Pahami Cara Kerja Jantung untuk Mengantisipasi Risiko Gangguan

Jantung adalah organ vital yang berperan dalam hampir semua kejadian di tubuh kita. Agar seluruh organ berfungsi dengan baik, diperlukan aliran darah yang sarat dengan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jantung bertugas menyalurkan darah dalam jumlah serta kecepatan yang memadai sehingga seluruh organ berfungsi secara normal. Ada baiknya bagi kita untuk memahami bagaimana cara kerja jantung yang sehat guna bisa mengetahui adanya kelainan pada jantung kita.

Jantung merupakan sekumpulan otot dengan bagian kosong di tengah berukuran sebesar kepalan orang dewasa. Organ ini berada di sebelah kiri tulang dada. Berat rata-rata jantung wanita adalah 255 gram, sedangkan ukuran jantung pria sekitar 300 gram. Tiap harinya, jantung memompa sekitar 7500 liter darah ke seluruh tubuh.

Pahami Cara Kerja Jantung untuk Mengantisipasi Risiko Gangguan - alodokter

Selain sebagai organ vital, jantung juga menjadi pusat dari sistem peredaran darah. Sistem ini terdiri dari jaringan pembuluh darah, seperti pembuluh nadi (arteri), pembuluh balik (vena) dan pembuluh kapiler. Pembuluh darah tersebut membawa darah dari seluruh tubuh dan ke seluruh tubuh.

Seperti Apa Cara Kerja Jantung Kita?

Saat mengedarkan darah, ada empat ruang yang terlibat di dalam prosesnya, yaitu serambi (atrium) kanan dan kiri di bagian atas jantung, serta bilik (ventrikel) kanan dan kiri di bagian bawah jantung. Keempat ruang itu berfungsi sebagai pompa pada dua sisi. Sisi kanan dan kiri dari jantung dipisahkan dinding otot yang disebut septum. Serambi kanan berfungsi menerima darah yang minim akan oksigen setelah diedarkan dari seluruh tubuh untuk dipompa ke bilik kanan. Selanjutnya, bilik kanan mengedarkan darah yang sudah mengandung sedikit oksigen tersebut ke paru-paru. Di dalam paru-paru inilah darah akan terisi oksigen kembali. Ruang serambi kiri menerima darah yang sarat oksigen dari paru-paru untuk kemudian dipompa ke bilik kiri. Ruang yang paling tebal ini bertugas paling berat karena bilik kiri harus memompakan darah ke seluruh tubuh.

Kerja empat ruang jantung ini juga dilengkapi empat katup yang memisahkan masing-masing ruang. Fungsi katup jantung ini adalah menjaga darah melaju terus melewati ruang-ruang di jantung dan mencegahnya mengalir kembali ke ruang sebelumnya. Keempat katup tersebut adalah katup trikuspid yang membuat darah mengalir dari serambi kanan ke bilik kanan. Katup pulmonal membuka aliran darah dari jantung ke paru-paru sehingga mendapat lebih banyak oksigen. Sedangkan katup mitral adalah katup yang membuka aliran darah sehingga mengalir dari serambi kiri ke bilik kiri jantung serta katup aorta yang membuka aliran darah meninggalkan jantung untuk dipompa ke seluruh tubuh.

Jantung bekerja dalam dua tahap untuk mendorong darah mengalir ke seluruh tubuh.

Jantung berkontraksi - sistole

Ruang atas (serambi) berkerut dan mendorong darah ke ruang bawah (bilik). Darah dipompa dari serambi kanan ke bilik kanan di bawahnya. Pada waktu yang sama, dari serambi kiri ke bilik kiri. Tahap kedua dari cara kerja jantung adalah ruang bawah mendorong darah keluar dari jantung ke seluruh tubuh atau menuju paru-paru guna kembali terisi oksigen.

Jantung relaksasi - diastole

Setelah berkontraksi, jantung kemudian mengendur atau disebut diastole. Darah kemudian mengisi jantung kembali, lalu seluruh proses tersebut akan berulang kembali dalam hitungan detik.

Pada umumnya, sebagian besar manusia memiliki detak jantung sebanyak 72 kali dalam satu menit. Hal ini dapat berbeda-beda tergantung kepada tingkat kebugaran, usia latihan dan kesehatan pada umumnya. Tiap denyut jantung dipacu oleh sekelompok sel di dalam jantung yang berkemampuan menimbulkan sinyal listrik terus-menerus sehingga denyut menyebar ke seluruh jantung dan menyebabkan kontraksi. Alat pacu terbesar alami di jantung bernama nodus sinoatrial (SA node) yang terletak di serambi kanan.

Meminimalkan Risiko Penyakit Jantung dengan Pemeriksaan Rutin

Gangguan pada jantung bisa muncul di bagian jantung mana pun, dari dinding otot jantung, katup jantung hingga masalah dengan alat pacu jantung. Gangguan lain berupa pembuluh nadi tidak bisa memasok cukup darah ke jantung akibat terhambat oleh kumpulan zat lemak yang disebut ateroma. Biasanya, gejala muncul saat berolah raga atau melakukan kegiatan berat berupa nyeri dada yang disebut angina. Saat pembuluh nadi koroner tersumbat sepenuhnya dan tidak ada pasokan darah atau oksigen yang mencapai otot jantung, hal inilah yang akan menyebabkan serangan jantung. Gejalanya juga ditunjukkan dengan kemunculan rasa sakit dada karena otot jantung yang mendapat pasokan darah dari pembuluh nadi tersebut telah mati.

Akibat dari serangan jantung bisa bervariasi, tergantung kepada otot jantung yang diserang dan seberapa parah serangan tersebut. Seorang pasien bisa saja mengalami kesembuhan total seperti sebelum terjadi serangan, setelah mendapatkan penanganan. Namun pada kondisi yang parah, seorang penderita serangan jantung juga berisiko mengalami kematian mendadak.

Menjalani pola hidup sehat harus dibiasakan dari sekarang. Makanan yang sehat dan berolahraga secara rutin adalah dua hal yang wajib dilakukan agar jantung tetap sehat. Selain itu, hindari rokok, alkohol dan garam. Ditambah lagi, kini setelah memahami cara kerja jantung, kita bisa lebih mengantisipasi munculnya gangguan terhadap organ utama penunjang kehidupan ini. Jika kita merasakan adanya gangguan pada jantung, sebaiknya segera temui dokter untuk menjalani pemeriksaan secara menyeluruh.