Para Suami, yuk, Bantu Istrimu Atasi Bad Mood yang Hadir saat Hamil

Suasana hati istrimu saat hamil bisa lebih sensitif dan perasa. Istrimu mungkin dapat mudah tersinggung dengan ucapanmu yang biasa saja, menangis atau marah-marah tanpa sebab yang jelas. Ya, semua itu wajar, kok, dialami oleh ibu hamil.

Istrimu dapat mengalami suasana hati yang buruk atau bad mood ketika usia kehamilannya memasuki trimester pertama. Namun, dia mungkin sudah mulai bisa mengontrol suasana hatinya saat trimester kedua kehamilannya.

Para Suami, Yuk, Bantu Istrimu Atasi Bad Mood yang Hadir saat Hamil

Salah satu faktor yang bisa membuat istrimu mengalami bad mood yaitu hormon. Di saat hamil, hormon estrogen dan progesteron di darahnya meningkat secara signifikan. Hal ini bisa memengaruhi neurotransmiter, bahan kimia di otak yang mengatur suasana hati.

Selain hormon, faktor lainnya antara lain:

  • Stres.
  • Kelelahan.
  • Perubahan metabolisme.
  • Ketidaknyamanan yang timbul saat hamil seperti morning sickness, nyeri payudara atau pegal-pegal.
  • Memikirkan beberapa hal yang bisa membuatnya resah seperti apakah dia bisa menjadi orang tua yang baik, apakah bayinya akan lahir sehat, atau bagaimana rasanya melahirkan.

Nah, sebagai suami yang baik, bantulah istrimu mengatasi perubahan suasana hatinya yang meledak-ledak dan tak terkendali itu. Begini caranya:

  • Ajak dia ngobrol. Di saat suasana hatinya seperti ini, salah satu cara terbaik untuk mengembalikan mood baiknya adalah dengan mengajaknya ngobrol. Atau kamu bisa buka sesi untuk dia mencurahkan segala pikiran yang ada di hatinya (curhat). Selama dia curhat, jadilah teman bicara yang baik. Jangan mengkritisi perubahan sikapnya karena itu bisa membuatnya merasa tidak dimengerti. Dengarkan saja segala keluh-kesahnya.
  • Pastikan dia tidur cukup. Suasana hati sulit untuk dikendalikan ketika dia kelelahan atau kurang tidur. Jadi, pastikan dia beristirahat dengan cukup. Jika dia tidak bisa nyenyak saat tidur malam, ingatkan dia untuk mencoba tidur pada siang hari.
  • Senangkan dia. Lakukan hal-hal yang bisa membuatnya senang seperti mengajaknya jalan-jalan atau liburan, nonton film di bioskop, makan malam di restoran romantis, atau mengajaknya melakukan hal apa pun yang dia suka. Kegiatan menggembirakan ini bisa membuatnya terlepas dari stres, lho!
  • Temani istrimu berolahraga. Ajak istrimu untuk berolahraga karena aktivitas ini bisa menjadikan suasana hatinya lebih baik. Cukup lakukan olahraga yang ringan seperti lari pagi atau jalan-jalan santai pada sore hari. Berenang atau mengantarnya mengikuti kelas yoga untuk ibu hamil juga bisa kamu lakukan.
  • Berikan sentuhan kehangatan untuknya. Selain mengikis bad mood-nya, pijatan darimu bisa membuat hubungan kalian makin hangat, lho! Istri juga merasa diperhatikan dan disayang olehmu. Selain pijatan, kamu juga bisa bermesraan dengannya seperti mencium dan memeluknya.

Jika bantuanmu tetap tidak bisa membuatnya lebih tenang atau dia masih mengalami bad mood selama lebih dari dua minggu,  kamu bisa membawa istrimu ke tangan profesional.