Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Sebaiknya Orang Tua Berikan

Kerusakan pada gigi umumnya menjadi penyebab utama kemunculan rasa sakit di sekitar gigi, gusi, atau rahang. Sakit gigi jenis ini bisa menimpa siapa saja, baik dewasa maupun anak-anak. Berbeda dengan orang dewasa, obat sakit gigi untuk anak-anak lebih membutuhkan perhatian khusus.

Sakit gigi bisa terasa terus-menerus atau bisa juga timbul dan tenggelam, bisa juga terasa memburuk ketika malam hari tiba. Makanan dan minuman yang bersuhu panas atau dingin sebaiknya dihindari agar sakit gigi tidak memburuk.

obat sakit gigi untuk anak yang sebaiknya orang tua berikan - alodokter

Kemungkinan besar, sakit gigi akan diikuti dengan adanya pembengkakan pada gusi di sekitar gigi yang sakit. Selain itu, penderitanya bisa mengalami demam dan/atau sakit kepala. Tanda lainnya adalah kemunculan cairan yang terasa tidak sedap pada kasus gigi berlubang.

Apa Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Aman?

Jika Si Kecil yang mengalami sakit gigi, biasanya orang tua yang panik langsung mencari obat bebas untuk sakit gigi atau memeriksakannya ke klinik tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan banyak hal. Padahal, ada beberapa perawatan mandiri yang bisa dilakukan sebelum membawa anak ke dokter gigi.

Orang tua boleh saja memberikan pereda sakit seperti ibuprofen atau acetaminophen sebagai obat sakit gigi untuk Anak, namun selain itu masih ada yang lebih disarankan. Penanganan yang disarankan tersebut lebih dianggap sebagai bentuk perawatan mandiri dalam mengelola sakit gigi, yaitu:

  • Berkumur menggunakan air hangat. Lanjutkan dengan membersihkan sisa-sisa makanan atau plak yang terselip di antara gigi dengan memakai benang gigi.
  • Untuk memberikan efek mati rasa, oleskan minyak cengkeh pada kapas kecil dan tempelkan di gigi yang mengalami sakit.
  • Kompres pipi dengan air dingin jika sakit gigi yang timbul merupakan akibat trauma pada gigi.

Yang perlu diketahui adalah jangan pernah memberikan obat aspirin pada anak atau remaja karena obat ini meningkatkan risiko terjadinya sindrom Reye. Sindrom Reye adalah kondisi serius yang jarang terjadi yang ditandai dengan timbulnya pembengkakan di otak dan hati. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan aspirin pada anak.

Jika aneka perawatan di atas belum bisa meredakan sakit gigi Si Kecil, maka segera periksakan dirinya ke klinik gigi guna mendapatkan penanganan yang lebih spesifik. Beberapa tanda bahwa orang tua sebaiknya membawa anak menemui dokter gigi adalah ketika sakit gigi tidak kunjung mereda setelah dua hari lamanya. Dokter gigi juga sebaiknya menjadi pelabuhan untuk berkonsultasi ketika sakit gigi makin parah yang diikuti dengan munculnya demam, nyeri telinga, atau nyeri saat membuka mulut dengan lebar.

Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Menghindarkan anak-anak dari sakit gigi akan lebih mudah jika dibandingkan kepada orang dewasa sebab sebagian besar penyebab munculnya rasa nyeri ini adalah akibat kebiasaan buruk anak. Dengan kata lain, menanamkan kebiasaan baik dalam merawat kesehatan mulut akan lebih mudah dilakukan daripada fokus mencari obat sakit gigi untuk anak.

Beberapa cara di bawah ini adalah kebiasaan yang sebaiknya ditanamkan sejak dini guna mencegah hadirnya sakit gigi.

  • Gosok gigi teratur

Kebiasaan yang paling penting untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah menggosok gigi secara teratur. Jika hal ini tidak dilakukan, maka gigi akan menjadi pusat pertumbuhan plak. Plak sendiri adalah lahan yang ramah bagi bakteri untuk berkembang biak sehingga berpotensi menyebabkan infeksi dan gigi berlubang. Agar gigi makin bersih, lengkapi perawatan dengan flossing atau membersihkan gigi dengan benang gigi satu kali tiap hari.

  • Penuhi kebutuhan flouride

Flouride banyak ditemukan di dalam berbagai hasil alam, mulai dari air hingga beberapa sayuran tertentu. Jika memang diperlukan, mintalah resep dari dokter gigi untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung bahan tersebut. Sebagai pilihan pertama, berikan anak pasta gigi berflouride yang kini sudah banyak beredar. Namun, pastikan terlebih dahulu apakah pasta gigi tersebut cocok untuk Si Kecil.

  • Menjalani diet sehat

Mengonsumsi makanan sehat akan memberikan dampak baik yang signifikan bagi kesehatan gigi dan mulut Si Kecil. Usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula dan pati karena keduanya merupakan makanan kesukaan bakteri-bakteri jahat di mulut. Jika ada makanan yang terselip di antara gigi, sebaiknya segera bersihkan dengan benang gigi. Jadikan salad atau apel sebagai makanan penutup sebagaimana fungsinya sebagai pembersih gigi alami yang menyehatkan.

  • Kunjungi dokter gigi

Hal penting lainnya yang sebaiknya dilakukan adalah mengunjungi dokter gigi dua kali dalam setahun. Dokter gigi mampu memberikan peringatan dini ketika gigi mengalami masalah. Tindakan sedini mungkin dari mereka akan menghindarkan anak dari masalah yang lebih parah di masa mendatang.

Jika kebiasaan baik di atas sudah menjadi keseharian Si Kecil, maka kecil kemungkinan mereka mengalami masalah pada gigi. Jika sudah demikian, maka orang tua tidak perlu repot-repot mencari obat sakit gigi untuk anak, bukan?