Obat Infeksi Telinga yang Tepat untuk Anak

Infeksi telinga umumnya bisa disembuhkan dalam beberapa hari tanpa obat-obatan atau bantuan medis. Namun, dokter akan memberikan obat infeksi telinga berupa antibiotik jika infeksi telinga sering dialami dan bertahan dalam jangka waktu yang lama (kronis).

Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu luar, tengah, dan dalam. Bagian telinga luar mencakup area yang masih dapat terlihat oleh mata sampai ke area kanal sebelum gendang telinga. Bagian tengah telinga memiliki tulang kecil yang bertugas memperkuat pendengaran. Sedangkan, telinga bagian dalam bekerja menerjemahkan suara menjadi impuls listrik dan mengirimkannya ke otak.

medication of ear infection_compress

Obat Infeksi Telinga Anak Harus dengan Resep Dokter

Tiga bagian telinga cukup rentan terkena infeksi yang disebabkan virus, bakteri, atau jamur. Infeksi telinga bisa menyerang segala usia, namun umumnya cukup sering dialami oleh anak-anak terutama infeksi telinga bagian tengah (otitis media).

Apabila infeksi telinga pada Si Buah Hati tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, segera konsultasikan kepada dokter. Jangan membiarkan infeksi telinga anak makin buruk karena bisa menyebabkan infeksi organ telinga bagian dalam hingga gangguan pendengaran permanen.

Bentuk penanganan infeksi telinga pada anak adalah dengan pemberian obat infeksi telinga, di antaranya:

Pemberian antibiotik

Antibiotik diberikan kepada infeksi telinga yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi anak dengan infeksi telinga umumnya dapat sembuh tanpa antibiotik. Walau demikian, dokter akan memberikan antibiotik jika anak mengalami sakit yang cukup parah. Disertai adanya risiko mengalami komplikasi akibat infeksi. Selain itu, jika anak berusia di bawah dua tahun dan mengalami infeksi di kedua telinga atau mengalami sakit dan demam ringan, maka dokter berkemungkinan untuk memberikan antibiotik juga.

Sebelum menyarankan penggunaan antibiotik, dokter akan memeriksa kondisi kesehatan anak terlebih dulu. Lalu, menunggu hasilnya selama beberapa hari. Jika infeksi telinga belum sembuh juga, maka dokter akan memberikan resep antibiotik, seperti amoxicillin.

Pemakaian antibiotik dianggap tidak efektif bila gejala infeksi telinga anak masih muncul dalam kurun lebih dari 48 jam setelah pemberian antibiotik. Anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter jika kondisi anak tidak kunjung membaik lebih dari dua hari. Hal ini agar dokter dapat meresepkan obat antibiotik golongan lain yang mungkin lebih efektif menangani infeksi.

Pilihan obat untuk Meredakan demam dan sakit telinga

Infeksi telinga bagian tengah bisa menimbulkan gejala berupa sakit telinga dan demam. Sehingga tindakan penanganan dilakukan demi mengurangi gejala tersebut. Jenis-jenis obat infeksi telinga yang dapat digunakan seperti:

  • Paracetamol atau acetaminophen dan obat antiradang nonsteroid yang digunakan untuk meredakan sakit dan demam. Baca petunjuk pemakaian di label kemasan dan ikuti saran dokter sebelum memberikannya pada bayi. Berhati-hati pula untuk tidak memberikan aspirin untuk meredakan gejala demam kepada anak-anak usia di bawah 16 tahun. Demi menghindari timbulnya penyakit serius, yaitu sindrom reye.
  • Obat tetes telinga. Sebagian jenis obat tetes telinga bisa mengobati penyakit telinga parah. Namun, jangan memakai obat tetes telinga apabila gendang telinga pecah. Penggunaan obat tetes telinga harus melalui saran dokter untuk mendapatkan pertimbangan-pertimbangan cara pakai yang aman.
  • Kortikosteroid. Kadang-kadang diberikan bersamaan dengan antibiotik untuk mengatasi penumpukan cairan di gendang telinga. Penggunaan obat steroid sangat tidak direkomendasikan, terutama jika si anak baru saja mengalami cacar air (varicella).

Peringatan Pemakaian Obat Infeksi Telinga Lainnya

Obat-obat penghilang rasa sakit dan pereda demam, seperti antihistamin, dekongestan, dan obat pilek yang bebas dijual, secara langsung tidak dapat mencegah dan menangani infeksi telinga. Antihistamin memiliki efek samping yang membuat anak mengantuk, memperbanyak cairan di dalam telinga, dan malah memperburuk kondisi dirinya. Periksakan anak kepada dokter untuk mendapatkan saran yang tepat sebelum menggunakan obat infeksi telinga.

Jaga selalu kondisi tubuh dan kebersihan telinga sebelum infeksi datang menyerang anak Anda. Obat infeksi telinga bisa menjadi cara pengobatan yang tepat, namun tidak ada salahnya untuk mengutamakan pencegahan. Sebagai upaya pendukung, Anda bisa mengikuti cara-cara pembersihan telinga yang tepat agar terhindar dari infeksi telinga.