Pelajari Cara Memperbesar Otot Lengan supaya Bisa Terlihat Kuat

Cara memperbesar otot lengan berarti melatih lengan dengan tujuan menguatkan otot pada area tersebut. Lengan yang berotot akan memberikan kesan bahwa Anda tampak gagah, hebat, dan memiliki daya tahan tubuh di atas rata-rata.

Lengan memiliki banyak otot besar. Otot itulah yang membantu kita melakukan berbagai pekerjaan, mulai dari yang seringan mengetik keyboard sampai yang seberat menggendong anak. Otot ini ada yang dapat langsung terlihat, ada juga yang tidak.

cara memperbesar otot lengan - alodokter

Jenis-Jenis Otot Lengan

Sebelum mengetahui cara memperbesar otot lengan, ada baiknya jika Anda mengenal otot-otot yang terdapat pada lengan, berikut ini:

Bisep

Dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama otot biceps brachii. Otot besar ini memanjang dari lengan atas hingga ke siku, di atas tulang humerus.

Trisep

Dikenal dengan nama triceps brachii. Letaknya di belakang lengan atas. Otot inilah yang memungkinkan kita melakukan gerakan meluruskan lengan.

Brakioradialis

Letaknya di bagian atas lengan bawah, dekat siku. Otot ini membuat kita mampu membuat gerakan memutar lengan bawah ke dalam atau ke luar.

Ekstensor karpi radialis longus

Termasuk salah satu dari lima otot utama pada lengan. Letaknya bersebelahan dengan brakioradialis. Anda bisa merasakan adanya otot ini ketika mengepalkan tangan, otot ini menonjol keluar dari kulit. Otot inilah yang membuat kita bisa menggerakkan pergelangan tangan ke semua arah.

Deltoid

Sebenarnya deltoid adalah bagian dari otot bahu. Otot ini yang berperan dalam sebagian besar gerakan bahu sehingga juga memungkinkan lengan melakukan gerakan yang lebih luas.

Latihan untuk Memperbesar Otot Lengan

Banyak orang yang ingin tampil dengan otot lengan yang besar. Apabila Anda adalah salah seorang di antaranya, segera simak cara memperbesar otot lengan di bawah ini.

Curl

Cara paling terkenal untuk meningkatkan ukuran bisep disebut curl. Curl adalah teknik membangun massa otot bisep. Curl dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu barbel, dumbel, atau mesin. Pilih beban yang beratnya sesuai dengan kemampuan Anda.

Lakukan angkat beban sebanyak 8-12 kali. Tanda bahwa beban tersebut sesuai dengan kemampuan Anda adalah pada saat mengangkat barbel atau dumbel, siku tidak ikut bergerak. Pastikan siku Anda benar-benar tidak ikut bergerak dan berada di sisi badan. Jika siku masih bergerak, kurangilah beban Anda agar dapat melakukan gerakan dengan benar.

Close-gripbench

Lakukan latihan ini untuk melatih bisep sekaligus trisep Anda. Caranya, berbaringlah di tempat yang datar. Pegang barbel dan posisikan kedua tangan berjarak kurang lebih 45 cm. Angkat barbel, lalu turunkan. Ulangi gerakan seperti ini sebanyak 8-12 kali. Pada saat mengangkat barbel, pastikan siku tetap dekat dengan tubuh dan pergelangan tangan lurus. Tarik napas ketika menurunkan barbel dan hembuskan keluar ketika mengangkatnya.

Hand grippers

Adalah alat untuk memperkuat tangan dan lengan. Alat ini berukuran kecil dan muat dalam genggaman. Cara menggunakannya adalah digenggam dengan keras, lalu dikendurkan, secara berulang-ulang. Berlatih menggunakan hand grippers dapat membantu memperkuat tangan, sehingga Anda akan lebih kuat dalam membuka botol, menjinjing tas berisi barang belanja, bahkan adu panco.

Push up

Mungkin selama ini Anda tidak mengira bahwa melakukan gerakan push up adalah salah satu cara memperbesar lengan. Ketika melakukan gerakan ini, otot-otot lengan akan mengalami tekanan sehingga membuatnya menjadi lebih kuat dan besar.

Selain melakukan latihan rutin seperti di atas, jangan sampai lupa bahwa cara memperbesar otot lengan juga ditentukan oleh upaya tubuh dalam mempertahankan massa otot. Hindari sarcopenia atau menghilangnya massa otot karena bertambahnya usia dengan cara yang paling baik, yaitu berolahraga secara teratur.