Penambah Stamina Alami Ini Mengandalkan Pola Makan Sehat

Tidak terbatas pada atlet, sebenarnya semua orang bisa memanfaatkan penambah stamina untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Penambah stamina alami yang mengandalkan pola makan sehat, bisa menjadi alternatif untuk Anda.

Stamina bisa diartikan sebagai kemampuan untuk menjaga stabilitas fisik atau mental dalam jangka panjang. Jangan salah, penambah stamina tidak harus berupa obat-obatan. Apalagi penambah stamina berupa obat-obatan, memiliki kemungkinan memicu gangguan kesehatan sebagai efek samping.

penambah stamina - alodokter

Jika Anda merasa stamina sedang turun dan sering merasa lelah, coba perhatikan pola dan asupan makanan akhir-akhir ini. Ingat, pola makan sehat dapat menjaga stamina tubuh, serta menjadi penambah stamina alami.

Berikut ini beberapa cara mengatur pola makan agar stamina tetap prima:

  • Jangan lewatkan sarapan

Memulai aktivitas tentu membutuhkan energi. Energi tersebut diperoleh dari menu sarapan Anda tiap pagi. Roti gandum dengan selai, bubur, atau telur dadar yang dicampur sayur, cukup untuk memberi energi pada tubuh. Saat Anda melewatkan sarapan, tubuh tidak memiliki energi cukup, sehingga akan membuat stamina menurun.

  • Mengonsumsi karbohidrat

Manfaat makanan mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, kentang, pasta atau lain-lain, yaitu mampu menyediakan energi. Namun, pilihan karbohidrat terbaik, adalah karbohidrat yang lambat dicerna. Jenis makanan ini akan membuat tubuh melepaskan energi secara bertahap. Misalnya produk dari gandum utuh seperti oat atau roti gandum.

  • Makan secara teratur

Jika setiap hari Anda makan secara teratur, tubuh akan terbiasa menerima makanan di jam yang sama. Hal ini dapat membantu tubuh mempertahankan energi. Biasakan mengonsumsi makanan utama tiga kali sehari, dilengkapi dua kali makanan selingan. Namun, batasi makanan selingan yang mengandung tinggi lemak.

  • Penuhi kebutuhan zat besi

Kekurangan zat besi akan membuat Anda merasa lelah, bahkan bisa sampai pingsan. Agar stamina stabil, penuhi kebutuhan zat besi Anda dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau atau sumber zat besi lainnya, dalam jumlah cukup.

  • Batasi makanan mengandung gula

Asupan gula memang dapat memberikan energi. Namun tidak bertahan lama dan cepat habis, sehingga dalam waktu singkat Anda akan cepat memerlukan asupan energi lagi. Selain itu, membuat Anda cepat gemuk. Sebaiknya batasi konsumsi gula secukupnya, dan batasi makan makanan yang mengandung banyak tambahan gula, contohnya kue, permen, dan cokelat.

  • Perhatikan asupan cairan

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab stamina Anda menurun. Pilih minuman yang sehat seperti air putih atau susu rendah lemak. Khusus untuk air putih, disarankan mengonsumsinya sebanyak delapan hingga sepuluh gelas per hari.

  • Hindari kafein

Kafein dalam kopi atau teh seakan-akan memberikan suntikan energi pada tubuh, padahal itu tidak benar. Kafein hanya menjadi stimulan. Setelah mengonsumsinya, energi Anda akan berada di puncaknya, tapi setelah itu justru timbul rasa lelah. Bahkan lebih lelah daripada sebelum mengonsumsi kafein.

Penambah stamina alami dengan pola makan sehat, kemungkinan akan butuh waktu lebih lama untuk berfungsi optimal, dibanding obat-obatan. Namun pola makan sehat dapat mendukung kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Agar stamina selalu terjaga optimal, maka imbangilah pola makan Anda, dengan pola hidup yang sehat pula. Selain memenuhi kebutuhan gizi dan cairan, cukupi istirahat, dan berolahragalah secara rutin dan teratur. Dengan demikian, stamina akan terjaga secara optimal.