Olahraga Saat Haid Menambah Nyeri? Baca Fakta Berikut!

Jangan takut melakukan olahraga saat sedang menstruasi. Para wanita pasti terkejut mengetahui beberapa fakta terkait olahraga dan menstruasi berikut.

Meski menstruasi merupakan kondisi alami yang pasti akan menyambangi kaum hawa, bukan berarti prosesnya sederhana. Banyak emosi, gangguan psikologis, dan suasana hati yang terlibat. Hal ini menimbulkan anggapan bahwa kita perlu berhati-hati saat mendekati masa haid.

olahraga saat haid menambah nyeri baca fakta berikut - alodokter

Hal lain yang juga muncul saat menstruasi adalah aneka gangguan fisik yang sering kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Mudah lelah, nyeri di payudara, jerawat, perut kembung, dan kram. Selain itu, nafsu makan yang muncul secara mendadak berupa rasa ngidam makanan tertentu juga biasa hadir.

Anda Salah Jika Berpikir Olahraga Saat Menstruasi Menambah Parah Gangguan Kesehatan

Gangguan kesehatan pada wanita saat menstruasi sering kali membuat mereka terpaksa absen bekerja atau bersekolah. Meski terkesan enak karena bisa terbebas dari rutinitas, namun berdiam diri di rumah sambil menahan sakit jelas bukanlah pilihan yang nikmat.

Beruntung, ada cara yang diprediksi efektif dalam mencegah rasa sakit ketika haid kian parah. Dan tahukah Anda bahwa jawaban untuk kondisi tersebut adalah bergerak aktif atau berolahraga? Kenapa kegiatan yang oleh sebagian besar dianggap dapat memperburuk gangguan nyeri haid justru bisa meredakannya?

Olahraga diprediksi mampu meredakan sakit yang sering diakibatkan oleh haid karena mampu membantu merilis hormon beta-endorfin. Hormon ini sering dikenal sebagai morfin alami manusia.

Salah satu gangguan yang paling sering terjadi pada wanita yang sedang menstruasi dan bisa diredakan oleh endorfin adalah kram. Endorfin menghasilkan efek pereda sakit atau analgesia. Selain itu, endorfin dapat membantu mempercepat memusnahkan prostaglandin yang menyebabkan kontraksi otot pada wanita haid.

Selain meredakan sakit yang biasa menyertai haid, olahraga saat menstruasi, seperti yoga, memiliki manfaat melepaskan stres dan memicu relaksasi. Peran penting lain dari olahraga adalah memperlancar aliran darah ke seluruh organ tubuh. Untuk yoga sendiri, dianjurkan untuk melakukan pose restoratif, yaitu pose yang menimbulkan ketenangan.

Beberapa bentuk olahraga saat menstruasi yang direkomendasikan selain yoga adalah senam aerobik.  Selain meningkatkan kekuatan jantung, latihan aerobik juga bermanfaat bagi kesehatan secara umum dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengoptimalkan oksigen.

Olahraga aerobik yang dapat dilakukan antara lain berenang, jalan cepat, dan bersepeda. Berenang dianggap baik sebagai pereda sakit saat menstruasi karena air berfungsi sebagai pemijat perut saat melakukan gerakan di dalam air. Selain itu, air juga dapat melemaskan sendi-sendi yang kaku, termasuk pada sendi-sendi di punggung belakang.

Namun ingatlah bahwa melakukan berbagai olahraga ini disarankan jangan hanya saat menstruasi saja. Upayakan untuk rutin berolahraga setidaknya tiga kali seminggu dengan durasi setengah jam.

Sekarang, para wanita bisa menghilangkan keraguan karena olahraga saat menstruasi justru dapat memperbaiki kondisi saat menstruasi.