Pahami Gejala Awal Kehamilan Agar Anda Tidak Salah Tebak

Gejala kehamilan bisa berbeda-beda antara wanita yang satu dengan yang lain. Mudah lelah, mual, dan muntah adalah sebagian gejala awal kehamilan yang umum terjadi dan kerap dirasakan.

Meski demikian, ada banyak penyebab lain yang membuat Anda mengalami kondisi-kondisi yang mirip dengan gejala awal kehamilan. Untuk memastikan gejala ini sebagai tanda kehamilan atau bukan, Anda tetap diharuskan untuk menjalani tes kehamilan.

gejala awal kehamilan - alodokter

Di satu sisi, ada sebagian wanita yang langsung mengira dirinya hamil begitu merasakan gejala-gejala seperti ini. Tetapi pada sisi yang berbeda, sebagian besar lainnyajustru tidak menyadari kehamilannya. Agar lebih jelas mengenali gejala awal kehamilan, Anda bisa membaca tanda-tanda lain yang kerap dirasakan wanita ketika mulai hamil di bawah ini.

Suasana hati yang berubah-ubah

Pada saat mulai hamil, suasana hati bisa berubah-ubah. Hal ini terkait oleh adanya perubahan hormon. Gejala ini dianggap biasa terjadi, terutama pada trimester pertama. Jangan terkejut ketika Anda mengalaminya karena Anda bisa menjadi sangat mudah untuk menangis atau marah.

Sakit kepala

Sakit kepala termasuk salah satu gejala awal kehamilan. Hal ini salah satunya juga dipicu oleh adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Jenis sakit kepala yang kerap dirasakan oleh wanita yang tengah hamil adalah sakit kepala ringan, tetapi sering terjadi.

Payudara bengkak

Setelah terjadi pembuahan, kadar hormon di dalam tubuh pun berubah. Salah satu akibatnya adalah terjadinya perubahan pada payudara. Payudara wanita yang hamil kemungkinan akan membesar, terasa lebih penuh, sakit, dan ciri-ciri lainnya adalah menghitamnya daerah areola atau sekitar puting.

Kram dan perdarahan

Wanita yang baru saja hamil kadang-kadang mengalami kram pada bagian bawah perut. Kram yang dialami ini akan mirip ketika haid. Itu sebabnya sebagian wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya mulai hamil. Hal ini disebabkan adanya aktivitas di rahim, yaitu menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim. Selain itu, ada kemungkinan Anda mengalami perdarahan implantasi, yaitu perdarahan yang hanya berupa bercak-bercak yang terjadi pada hari keenam hingga kedua belas setelah pembuahan.

Siklus haid terhenti

Kebanyakan wanita mencurigai dirinya hamil setelah menyadari haid yang tak kunjung datang. Namun, jangan terkecoh, sebab banyak juga kelainan yang menyebabkan terhenti atau tertundanya haid. Perubahan berat badan yang signifikan, konsumsi pil kontrasepsi, dan mengalami stres adalah beberapa alasan yang memungkinkan haid menjadi tidak teratur.

Reaksi terhadap makanan sangat berbeda

Ada dua reaksi Anda terhadap makanan, ketika mulai hamil. Anda bisa sangat tidak menyukai makanan tertentu atau bisa sangat menginginkan makanan tertentu, yang biasa disebut dengan mengidam. Kedua gejala awal kehamilan yang sudah biasa terjadi ini berhubungan dengan perubahan hormon.

Lebih sering pipis

Anda merasa lebih sering pipis, baik di siang hari maupun ketika jam tidur malam? Ada kemungkinan itu merupakan gejala awal kehamilan. Kondisi hamil membuat tubuh memprosescairan lebih banyak. Cairan ini dibuang melalui kandung kemih. Oleh karena itu, Anda pun menjadi sering pipis.

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala awal kehamilan seperti di atas, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebelumnya Anda juga dapat melakukan tes awal kehamilan menggunakan testpack.