Obat Kencing Nanah Dapat Mencegah Penyebaran Infeksi

Obat kencing nanah direkomendasikan untuk diberikan dalam waktu sesegera mungkin sebelum infeksi menyebar makin parah. Kencing nanah yang tidak segera diobati bisa berisiko menimbulkan komplikasi.

Kencing nanah atau gonore merupakan penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Umumnya kencing nanah ditularkan melalui hubungan seksual dengan penderita gonore. Secara statistik, pria lebih sering terserang penyakit kencing nanah dibandingkan wanita.

gonorrhea medicine_compress

Pemberian Antibiotik

Tindakan penanganan medis yang tepat dapat mengatasi penyakit kencing nanah. Pemberian obat kencing nanah akan menghentikan infeksi, sekaligus mengurangi risiko timbulnya komplikasi. Beberapa langkah ini, antara lain melalui terapi kombinasi (dual therapy) yaitu dengan pemberian dua jenis obat antibiotik.

Pemberian antibiotik hanya dilakukan oleh dokter apabila seseorang dinyatakan positif terkena penyakit kencing nanah. Pemberian obat ini seharusnya diberikan pula pada pasangan dari penderita atau yang sempat berhubungan intim dalam dua bulan terakhir sebelum diagnosa. Pemberian antiobiotik juga diberikan pada bayi baru lahir dari ibu hamil yang terdiagnosis gonore.

Berikut obat kencing nanah yang dapat diberikan oleh dokter :

  • Obat kencing nanah untuk penderita

Pengobatan kencing nanah bisa dilakukan dengan pemberian antibiotik jenis ceftriaxone (suntikan). Antibiotik ini dikombinasikan dengan obat azithromycin, atau doxycycline sebagai alternatifnya. Bagi penderita kencing nanah yang alergi terhadap antibiotik golongan sefalosporin seperti ceftriaxone, sejumlah penelitian mengindikasikan, obat oral jenis gemifloxacin atau gentamicin suntik yang dikombinasikan dengan obat oral azithromycin juga memiliki keberhasilan tinggi dalam menangani kencing nanah.

  • Obat kencing nanah untuk pasangan

Pasangan atau orang yang berhubungan intim dengan penderita gonore disarankan untuk segera menjalankan pemeriksaan kesehatan, meski tanpa ada gejala gonore. Hal ini juga dilakukan untuk mencegah infeksi berulang. Pengobatan terhadap pasangan biasanya sama dengan penderita gonore.

  • Obat kencing nanah untuk bayi

Bayi yang lahir dari ibu yang mengidap kencing nanah, harus langsung mendapatkan perawatan medis pada kedua matanya. Pemberian obat kencing nanah diberikan untuk mencegah infeksi. Jika kemudian infeksi terus berkembang, maka dokter akan mulai memberikan obat antibiotic.

Mengenali Gejala Gonore Lainnya

Gejala kencing nanah biasanya timbul satu hingga dua minggu setelah infeksi menyerang. Namun, terkadang gonore bisa terjadi tanpa gejala sama sekali (asimtomatik) dalam waktu hingga berbulan-bulan.

Umumnya gejala gonore pada laki-laki berupa sakit ketika buang air kecil, pembengkakan kulup atau permukaan alat kelamin, rasa sakit pada testis yang umumnya jarang terjadi, dan kerap dikeluhkan adalah keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau kehijauan menyerupai nanah dari alat kelamin yang dapat disertai aroma kurang sedap kondisi inilah yang sering di sebut-sebut sebagai kencing nanah.

Sementara itu, gejala gonore pada wanita berupa rasa sakit atau terbakar ketika buang air kecil, sakit di sekitar perut bagian bawah, keputihan berwarna kuning atau hijau, dan perdarahan di luar waktu menstruasi, menstruasi yang lebih banyak atau keluar darah setelah berhubungan intim.

Untuk memastikan apakah seseorang mengalami kencing nanah, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter. Sebelum melakukan pemeriksaan, dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan intim selama beberapa minggu.

Selain mengalami kencing nanah, berikut beberapa kondisi yang perlu diperiksa apakah ada kemungkinan gonore:

  • Melakukan hubungan intim tanpa pengaman dengan pasangan baru.
  • Sedang hamil atau merencanakan kehamilan.
  • Didiagnosis menderita penyakit menular seksual lainnya.

Waspadai Komplikasi Kencing Nanah

Umumnya komplikasi kencing nanah pada laki-laki berupa infeksi yang menyakitkan pada kelenjar prostat dan testis. Kondisi ini dapat mengakibatkan menurunnya tingkat kesuburan pada sebagian kecil pria penderita gonorea.

Adapun komplikasi kencing nanah pada wanita berupa penyakit radang panggul, yang juga dapat berujung pada menurunnya tingkat kesuburan. Pada ibu hamil dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, dan konjungtivitis pada bayi yang baru lahir.

Diagnosis dan penanganan dini penyakit kencing nanah sangat penting untuk menghindari penyebaran infeksi ke berbagai bagian tubuh lain. Semakin lama gonore tidak diobati, maka risiko komplikasi semakin tinggi, termasuk penyebaran infeksi ke aliran darah yang sangat berbahaya.

Jangan mengonsumsi obat kencing nanah atau antibiotik tanpa konsultasi dokter. Karena pengobatan antibiotik yang kurang sesuai baik jenis maupun dosisnya dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi atau kekebalan bakteri terhadap antibiotik. Seharusnya obat kencing nanah diberikan setelah pemeriksaan medis, agar pengobatan dapat dilakukan dengan tepat dan optimal. Yang terutama, lakukanlah aktivitas seksual secara aman dan bertanggung jawab, baik kepada diri sendiri maupun pasangan.