Penyebab Benjolan di Selangkangan pada Pria dan Wanita

Benjolan di selangkangan bisa berarti banyak hal, mulai dari pembengkakan kelenjar getah bening, hernia, beberapa jenis penyakit menular seksual, hingga suatu kondisi langka yang bernama Saphena Varix. Ukuran dan lokasi benjolan juga bisa bervariasi tergantung pada pemicunya.

Selain ukuran dan lokasi, benjolan di selangkangan bisa juga berpindah ke tempat lain, berjumlah lebih dari satu, berwarna seperti kulit, berwarna kemerahan atau keunguan, dan bisa terasa nyeri maupun tidak.

Groin Lump - alodokter

Untuk mengetahui penyebab pasti dari benjolan di selangkangan, Anda harus benar-benar memperhatikan jenis benjolan yang muncul dan gejala lain yang menyertainya. Benjolan ini bisa saja menjadi sebuah tumor atau limfoma yang perlu penanganan lebih lanjut.

Beberapa Kondisi Ini Menyebabkan Benjolan di Selangkangan

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening atau limfadenopati adalah penyebab benjolan di selangkangan yang paling sering ditemui. Kelenjar getah bening biasanya membengkak karena terjadi infeksi bakteri, virus, terjadi cedera, atau tumbuhnya tumor di lokasi pembengkakan tersebut. Pembengkakan kelenjar getah bening bisa juga dipicu oleh penyakit lupus, campak, tuberkulosis, sifilis, HIV, dan kanker getah bening (limfoma).

Hal ini terjadi karena kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian dari pusat sistem kekebalan tubuh yang menyaring bakteri, virus, dan zat asing lainnya dari cairan ekstrasel yang membawa nutrisi ke seluruh tubuh. Sebagian besar kista bersifat jinak atau non-kanker.

Kista

Kista adalah sejenis kantung yang terdiri dari kumpulan jaringan, cairan, air, dan zat lain yang bisa tumbuh di bagian tubuh atau area kulit manapun

Abses

Abses adalah benjolan yang berisi kumpulan sel darah putih, bakteri, dan jaringan yang mati. Isi abses merupakan nanah berbentuk cairan kental yang berwarna kuning atau hijau dan berbau tidak sedap. Salah satu bakteri yang bisa menyebabkan abses adalah Streptococcus pyogenes yang juga menjadi penyebab nyeri tenggorokan. Abses juga bisa muncul di berbagai lokasi, antara lain di bawah lapisan kulit atau di paru-paru. Dipengaruhi oleh adanya infeksi yang mencetuskan peradangan pada jaringan terkait.

Hernia

Hernia terjadi ketika saluran cerna yakni usus terdesak atau keluar melalui jalur yang seharusnya merupakan bagian yang berfungsi sebagai pembatas rongga perut, akibat adanya cedera maupun kelainan pada dinding perut serta otot sekitar perut. Beberapa jenis hernia yang memiliki gejala benjolan di selangkangan adalah hernia inguinal (selangkangan dalam) terjadi pada kebanyakan pria dan femoral (selangkangan luar) terjadi pada kebanyakan perempuan.

Hidrokel

Kondisi hidrokel ini terjadi pada kantung kemaluan (skrotum) bayi yang baru lahir, namun dapat menghilang beberapa bulan kemudian. Kondisi ini terjadi pada pria, akibat kelainan yang dipicu oleh infeksi maupun cedera pada testis atau epididimis. Peradangan testikel atau penumpukan cairan di sekitar testikel adalah beberapa penyebab terjadinya pembengkakan atau munculnya benjolan di area testikel dan sekitarnya.

Penyakit Menular Seksual

Benjolan di selangkangan bisa merupakan gejala awal dari penyakit menular seksual seperti sifilis, gonore (kencing nanah), herpes, dan klamidia. Pada beberapa kasus, jumlah benjolan dapat bertambah, dan menjadi luka yang meradang, penyakit menular seksual membutuhkan penanganan medis untuk penyembuhannya.

Saphena Varix

Saphena varix terjadi ketika katup pembuluh safena tidak dapat terbuka dengan baik sehingga darah menjadi terperangkap di dalam pembuluh ini. Kondisi ini umumnya dialami oleh orang yang memiliki pembesaran pembuluh darah di tungkai (varises). Benjolan yang dihasilkan oleh kondisi ini bisa berukuran sebesar bola golf dengan ujung benjolan berwarna kebiruan.

Tumor/Limfoma

Tumor atau limfoma (kanker kelenjar getah bening) terjadi ketika sel-sel yang ada pada sistem getah bening (limfosit), termasuk kelenjar getah bening, berubah menjadi sel kanker yang ganas atau tumor yang sifatnya lebih jinak. Benjolan atau pembengkakan kelenjar getah bening merupakan gejala pertama dari kondisi ini. Dan benjolan di selangkangan merupakan salah satu lokasi yang paling umum ditemui.

Segera temui dokter untuk memeriksakan benjolan di selangkangan yang dirasa mengkhawatirkan atau berpotensi pada penyakit yang serius, misalnya penyakit menular seksual dan kanker getah bening. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan fisik atau tes laboratorium guna memastikan penyakit apa yang menyebabkan benjolan di selangkangan.