Nutrisi dan Kalori Nasi Putih serta Fungsinya bagi Tubuh

Tahukah Anda, dalam satu cangkir nasi putih terdapat berbagai nutrisi yang besar manfaatnya bagi tubuh. Ketahui jumlah kalori nasi putih yang dianjurkan setiap hari dan manfaatnya di sini.

Nasi putih memang makanan yang sudah tidak asing lagi bagi bangsa Asia. Nasi merupakan makanan pokok yang hampir tidak pernah dilewatkan, dan variasi olahannya pun berbeda-beda di setiap wilayah di Asia. Indonesia memiliki nasi goreng, Jepang memiliki sushi, dan Korea memiliki bibimbap.

rice nutrition facts - alodokter

Pada piramida makanan, nasi termasuk ke dalam kelompok makanan yang harus dikonsumsi tubuh setiap hari, yaitu biji-bijian (grains). Dikarenakan tubuh Anda memerlukan banyak nutrisi, dan semua itu tidak bisa diperoleh hanya dari satu sumber makanan saja. Selain biji-bijian, tubuh pun memerlukan nutrisi yang ada pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Setelah ketiga bahan tersebut, piramida makanan Anda dapat dilengkapi dengan kacang-kacangan, daging, telur, produk olahan susu, dan kelompok lemak-minyak-gula dalam jumlah secukupnya.

Fakta Nutrisi, Kalori Nasi Putih dan Manfaatnya

Sebelum mulai menata ulang pola makan dan pilihan makanan sehat yang hendak dikonsumsi sehari-hari, ada baiknya Anda mengenali lebih jauh mengenai kalori nasi putih dan kandungan nutrisinya. Dengan demikian, Anda dapat melanjutkan dan menambahkan sisa nutrisi lain yang diperlukan tubuh.

Satu cangkir nasi (beras yang telah dimasak) atau sebanyak 158 gram, rata-rata mengandung:

Nutrisi Unit Jumlah Nutrisi
Air Gram 108,14
Energi (kalori) kkal 205
Protein Gram 4,25
Total lipid (lemak) Gram 0,44
Karbohidrat Gram 44,51
Serat Gram 0,6
Gula Gram 0,08
Mineral Mg 162,67
Vitamin Mg 2,911
Beberapa vitamin dan mineral yang terdapat dalam takaran ini antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B-6, folat, vitamin E (alpha-tocopherol), serta asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda.

Nasi putih utuh memiliki serat yang lebih rendah jika dibandingkan nasi yang dimasak dari beras campuran (biji-bijian utuh). Pada nasi yang dimasak dari beras campuran, takaran saji nasi putih bercampur dengan biji-bijian dari jenis lain, sehingga terdapat lebih banyak serat dan lebih sedikit karbohidrat. Jenis nasi ini cocok bagi Anda yang sedang mencoba diet untuk mengurangi berat badan. Semua nutrisi dari beras campuran ini akan memberikan manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh, seperti:

  • Meningkatkan jumlah bakteri baik yang akan melindungi dinding usus.
  • Menjaga berat badan tubuh sebagai bagian dari diet dan gaya hidup sehat.
  • Membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga turut mengendalikan selera makan atau ngemil.
  • Mengurangi risiko berkembangnya kanker pada saluran pencernaan.
  • Nasi yang dimasak dari beras campuran atau beras cokelat diduga dapat mengurangi kolesterol, menurunkan risiko terkena stroke, serangan jantung, dan diabetes tipe 2.
Agar setiap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap terjaga keseimbangannya, jumlah asupan nutrisi pun dianjurkan mengikuti angka kecukupan gizi harian yang ditentukan bagi setiap rentang usia dan jenis kelamin. Pria dewasa membutuhkan kalori sekitar 2.200 kalori dan bisa ditingkatkan hingga 2.800 kalori sesuai aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Semakin berat aktivitas fisik Anda maka kebutuhan kalori akan semakin tinggi.

Besaran porsi nasi yang dianjurkan untuk memenuhi satu takaran saji adalah setengah cangkir (125 gram). Sementara total takaran saji harian nasi yang dianjurkan adalah 6 takaran atau enam dikalikan 125 gram. Takaran ini berlaku untuk anak berusia 2 - 6 tahun, serta perempuan dan lansia yang memiliki total angka kebutuhan gizi harian sebesar 1,600 kalori.

Untuk mencapai kebutuhan energi dan gizi yang seimbang, tidak dapat terpenuhi dari nasi putih saja. Tubuh memerlukan asupan gizi lain yang dapat diperoleh dari buah, sayur, atau sumber makanan hewani seperti ikan, telur, daging, dan susu untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal.

Untuk mengetahui takaran saji atau kalori nasi putih serta total angka kebutuhan gizi harian bagi rentang usia lain, Anda disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan ahli gizi atau dokter. Mereka akan menentukan jumlah kebutuhan gizi dan mengatur diet yang sesuai bagi Anda berdasarkan kondisi dan status kesehatan tubuh.