Penanganan Pertama Ketika Pergelangan Kaki Keseleo

Mengenakan sepatu berhak tinggi, berlari, atau melompat membuat pergelangan kaki rentan keseleo. Jika hal tersebut sedang menimpa Anda sekarang, yuk dicoba beberapa langkah berikut ini agar kaki yang keseleo bisa segera sembuh.

Pergelangan kaki keseleo terjadi ketika ligamen (jaringan ikat keras yang menghubungkan tulang-tulang) kaki cedera. Posisi kaki yang berubah atau memutar secara tiba-tiba dapat membuat ligamen meregang terlalu jauh atau bahkan sobek. Begitu pula jika menapakkan kaki dengan sudut yang salah atau menggunakan terlalu banyak tenaga, ligamen dapat tersentak. Padahal sejatinya, ligamen berfungsi untuk membantu menstabilkan sendi dan mencegah gerakan yang berlebihan.

penanganan pertama ketika pergelangan kaki keseleo - alodokter

Pergelangan kaki keseleo dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu ringan, sedang, dan parah. Untungnya, keseleo pergelangan kaki ringan dan sedang dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda dapat melakukan berbagai hal berikut:

  • Lindungi pergelangan kaki yang keseleo agar cederanya tidak berkelanjutan, misalnya membalut kaki dengan perban.
  • Istirahatkan sendi pergelangan kaki selama 2-3 hari Tapi bukan berarti Anda tidak dapat beraktivitas sama sekali. Walau kaki keseleo, Anda masih bisa berolahraga, misalnya dengan melatih tangan-tangan dan bagian kaki yang tidak keseleo dengan menggunakan sepeda statis. ¬†Disarankan untuk tidak berlari atau melompat hingga Anda bisa berjalan tanpa kaki terasa sakit. Selain itu, jangan paksa pergelangan kaki untuk terus bergerak dan jangan berjalan kaki terlalu jauh atau lama. Lebih baik berdiri dan berjalan di sekitar rumah yang jaraknya pendek, walaupun menggunakan kruk.
  • Kompres pergelangan kaki yang keseleo dengan air es. Tujuannya, membatasi pembengkakan agar tidak meluas sekaligus meredakan. Selain itu, es juga membantu mengurangi rasa sakit. Kompres dingin daerah yang cedera sesegera mungkin selama 15 sampai 20 menit, 4-8 kali sehari. Hal ini dilakukan untuk 48 jam pertama atau sampai bengkak mengempis. Jika Anda menggunakan es batu, jangan ditempelkan langsung ke kulit. Selain itu, jangan terlalu lama menempelkan es di kulit karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan.
  • Balut pergelangan kaki yang keseleo dengan perban elastis atau neoprene (karet sintetis) selama setidaknya 48 jam (bisa kurang atau lebih). Gunanya untuk membatasi pembengkakan dan membantu sendi beristirahat. Jangan memperban pergelangan kaki terlalu kencang atau erat karena bisa membatasi aliran darah ke kaki. Jika jari-jari kaki berubah warna, kesemutan, atau terasa mati rasa, segera buka perban.
  • Angkat pergelangan kaki yang keseleo hingga setinggi jantung selama 2-3 jam sehari jika memungkinkan. Tujuannya untuk membantu membatasi dan mengurangi pembengkakan serta memar. Caranya, berbaringlah di sofa atau tempat tidur dan letakkan kaki di atas tumpukan beberapa bantal. Bila tidak memungkinkan, kaki bisa diangkat setinggi pinggul saat duduk di kursi. Oh iya, perlu diingat agar tidak menggunakan perban ketika kaki dinaikkan. Mengapa? Karena perban bisa membatasi aliran darah ke kaki.
  • Minum obat penghilang rasa sakit dan antiperadangan seperti ibuprofen, naproxen, acetaminophen, atau aspirin setelah makan. Namun jangan terlalu sering mengonsumsi obat ini, kecuali dengan resep dokter.
  • Dalam 72 jam setelah keseleo, dianjurkan untuk tidak mandi air panas, bersauna, mengonsumsi minuman beralkohol, berlari, atau memijat pergelangan kaki yang keseleo. Ditakutkan jika hal-hal tersebut dapat meningkatkan perdarahan dan pembengkakan, menghambat proses penyembuhan, dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.
  • Lakukan olahraga peregangan jika dokter menganjurkan.

Seperti disebutkan di atas, keseleo bisa sembuh dengan sendirinya. Namun bila kaki yang sakit tidak sembuh dalam dua atau tiga hari, disarankan untuk segera menemui dokter. Terutama apabila nyeri atau bengkak semakin parah, ada luka terbuka, muncul tanda-tanda infeksi, dan Anda tidak bisa berdiri sama sekali.