Obat Nyeri Haid Alami untuk Pereda Rasa Sakit

Tamu bulanan yang datang kadang tidak sekedar merepotkan, tapi juga disertai rasa nyeri yang mengganggu. Atasi sakit ketika menstruasi dengan obat nyeri haid alami berikut ini.

Ketika sedang datang bulan, beberapa wanita ada yang mengalami rasa sakit, nyeri, atau kram di perut bagian bawah. Rasa sakit tersebut terkadang bisa menyebar hingga ke punggung atau paha. Nyeri haid normalnya dimulai pada hari pertama menstruasi dan berakhir setelah 48 atau 72 jam kemudian.

Obat Nyeri Haid Alami untuk Pereda Rasa Sakit - alodokter

Nyeri haid sebagian besar terjadi ketika dinding otot rahim bergerak dan menekan pembuluh darah yang ada di dekatnya. Ini membuat pasokan oksigen ke rahim terpotong. Tanpa oksigen, tubuh akan mengeluarkan zat kimia pemicu rasa sakit dan memproduksi prostaglandin. Prostaglandin ini membuat otot-otot rahim terus berkontraksi sehingga meningkatkan rasa sakit.

Terkadang, nyeri haid juga dapat disebabkan oleh kondisi medis seperti endometriosis, radang panggul, fibroid, atau adenomiosis. Selain itu, ada juga alat kontrasepsi yang bisa menyebabkan nyeri haid, terutama pada bulan-bulan pertama pemakaian. Sakit perut ketika sedang menstruasi bisa diredakan dengan berbagai obat nyeri haid alami yang bisa ditemukan dengan mudah di rumah.

Air hangat

Minum air membuat tubuh tetap terhidrasi dan membantu mencegah rasa nyeri, begah, atau kembung. Minum air hangat mampu meningkatkan aliran darah ke kulit dan melemaskan otot yang kram. Selain diminum, Anda juga bisa mandi air hangat atau menaruh air hangat ke dalam botol minum dan meletakkannya di bagian perut yang sakit.

Pijat

Memijat perut bagian bawah secara perlahan dapat membantu mengurangi rasa nyeri ketika menstruasi. Anda juga bisa berbaring terlentang sambil menaikkan kaki ke atas atau berbaring miring dengan menekuk lutut sebagai obat nyeri haid alami.

Makanan bergizi

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen atau makanan kaya akan vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B1, vitamin B-6, kalsium, dan magnesium diduga dapat mengurangi kram ketika menstruasi secara efektif. Hindari minuman beralkohol dan rokok karena bisa membuat kram menjadi semakin parah.

Olahraga

Nyeri bisa membuat penderita enggan beranjak dari tempat tidur. Namun ternyata, bergerak dan berolahraga justru bisa membuat rasa sakit menghilang. Ketika berolahraga, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang bekerja sebagai penghilang rasa sakit dan meningkatkan mood. Anda bisa mempraktikkan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, jogging, atau bersepeda.

Teh herbal

Minum teh herbal seperti teh chamomile, mint, raspberry, dan blackberry diduga dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang dan menghilangkan rasa cemas.

Aromaterapi

Satu penelitian menunjukkan bahwa menggosokkan minyak aromaterapi (mawar, lavender, sage) ke daerah yang sakit dapat meredakan kram menstruasi secara signifikan.

Selain dengan cara alami, meredakan sakit perut ketika menstruasi juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat nyeri haid seperti aspirin, acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen. Tentunya tidak melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Obat nyeri haid alami di atas bisa Anda coba untuk meringankan penderitaan yang bisa datang setiap bulan. Jangan segan-segan untuk segera mendatangi dokter terdekat apabila kram dan nyeri haid yang Anda derita terasa semakin parah, bertahan hingga menstruasi sudah selesai, dan tubuh menjadi demam.