Panduan Menyajikan Buah untuk Bayi 6 Bulan

Setelah hanya mendapatkan asupan nutrisi dari ASI atau susu formula, kini di usia enam bulan, bayi mulai membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Selain sayur, buah untuk bayi 6 bulan menjadi pilihan alami yang kaya vitamin.

Pada usia enam bulan, tubuh bayi mulai dapat menyangga kepalanya sendiri, dapat mengatur gerakan lidahnya sendiri, serta terlihat mulai tertarik dengan makanan yang ada di piring Anda atau orang dewasa lain. Tanda-tanda ini menujukkan bahwa bayi mulai dapat menerima makanan selain susu. Namun, tentu saja makanan padat bayi 6 bulan berbeda dengan makanan untuk orang dewasa.

buah bayi 6 bulan-alodokter

Buah, Pilihan Tepat Bernutrisi

Seiring dengan kemampuan makan yang perlu ia kuasai, bayi 6 bulan dapat mengonsumsi bubur atau makanan yang dilembutkan. Bubur bayi yang dijual dalam kemasan di supermarket, umumnya telah kehilangan nutrisi dan vitamin, serta mendapat tambahan perasa dan pengawet. Oleh karenanya, buah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diberikan pada bayi 6 bulan.

Selain itu, buah-buahan juga lebih tidak berisiko mendatangkan alergi bagi bayi. Sementara bahan lain seperti susu formula, susu sapi, kacang-kacangan, bawang, gandum, dan beberapa jenis sayuran perlu diujicobakan untuk alergi lebih dulu sebelum diberikan sepenuhnya. Ada baiknya bahan-bahan yang berisiko memicu alergi ini diberikan setelah bayi 8 bulan.

Beberapa buah untuk bayi 6 bulan yang dapat diberikan antara lain:

  • Pisang adalah buah yang kaya serat dan potasium yang lembut untuk pencernaan bayi. Meski demikian, hindari memberikannya secara berlebih agar bayi tidak mengalami konstipasi.
  • Alpukat yang teksturnya disukai bayi ini baik untuk perkembangan fisik dan otak Si Kecil.
  • Blueberry dan buah bit kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Pengolahannya dapat dipadukan dengan sereal untuk menarik perhatian bayi.
Jika memungkinkan, pilih buah organik untuk menghindari risiko pestisida. Beberapa buah lain seperti pepaya bersifat lebih asam dibanding buah lain, sehingga disarankan untuk diberikan pada usia 7 bulan ke atas. Pada usia tersebut, enzim-enzim pada pepaya dapat bermanfaat mengatasi konstipasi pada bayi.

Buah-buahan di atas juga dapat dipadukan agar bayi mendapat berbagai rasa dan nutrisi berbeda. Namun sebelum memadukannya, coba berikan satu jenis buah lebih dulu untuk mendeteksi kemungkinan alergi.

Di bawah ini adalah contoh resep paduan buah untuk bayi 6 bulan.

Bubur apel dan pir

Bahan: 1 apel dan 1 pir matang.

Cara pengolahan:

  • Potong dadu apel dan pir sesuai ukuran yang dapat digigit bayi.
  • Kukus potongan buah dalam panci steamer. Panaskan panci lebih dulu hingga mendidih. Kemudian kukus apel lebih dulu sekitar 2 menit, kemudian masukkan potongan pir.
  • Kukus dengan api sedang kurang lebih 10 menit.
  • Angkat buah dan anginkan. Pindah ke dalam blender atau food processor.
  • Proses hingga lembut dan menjadi bubur.
  • Tambahkan ASI atau susu formula jika diiinginkan.

Bubur pisang dan mangga

Anda bisa menggunakannya bersamaan atau satu per satu. Pilih dan kupas mangga dan/atau pisang yang sudah matang. Potong dadu, kemudian blender. Olah hingga menjadi bubur buah yang lembut. Tambahkan ASI atau susu formula jika dibutuhkan.

Jika tidak habis dalam sekali makan, bubur buah ini dapat disimpan dalam wadah kedap udara di dalam mesin pendingin. Bubur buah dapat bertahan hingga sekitar tiga hari. Untuk memudahkan penyajian kemudian, Anda dapat menyimpan bubur ini dalam cetakan es batu untuk takaran sekali saji.

Hal yang utama adalah bayi diperkenalkan pada berbagai tekstur dan rasa buah yang berbeda. Langkah ini nantinya dapat membuat anak Anda gemar mengonsumsi berbagai jenis makanan. Buah untuk bayi 6 bulan kemudian dapat disajikan bergantian dengan sayuran. Tidak apa jika dia menolak untuk mengonsumsi beberapa jenis buah atau sayur.

Hindari menjadikan waktu makan sebagai aktivitas yang mendatangkan stres bagi bayi. Jika ia menolak makan buah tertentu, Anda bisa mencobanya di lain hari. Kalau ia menunjukkan ekspresi tak suka saat mencoba makanan, tidak selalu berarti bahwa ia tidak suka buah yang ditawarkan. Bisa jadi ia sedang mencerna dan terkejut dengan rasa baru.

Perlu diingat juga bahwa bayi yang baru mulai mencoba makanan padat hanya memerlukan 1–2 sendok makanan. Jangan mengharapkannya makan dalam porsi banyak sekali makan. Jangan lupa di usia 6 bulan ia masih perlu mendapatkan nutrisi juga dari ASI. Selamat mencoba panduan menu buah untuk bayi 6 bulan di atas, dan jika perlu, konsultasikan pilihan makanan padat bayi kepada dokter anak Anda.