Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Mengatasi Nyeri

Gigi berlubang yang terasa sakit dapat mengganggu aktivitas. Jika Anda mengalaminya, Anda tentu sangat membutuhkan obat sakit gigi berlubang untuk mengatasi rasa nyeri, misalnya obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) seperti Ibuprofen; obat pereda nyeri seperti asam mefenamat, Natrium Diklofenak, Naproxen Sodium, dan Cataflam; serta beberapa obat lainnya.

Sakit gigi bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Penyebab terjadinya sakit gigi berlubang adalah adanya plak dan bakteri. Di dalam mulut terdapat berbagai jenis bakteri. Makanan dan minuman yang tertinggal di gigi akan digunakan bakteri untuk bertahan hidup. Setelah memakannya, bakteri akan menghasilkan plak di mulut.

medication for cavities

Plak mengandung asam yang bisa melarutkan mineral pada lapisan enamel (email) gigi dan menyebabkan erosi pada gigi. Erosi ini menimbulkan lubang kecil pada lapisan enamel. Yang pada akhirnya bakteri bisa menembus lapisan gigi hingga menyerang saraf dan pembuluh darah. Dan akibatnya Anda akan merasakan sakit gigi parah, gigi sensitif, sakit saat menggigit, dan berbagai gejala lain yang menyertai gigi berlubang.

Obat untuk Sakit Gigi Berlubang

Sakit pada gigi berlubang terutama muncul setelah makan makanan manis atau minum minuman panas/dingin. Jika Anda mengalaminya, berikut ada beberapa jenis obat sakit gigi berlubang yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

  • Ibuprofen
    Ibuprofen dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang dan sakit gigi karena sebab lain. Dapat juga digunakan untuk penahan sakit pada migrain, sakit kepala, demam, rheumatoid arthritis, dan lainnya. Obat ini dapat Anda temukan dalam berbagai bentuk, seperti kapsul oral, suntik, obat tetes, dan tablet kunyah.
  • Paracetamol
    Paracetamol adalah obat pereda nyeri dan penurun panas. Obat ini juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang.
  • Asam Mefenamat
    Asam mefenamat dapat mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang dan sakit gigi karena sebab lain. Obat ini juga mengurangi peradangan yang ditimbulkan. Asam mefenamat memblokir produksi prostaglandin (yang menimbulkan rasa sakit pada tubuh) dan mengurangi peradangan dan nyeri yang Anda alami.
  • Natrium Diklofenak
    Sama seperti asam mefenamat, natrium diklofenak juga bekerja untuk memblok atau meminimalisir produksi prostaglandin. Obat ini dapat mengobati kondisi menyakitkan seperti arthritis, sakit gigi, dan nyeri setelah operasi bedah.
  • Naproxen Sodium
    Obat ini digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat sakit kepala, sakit otot, sakit gigi, dan kram menstruasi. Obat ini juga termasuk dalam golongan obat anti-inflamasi non steroid (OAINS).
  • Cataflam
    Obat ini berguna untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Mulai dari cedera olahraga, sakit gigi, kram menstruasi, dan sakit punggung.

Kendati rasa nyeri bisa diatasi dengan obat sakit gigi berlubang, namun gigi berlubang yang Anda alami harus segera mendapatkan penanganan dokter. Pengobatan untuk gigi berlubang tergantung pada seberapa parah kondisi gigi yang berlubang. Adapun perawatan dan pengobatannya meliputi:

  • Pengobatan dengan fluoride. Untuk membantu mengembalikan lapisan enamel gigi.
  • Tambalan. Penambalan gigi berlubang jika pembusukan sudah masuk ke lapisan yang lebih dalam.
  • Memasangkan mahkota gigi. Untuk menggantikan mahkota alami gigi.
  • Perawatan akar gigi. Perawatan yang dilakukan untuk kerusakan atau infeksi gigi yang sudah parah.
  • Pencabutan gigi. Dilakukan untuk gigi yang sudah tidak bisa dirawat lagi, satu-satunya jalan adalah pencabutan gigi.

Walaupun sekarang Anda sudah tahu apa saja obat sakit gigi berlubang, namun jangan lupa bahwa mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Biasakan menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride setelah makan atau minum, melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali, hindari terlalu sering mengemil yang dapat menyebabkan timbulnya plak dan dapat membuat gigi Anda berlubang, hindari makanan yang baik untuk gigi Anda (misalnya keripik, permen, dan biskuit yang dapat terjebak lama di gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang). Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat menghindari gigi berlubang.