan, dan dicerna oleh sistem pencernaan anak Anda. Untuk itu, potonglah makanan dalam ukuran kecil atau jika perlu dicincang.

Berilah makanan yang bervariasi kepada anak Anda. Makin banyak variasinya, maka makin bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu sapi dan madu boleh diberikan jika anak sudah berumur satu tahun ke atas. Selain itu, jenis makanan lain dapat mulai diperkenalkan, seperti olahan kacang, telur, biji-bijian, dan ikan. Jika keluarga memiliki riwayat alergi, Anda perlu memilah-milah makanan yang tepat untuk anak Anda.

Makanan yang Direkomendasikan

Meski tidak ada ketentuan mengenai makanan anak 1 tahun, Anda tetap harus memerhatikan kandungan nutrisinya. Beberapa makanan yang mudah Anda dapatkan berikut ini bisa dijadikan saran sebagai pilihan.
  • Nasi merah

Nasi merah mengandung lebih banyak energi, vitamin B, protein, dan mineral dibandingkan nasi putih. Nasi jenis ini juga memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang lebih lama diserap tubuh sehingga kadar glukosa darah sebagai sumber energi siap pakai lebih stabil.

  • Ubi

Makanan ini mengandung banyak kandungan vitamin A dan C serta kaya akan fitokimia. Salah satu fungsi senyawa fitokimia adalah sebagai benteng bagi tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

  • Daging ayam

Kebaikan daging ayam terletak pada jumlah lemaknya yang lebih sedikit dibandingkan daging merah. Tapi sebaliknya dengan kulit ayam karena bagian ini justru mengandung lebih banyak lemak jika dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

  • Daging merah

Makanan yang menyediakan zat besi ini sangat penting untuk pertumbuhan anak satu tahun. Apalagi zat besi dalam daging merah tersedia dalam keadaan siap diserap oleh tubuh. Berikan daging merah pada anak satu tahun cukup sebanyak dua atau tiga kali saja dalam seminggu.

  • Ikan

Nutrisi dari ikan antara lain berupa protein rendah lemak dan mengandung selenium, kalsium, dan magnesium. Ikan sangat baik dalam memerangi radikal bebas sekaligus mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Contohnya adalah salmon yang mengandung lemak esensial yang sangat baik dalam menunjang perkembangan otak.

  • Wortel

Wortel kaya akan betakaroten yang akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin inilah yang bertanggung jawab terhadap kesehatan mata.

Mengandung salah satu pigmen antioksidan yang mampu mencegah kanker dan penyakit jantung. Pigmen antioksidan tersebut dinamakan likopen.

  • Jeruk

Jeruk adalah salah satu sumber utama vitamin C. Vitamin ini sangat penting dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Oleh karena itu, pemberian jeruk tiap sesudah makan sangat dianjurkan.

  • Sayuran berwarna terang

Sayuran berwarna terang mengandung aneka fitokimia yang berperan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

  • Susu

Meski makanan anak 1 tahun sudah banyak jenisnya, tetap lanjutkan pemberian susu. Susu masih sangat diperlukan oleh anak usia setahun karena mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang mereka.

Cegah Anak Menjadi Pemilih Makanan

Memberi makanan anak 1 tahun bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena banyak makanan yang bisa diberikan, namun fenomena anak susah makan bisa timbul terutama jika dia adalah pemilih makanan.  Lain lagi anak yang terlalu sering makan manis-manis atau mengonsumsi camilan, itu juga tidak baik karena berisiko mengalami obesitas. Untuk menyiasati agar anak dapat makan dengan seimbang, beberapa hal berikut bisa dilakukan:
  • Orang tua adalah contoh

Anak akan mencontoh pola makan orang tua. Oleh karena itu, pola makan orang tua juga harus teratur. Usahakan waktu makan anak sama dengan waktu makan keluarga. Selain itu pastikan yang dikonsumsi anak sama dengan yang dikonsumsi orang tua.

  • Jangan selalu menuruti keinginan anak tiap kali makan

Terkadang anak akan meminta makanan meski mereka belum lapar atau hanya meminta makanan yang mereka sukai. Alihkan perhatian mereka dengan hal lain agar anak tidak terus-menerus makan. Sebagai alternatif, berikan pilihan makanan lain yang menarik agar anak tidak menjadi pemilih.

  • Variasikan bentuk makanan

Bentuk yang bervariasi akan membuat anak lebih tertarik mencicipi makanan. Variasi makanan juga bisa menghindarkan anak dari kebosanan.

  • Buat anak terlibat

Mengajak anak ikut menyiapkan makanan bisa membuat  minat anak terhadap makanan kian meningkat.

Kombinasi dari variasi makanan anak 1  tahun dan beberapa cara di atas layak untuk Anda coba demi mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Selamat mencoba!