Obat Tidur Alami Belum Tentu Lebih Aman

Obat tidur alami merupakan pilihan alternatif untuk mengatasi kesulitan tidur dan memperoleh tidur yang berkualitas. Obat tidur alami seringkali dimaksudkan sebagai obat herbal, suplemen, makanan atau minuman tertentu. Meski demikian, obat tidur alami belum tentu lebih aman.

Obat tidur alami banyak digunakan sebagai pemicu rasa kantuk dan mengatasi kesulitan tidur seperti insomnia. Obat ini sering dijadikan sebagai alternatif sebab obat tidur kimiawi dianggap menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

natural sleeping medicine_final

Pilhan Obat Tidur Alami

Beberapa obat tidur alami yang diharapkan dapat membuat penggunanya tertidur lelap, antara lain :

  • Kalsium

Asupan kalsium bisa diperoleh dari mengonsumsi susu. Minum segelas susu hangat sebelum tidur yang dapat membantu pembentukan melatonin di otak. Meski masih membutuhkan bukti klinis lebih lanjut, namun susu yang hangat juga memberikan suasana rileks dan menyenangkan untuk memejamkan mata.

  • Chamomile

Tanaman herbal ini sudah populer selama berabad-abad sebagai obat tidur alami, dengan kandungan zat antibakteri dan antiradang. Chamomile bisa diperoleh dalam bentuk bunga yang dikeringkan, dijadikan campuran teh, ekstrak cairan, obat salep, atau krim. Salah satu bentuk chamomile yang paling populer adalah teh chamomile untuk membantu tidur, dengan rasa pahit dan memberikan efek menenangkan.

  • Magnesium

Magnesium adalah mineral yang diketahui dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Magnesium bisa diperoleh dari almond, biji labu, bibit gandum, dan sayur-sayuran hijau terutama bayam. Hanya saja konsumsi suplemen magnesium sebaiknya dilakukan berdasarkan konsultasi dengan dokter. Magnesium dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius.

  • Melatonin

Melatonin dikenal sebagai hormon pengatur tidur. Sehingga pemberian melatonin tambahan dapat membantu tidur dan mengurangi insomnia. Melatonin bisa didapatkan melalui suplemen di apotik dan tidak membutuhkan resep khusus. Namun demikian, Anda dianjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter demi menghindari komplikasi.

  • Valerian

Valerian merupakan obat tidur alami jenis herbal yang paling dikenal dalam mengobati insomnia. Sejumlah penelitian membuktikan valerian membuat tidur lebih nyenyak, mempercepat kondisi mengantuk, dan memperbaiki kualitas tidur. Namun, suplemen valerian dipercaya hanya berkhasiat jika digunakan secara rutin dengan dosis tertentu.

  • L-theanine

L-theanine merupakan asam amino dalam teh hijau, yang dapat menenangkan dan membantu tidur lebih nyenyak pada malam hari. Hanya saja, L-theanine dalam teh dianggap tidak mencukupi membuat tidur nyenyak. Konsumsi suplemen mengandung L-theanine kemungkinan lebih manjur, namun sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Waspadai Efek Samping

Seperti obat kimiawi, obat tidur alami juga dapat menimbulkan efek samping. Bahkan konsumsi obat jenis ini harus lebih hati-hati. Obat tidur alami seringkali dianggap sebagai suplemen makanan, sehingga pengawasannya tidak terlalu ketat sebagaimana obat kimiawi pada umumnya.

Sejumlah suplemen obat tidur alami membutuhkan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter. Penggunaan obat tidur alami jenis herbal seperti tumbuh-tumbuhan mungkin kurang cocok dan membahayakan apabila dikonsumsi anak-anak atau lansia. Selain itu, ada pula risiko alergi dari tumbuh-tumbuhan herba tersebut, misalnya chamomile.

Suplemen atau obat herbal juga berisiko berinteraksi dengan obat lain yang dikonsumsi. Belum lagi, obat jenis ini seringkali belum ada standarisasi yang aman. Ditambah, banyak obat alami yang belum diketahui efeknya dalam penggunaan jangka panjang.

Coba lakukan perbaikan pola hidup untuk membantu tidur lebih nyenyak, dengan mengatur rutinitas harian, mencukupi asupan nutrisi secara seimbang, memperbanyak konsumsi air putih, hindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur, berolahraga secara rutin dan teratur, hindari stres, batasi konsumsi kafein dari kopi, teh dan soda, serta buatlah kondisi ruangan yang nyaman untuk tidur.

Penting untuk memahami kandungan dan khasiat obat tidur alami sebelum menggunakannya. Sebaiknya selalu konsultasikan kepada dokter mengenai manfaat dan risiko obat tidur alami demi mendapatkan solusi yang tepat.