Obat Bibir Kering yang Perlu Anda Coba

Bibir kering dapat menjadi tidak nyaman serta menyebabkan pecah-pecah dan menyakitkan jika tidak dilakukan Penggunaan lip balm merupakan salah satu obat bibir kering yang dapat Anda coba untuk mengatasinya.

Bibir pecah-pecah adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan bibir kering. Bibir pecah-pecah terjadi ketika bibir mengalami kekeringan, bersisik, atau retak. Hal ini dapat menyebabkan iritasi bahkan adanya rasa sakit. Kulit pada bibir Anda lebih tipis dibandingkan dengan kulit di seluruh tubuh, sehingga rentan mengalami kekeringan dan pecah-pecah.

Bibir kering merupakan kondisi yang sangat umum terjadi pada kebanyakan orang. Siapa pun dapat mengalaminya, terutama jika mereka memiliki jenis kulit yang kering.

Penyebab terjadinya bibir pecah-pecah karena tidak adanya kelenjar minyak pada bibir. Kurangnya kelembapan pada bibir dapat membuat masalah lebih buruk. Faktor cuaca juga bisa menjadi penyebabnya. Penyebab lain yang membuat bibir kering adalah kebiasaan menjilati bibir dan penggunaan lipstik yang tidak cocok.

Cara terbaik untuk mengatasi bibir kering adalah dengan menggunakan lip balm yang mengandung minyak atau lilin lebah secara teratur. Lip balm berfungsi sebagai perisai untuk melindungi bibir Anda dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering. Lip balm juga akan membuat menjaga kelembapan bibir, dan menghindari infeksi pada bibir yang pecah-pecah.

Anda mungkin perlu mencoba beberapa produk berbeda sebelum menemukan yang cocok untuk bibir Anda. Jika Anda sensitif terhadap produk yang mengandung wewangian, disarankan memilih lip balm tanpa aroma. Hindari lip balm yang berada di dalam wadah, karena dengan menyelupkan jari Anda ke dalamnya dapat mencemarkan kuman. Jika Anda sedang berada di daerah dengan musim dingin, disarankan menutup bibir menggunakan syal saat berada di luar. Ini juga dapat membantu mencegah kekeringan pada bibir.

Jika penggunaan lip balm sebagai obat bibir kering tidak efektif, Anda disarankan mengunjungi dokter kulit untuk melihat apakah ada kondisi medis yang mendasarinya. Ada baiknya Anda juga mengetahui hal penting yang harus dihindari, yaitu:

  • Salep antibiotik Anda mungkin tidak perlu menambahkan salep antibiotik kecuali ada indikasi infeksi. Tanyakan pada dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.
  • Zinc Oxide Obat ini bukan untuk mengobati bibir pecah-pecah, namun merupakan bahan tabir surya yang dapat membantu mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari.
  • Hydrocortisone Krim steroid ini dapat menyebabkan penipisan kulit di sekitar mulut dan bisa memicu munculnya jerawat.
  • Produk alami Seperti shea butter, beeswax, lanolin, minyak kelapa, dan mentholatum dapat digunakan untuk perawatan bibir, tetapi dapat mengakibatkan alergi pada kebanyakan orang dan memperburuk bibir pecah-pecah.
Selain lip balm yang dapat Anda gunakan sebagai obat bibir kering, tips berikut juga dapat Anda gunakan untuk mengobati dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah:
  • Tetap terhidrasi. Bibir kering dan pecah-pecah menunjukkan Anda kekurangan asupan cairan.
  • Gunakan produk lip balm dengan tabir surya. Hal ini untuk membantu melindungi kerusakan akibat radiasi sinar matahari yang menyebabkan bibir pecah-pecah.
  • Jangan menjilati bibir. Air liur dapat memperburuk bibir kering dan menyebabkan bibir kehilangan kelembapannya.
  • Jangan mengelupas bibir. Kulit akan mengganti sel-sel lama pada waktu yang tepat, pengelupasan akan membuat bibir kering menjadi semakin tidak nyaman.
  • Masker bibir juga bisa Anda coba untuk mengatasi bibir pecah-pecah
Segera temui dokter jika bibir menjadi kemerahan dan muncul luka. Dokter akan menyarankan obat bibir kering yang tepat, dan mungkin akan menyarankan antijamur atau antibiotik jika terjadi infeksi.