Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Apa Saja?

Sakit pinggang biasanya diderita oleh mereka yang telah memasuki usia antara 30-50 tahun. Saat tubuh semakin tua, tulang akan semakin rapuh dan massa otot menurun. Oleh karena itu, sendi-sendi seperti pinggang lebih rentan cedera dan sakit. Tapi selain akibat gangguan pada sendi, sakit pinggang bisa juga disebabkan oleh ganguan pada organ yang ada di daerah tersebut seperti ginjal.

penyebab sakit pinggang sebelah kiri apa saja - alodokter

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Nyeri pinggang tidak hanya terbatas pada sendi tersebut tapi juga bisa menyebar hinggi ke daerah bokong, pangkal paha dan paha bagian belakang. Rasa sakit tersebut akan kian terasa menyakitkan jika bagian tersebut digerakkan. Kadang, rasa sakit pada bagian pinggang disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki.

Sakit pinggang bisa menyebabkan kesulitan saat hendak membungkuk dan bersandar. Selain itu otot-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kejang sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang. Kombinasi nyeri disertai kejang bisa mengakibatkan pinggang tidak seimbang sehingga membuat postur tubuh berubah atau tidak seimbang.

Apa Saja Penyebabnya?

Pinggang sebelah kiri yang terasa sakit bisadisebabkan oleh beberapa kondisi. Yang paling sering akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat sehingga menyebabkan cedera. Hal lain yang bisa menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri antara lain:

  • Siatika

Siatika disebabkan oleh tertekannya syaraf yang menghubungkan syaraf tulang belakang dan kaki seseorang. Hal ini bisa terjadi ketika orang tersebut mengalami pergeseran cakram tulang belakangnya. Cakram tulang belakang adalah struktur di antara tulang belakang yang berfungsi untuk meresap tekanan dan mempermudah pergerakan sendi tulang belakang. Salah satu ciri umum dari siatik adalah timbulnya kesemutan atau sensasi perih yang menyertai rasa sakit.

  • Spinal spinosis

Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya syaraf tulang belakang disebut spinal stenosis. Tekanan pada syaraf tulang belakang akibat spinal spinosis bisa menyebabkan kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada syaraf mana yang tertekan. Umumnya gejala akan bertambah parah dengan posisi berdiri dan berjalan. Penyebab utama spinal stenosis adalah degenerasi cakram tulang belakang.

  • Gangguan pada ginjal

Karena letaknya di daerah pinggang, ginjal yang mengalami gangguan bisa juga menjadi salah satu sumber sakit pinggang sebelah kiri. Sakit yang diakibatkan terganggunya organ ini akan dirasakan di antara tulang rusuk terbawah dan panggul. Gangguan ginjal apakah itu batu ginjal atau infeksi ginjal memiliki potensi membuat nyeri pada pinggang.

  • Otot tegang

Beraktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan punggung luar biasa, maka otot dan ligamen di punggung bisa tertarik, menjadi tegang dan bahkan robek. Gejala umum dari tegang otot adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Beruntung, kondisi ini bisa diredakan setelah penderitanya melakukan terapi fisik dan istirahat cukup.

Pada perempuan beberapa kondisi lain yang mungkin memengaruhi munculnya rasa sakit di pinggang bagian kiri adalah kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan fibroid pada rahimdan kehamilan.

Kunjungi Dokter

Meski dalam kebanyakan kasus sakit pinggang bisa sembuh dengan sendirinya namun beberapa kasus memerlukan pemeriksaan dokter. Jika saat sakit pinggang sebelah kiri disertai dengan sulitnya mengontrol buang air kecil dan buang air besar, maka harus segera memeriksakan ke dokter.

Hal yang sama wajib dilakukan jika rasa sakit disertai kelumpuhan atau mati rasa di bagian pinggang dan kaki. Berkurangnya massa dan kekuatan otot di kedua kaki yang menyertai sakit pinggang juga memerlukan penanganan dari dokter.

Meski sepertinya sakit pinggang sebelah kiri adalah hal yang sepele, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter jika berkelanjutan dan/atau disertai gejala-gejala lain. Ini supaya penanganan sakit pinggang dapat disesuaikan dengan akar penyebabnya.