Pakai Baju Menyusui agar Ibu Nyaman Memberikan ASI di Tempat Umum

Banyak ibu yang memilih tidak menyusui saat bepergian sambil membawa bayi karena merasa repot untuk membuka dan menutup pakaian, terutama di tempat umum. Padahal sebenarnya kini sudah banyak tersedia baju menyusui dengan desain trendi yang memudahkan ibu memberikan ASI, terutama saat bepergian.

Menyusui bayi secara langsung bermanfaat menciptakan hubungan yang kuat antara ibu dan Buah Hati. ASI yang diberikan pada bayi berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga dia lebih tidak jarang sakit dan meningkatkan level kecerdasan. Sementara untuk ibu, menyusui dapat menurunkan berat badan karena membakar kalori lebih. Ibu yang menyusui juga diduga lebih tidak berisiko mengidap kanker rahim dan kanker payudara.

 baju menyusui-alodokter

Baju menyusui umumnya berciri-ciri utama adanya bukaan di depan, khususnya dada, sehingga memudahkan ibu mengeluarkan payudara. Bukaan ini biasanya diakses dengan sekadar menyibakkan bagian tertentu dari pakaian, ataupun membuka tutup kancing atau ritsleting. Biasanya bentuk baju menyusui ini tidak ketat meski beberapa berbahan kaos sehingga bagian dada tidak terekspos. Bentuk baju yang longgar juga untuk mengakomodasi kebutuhan ibu pasca persalinan yang belum percaya diri karena bentuk tubuh yang belum kembali seperti semula. Baju menyusui juga dipilih karena ibu tidak perlu membuka atasannya hingga ke dada, mencegah perut terbuka saat menyusui.

Berikut beberapa tips sederhana dalam memilih baju menyusui agar ibu dapat menyusui dengan nyaman sambil tetap tampil gaya.

  • Mencari tahu berbagai model baju menyusui di dunia maya. Kini baju menyusui sudah banyak tersedia di berbagai toko online dengan berbagai model dan motif.
  • Pilih yang bahannya ringan, menyerap keringat, dan tidak panas seperti katun dan poly spandex. Bahan pakaian yang kasar berisiko membuat bayi tidak nyaman.
  • Pilihlah model pakaian yang tetap dapat dikenakan meski Anda sudah tidak menyusui.
Selain itu, terdapat perlengkapan lain yang juga perlu menjadi sarana pelengkap baju menyusui, yaitu:
  • Bra menyusui

Membesarnya ukuran payudara saat menyusui membuat ibu belum dapat mengenakan bra yang biasa dikenakan sebelum hamil. Bra menyusui lebih nyaman untuk dipilih karena selain tidak seketat bra biasa, bra jenis ini memudahkan ibu dalam memberikan ASI kepada bayi. Bra menyusui umumnya memiliki bukaan pada cup yang dapat dibuka tutup dengan mudah.

  • Breast pads

Ibu menyusui kadangkala mengalami ASI bocor, yaitu ketika ASI yang tidak tertampung merembes mengenai pakaian. Breast pads adalah sarana untuk menjaga agar rembesan ASI ini tidak sampai mengenai pakaian luar. Bahan ini berupa lapisan kain kecil yang dimasukkan ke cup bra. Benda ini ada yang dapat dicuci dan dipakai ulang, serta ada juga yang hanya sekali pakai. Jika volume kebocoran ASI banyak, breast pads ini sebaiknya sering diganti untuk mencegah iritasi dan infeksi.

  • Celemek menyusui.

Beberapa ibu merasa lebih nyaman menutupi bayinya dengan kain saat sedang menyusui. Kini telah tersedia banyak celemek menyusui yang dapat dikalungkan pada leher ibu sehingga Anda lebih nyaman menyusui bayi terutama di tempat umum. Celemek ini juga dapat digantikan dengan selendang gendongan, selimut tipis, atau scarf.

Memang tidak semua tempat bisa terasa nyaman bagi ibu untuk menyusui bayinya. Asap rokok, kebersihan, kebisingan, dan penuhnya orang, membuat sebagian besar ibu enggan untuk membawa bayi keluar rumah. Sebelum bepergian atau janji berjumpa dengan teman atau rekan, Anda bisa mencari tahu lebih dulu mengenai tempat-tempat, seperti kafe, yang bersahabat bagi ibu untuk menyusui.

Selain itu, di masa menyusui ini, ada baiknya untuk mengajak suami, kerabat, atau teman Anda saat bepergian karena bayi yang sewaktu-waktu ingin menyusu di tempat umum dapat membuat Anda sedikit kerepotan.