Orang Tua Cerdas Harus Paham Alasan Bayi Menangis

Seperti orang dewasa, bayi memiliki berbagai kebutuhan. Sayangnya, mereka belum bisa berbicara, sehingga biasanya mereka akan mengungkapkan kebutuhan dan keinginannya dengan cara menangis.

Sebagai orangtua, Anda ingin melakukan apa saja agar bayi merasa nyaman. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan sesuatu agar bayi tenang kembali.

orangtua cerdas harus paham alasan bayi menangis - alodokter

Arti Tangisan Bayi

Sebelum memberi penanganan, Anda perlu tahu apa kebutuhan atau keinginan bayi yang membuatnya menangis meminta pertolongan.Jika bayi Anda menangis, terdapat kemungkinan dia merasa:

Tidak nyaman

Bayi menangis bisa saja karena merasa tidak nyaman. Ada juga tanda-tanda lainnya, selain menangis,dia bisa melengkungkan tubuhnya.Jika diperhatikan, sebenarnya dia berlaku demikian untuk menjauhi sesuatu yang membuatnya tidak nyaman. Cobalah periksa, mungkin pakaiannya basah terkena pipis atau dia merasa kedinginan.

Kelelahan

Jika bayi Anda tampak tidak tertarik kepada mainan atau orang lain, tidak seaktif biasanya, atau menguap, berarti dia lelah dan perlu tidur. Anda dapat membaringkannya dibox bayi atau tempat tidurnya agar merasa tenang dan mulai beristirahat.

Terganggu oleh keadaan sekitarnya

Bayi bisa merasa terganggu jika berada dalam suasana yang terlalu ramai, suhu ruangan yang terlalu panas atau dingin, terlalu banyak orang yang mengajak bermain, atau mendengarkan musik yang terlalu keras. Bawalah bayi Anda ke tempat yang tenang karena dia mungkin memerlukan suasana yang santai dan damai. Anda juga dapat memutarkan musik yang tenang untuk membuatnya merasa nyaman.

Kesepian atau bosan       

Bayi pun dapat merasa kesepian. Kadang-kadang dia menangis hanya karena ingin mendengar suara atau merasakan pelukan Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menggendong dan memeluknya, atau mengusap-usap punggungnya ketika dia masih berbaring di tempat tidurnya.

Berdiam pada posisi yang sama selama lebih dari 20 menit dapat membuat bayi merasa bosan. Bayi ingin berpindah atau berganti posisi, ingin melihat suasana lain, atau ingin menyentuh sesuatu yang lain. Bayi mengungkapkannya dengan menangis. Anda pun dapat memenuhi keinginan bayi dengan cara membawanya ke tempat lain.

Takut

Ada kecenderungan bayi takut pada orang yang baru dilihatnya. Ketika dia menangis ketika sedang dalam gendongan orang lain, seperti teman atau kerabat Anda,berarti bayi Anda merasa takut. Anda bisa mengambil bayi Anda kembali dari gendongan orang lain. Selanjutnya, perlahan-lahan perkenalkan bayi dengan teman-teman Anda agar selanjutnya tidak merasa takut lagi.

Sakit

Anda harus waspada jika bayi terus menerus menangis. Salah satu penyebabnya, mungkin dia merasa ada yang sakit. Sebaiknya Anda periksa keadaannya, agar jika memang ada yang berbahaya, Anda bisa secepatnya membawa ke rumah sakit.

Kemungkinan Bayi Mengalami Kolik

Kolik adalah keadaanketika bayi menangis terus-menerus. Dalam sehari, bayi bisa menangis selamatiga jam. Keadaan ini bisa berlangsung tiga kali dalam seminggu atau lebih.

Belum ada ahli medis yang berhasil mengetahui penyebab kolik,namun ada satu penelitian yang menyimpulkan bahwa kondisi ini adalah cara bayi dalam mengungkapkan perasaannya setelah mengalami sesuatu yang belum pernah dialami sebelumnya.

Ada juga ahli medis yang berpendapat bahwa kolik pada bayi diakibatkan oleh kram perut yang pada akhirnya menyebabkan sakit perut. Sayangnya, belum ada penanganan yang tepat selain menghibur bayi Anda sampai dia bisa tenang kembali.

Perhatikan Diri Anda Juga

Anda mungkin mengalami frustrasi karena mengurus bayi yang sering menangis. Maka dari itu, Anda tidak boleh lupa dalam memerhatikan diri sendiri juga agar fisik dan mental tetap sehat. Lakukan hal ini jika Anda merasa lelah dalam menangani bayi yang menangis.

Makan dan istirahat cukup

Merawat bayi membutuhkan kekuatan fisik dan mental. Upayakan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan lakukan olahraga secara teratur. Selain itu, istirahat pun harus cukup. Triknyaadalah jika bayi Anda tidur, Anda dianjurkan untuk ikut tidur.

Minta bantuan orang lain

Jika Anda lelah menghadapi bayi yang sering menangis, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain untuk bergantian merawat bayi. Orang lain itu bisa suami atau anggota keluarga yang lain. Sementara itu, Anda bisa beristirahat dahulu.

Hubungi dokter

Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter jika bayi Anda menangis terus-menerus dan disertai ketidakinginan untuk makan, tidur, bermain, atau beraktivitas seperti biasanya.

Menangani bayi menangis memang penuh dengan tantangan, tapi akan mudah untuk dijalani asalkan Anda sudah memahami caranya. Anda tidak perlu khawatir, masa-masa bayi sering menangis hanya terjadi selama 6-8 minggu. Setelah itu kebiasaan tersebut akan terus berkurang.