Nutrisi dan Vitamin Agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Jika Anda ingin cepat punya momongan, nutirisi dan vitamin agar cepat hamil ini bisa dijadikan pertimbangan. Namun, konsultasikanlah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

Memiliki buah hati bisa jadi merupakan impian dan harapan beberapa orang atau pasangan. Jika Anda adalah salah satunya, berikut beberapa vitamin agar cepat hamil yang bisa Anda konsumsi. Tapi jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter.

Nutrisi dan Vitamin Agar Cepat Hamil yang Perlu Anda Ketahui - alodokter

Zinc

Zinc merupakan nutrisi yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh wanita dan pria yang berencana untuk memiliki anak. Nutrisi dan vitamin agar cepat hamil yang satu ini berperan dalam siklus ovulasi dan kesuburan wanita, serta dalam produksi hormon testosteron dan air mani pada pria. Itulah sebabnya disarankan bagi wanita untuk mengonsumsi zinc sebanyak 10 mg setiap hari dan sebanyak 13 mg pada pria. Zinc bisa didapatkan dari roti, gandum utuh, produk olahan susu, kerang-kerangan, kepiting, tiram, lobster, dan daging sapi.

Kalsium

Kalsium dipercaya membantu memastikan sistem reproduksi bekerja dengan baik. Selain itu, mengonsumsi makanan kaya akan kalsium (produk olahan susu, kacang almond, wijen, sayuran berdaun hijau, tahu, olahan kedelai) sejak dini juga dapat mencegah hilangnya kepadatan tulang Anda pada saat mengandung nanti. Karena jika sudah hamil, janin dalam kandungan akan mengambil kalsium dari tubuh sang ibu untuk membangun tulangnya sendiri.

Zat besi

Pastikan agar calon ibu tidak kekurangan zat besi, karena jika asupan vitamin agar cepat hamil ini tidak tercukupi, Anda pasti akan terserang anemia. Anemia cenderung mengganggu siklus menstruasi hingga bisa membuat kehamilan menjadi lebih sulit. Zat besi banyak terkandung dalam sayuran hijau, daging sapi tanpa lemak, kacang polong, aprikot kering, dan oatmeal.

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks diduga membantu ovarium dalam melepaskan sel telur menjelang masa subur. Vitamin B6 khususnya dipercaya mampu meningkatkan kadar hormon progesteron yang diperlukan untuk mempertahankan kandungan saat Anda sudah hamil nanti. Vitamin agar cepat hamil ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi gandum utuh, sayuran hijau, daging, telur, kacang-kacangan, ikan, daging ayam, dan produk olahan susu.

DHEA

DHEA dipercaya berperan dalam produksi hormon estrogen dalam tubuh. Ketika kita sudah memasuki usia 30 tahun, produksi estrogen dalam tubuh akan berkurang. Hal tersebut bisa menurunkan libido dan kualitas telur. Namun sebelum mengonsumsi suplemen vitamin agar cepat hamil ini, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Asam folat

Untuk melengkapi nutrisi dan vitamin lain, asam folat merupakan vitamin yang sangat disarankan untuk dikonsumsi saat Anda merencanakan kehamilan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, mengonsumsi 400 mikrogram asam folat setiap hari dapat menurunkan risiko cacat tabung saraf pada janin sebanyak 50-70 persen. Vitamin agar cepat hamil ini juga dianggap mampu mencegah beberapa cacat lahir lainnya. Itulah yang membuat asam folat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua wanita usia subur. Asam folat bisa didapat dengan mengonsumsi hati sapi, bayam, kacang merah, beras putih, alpukat, brokoli, gandum utuh, tomat, telur, susu, papaya, pisang, dan jeruk. Selain itu, direkomendasikan juga untuk mengonsumsi suplemen asam folat.bila Anda sedang merencanakan kehamilan.

Perlu diingat agar selalu berbicara dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi nutrisi dan vitamin agar cepat hamil tersebut. Dan jika Anda ingin cepat memiliki momongan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai masalah yang mungkin dihadapi dan solusi yang terbaik.