Pemberian Obat Bisul untuk Anak Perlu Didukung Perawatan di Rumah

Jika anak Anda mengalami bisul, bisa segera diobati dengan obat bisul pada umumnya dari apotek. Tidak perlu cemas karena obat bisul untuk anak pada dasarnya sama dengan obat untuk dewasa. Apabila tidak segera diobati, bisul akan membesar, bernanah, dan bisa menyakitkan. Bahkan, setelah beberapa hari, kemungkinan bisul akan pecah dan nanah akan keluar.

Masalah tidak berhenti begitu saja. Nanah di dalam bisul berpotensi masuk ke dalam aliran darah, lalu menyebabkan infeksi pada organ lainnya. Meski dianggap jarang, namun jika hal ini sampai terjadi, bagian lain yang terinfeksi bisa mengalami gangguan serius, misalnya gangguan pada tulang atau gangguan pada otak.

obat bisul untuk anak - alodokter

 

Bisul adalah infeksi kulit yang bisanya terjadi pada folikel rambut atau kelenjar minyak. Umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Pada kemunculan awal, bisul hanya tampak seperti kulit yang kemerahan dengan tekstur yang masih lembut. Awalnya membentuk benjolan kecil, namun lama-kelamaan akan berkembang. Warnanya pun menjadi putih karena mulai terkumpul nanah di balik kulit. Kondisi ini terjadi mulai hari keempat hingga ketujuh.

Tidak Memandang Usia, Siapa Pun Bisa Mengalami Bisul

Siapa saja dapat mengalami bisul, termasuk anak-anak. Ada beberapa faktor yang menjadikan anak-anak berkemungkinan lebih tinggi mengalami bisul, yaitu:

  • Sistem kekebalan tubuh sedang menurun
  • Kekurangan zat besi (anemia)
  • Ada kulit yang sedang mengalami kerusakan sehingga bakteri mudah masuk
  • Sedang mengalami eksim
  • Mengidap diabetes

Obat bisul untuk anak yang biasanya diberikan oleh dokter adalah antibiotik. Jika terdapat beberapa bisul atau bisul berukuran besar serta menyakitkan, kemungkinan dokter akan memberikan antibiotik oral. Pengobatan antibiotik harus diberikan secara konsisten dan dihabiskan sesuai resep dokter meski bisul telah sembuh. Hal ini bertujuan mematikan bakteri hingga sepenuhnya.

Sayangnya, pengobatan antibiotik bisa saja tidak memberikan hasil yang optimal dalam menyembuhkan bisul sehingga diperlukan tindakan pembedahan untuk mengeluarkan nanah. Prosedur pembedahan untuk mengobati bisul ini dapat dilakukan tanpa rawat inap.

Pada prosesnya, anak akan diberikan bius umum sebelum dokter memulai pembedahan. Antibiotik dapat diberikan melalui infus agar langsung masuk ke pembuluh darah. Selanjutnya, perawatan dapat dilakukan di rumah.

Perawatan Bisul di Rumah

Hampir semua kasus bisul, jika diketahui sejak awal, dapat diterapi di rumah. Berikut ini langkah-langkah dalam memberikan perawatan pada bisul di rumah.

  • Kompres menggunakan air hangat agar membantu menarik nanah keluar. Kira-kira sepuluh hari nanah akan mulai keluar ke permukaan kulit.
  • Ketika nanah keluar, bersihkan dengan air hangat dan sabun antibakteri sampai nanah bersih. Kemudian bilas dengan menggunakan alkohol.
  • Oleskan salep antibiotik, lalu balut dengan perban.
  • Lakukan pembersihan bisul 2-3 kali sehari hingga luka sembuh

Setelah membaca ulasan di atas, obat bisul untuk anak tidak hanya berupa obat yang diminum atau dioles pada bisul, tetapi perlu didukung juga dengan perawatan rutin di rumah. Pada intinya, bisul akan cepat sembuh jika diikuti cara-cara perawatan yang benar. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah hindari mengeluarkan nanah dengan menusuknya dengan jarum atau benda tajam lainnya karena justru dapat memperparah infeksi.