Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri dan Cara Mengatasinya

Saat punggung terasa sakit, hal pertama yang ada dalam pikiran Anda adalah bagaimana cara mengatasinya agar sembuh dengan cepat. Sakit punggung sebelah kiri atau bagian lainnya, disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu banyak aktivitas, otot tegang, cedera otot, osteoarthritis, dan lain-lainnya.

Sakit punggung merupakan berbagai macam gejala yang meliputi rasa sakit yang menusuk,dapat disertai kesemutan, rasa perih, atau sakit yang memancar dari punggung ke bokong, paha, hingga ke bagian kaki . Rasa sakit bisa terasa intens/kuat dan tidak terlalu lama, atau pada tingkat nyeri yang kurang intensif tapi bertahan selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

left side back pain

Penyebab Sakit Punggung Sebelah Kiri

Awalnya, sakit punggung dimulai dengan sakit biasa dan kemudian berkembang menjadi sakit yang luar biasa, dan menjadi masalah jangka panjang.

Bila Anda terlalu aktif melakukan segala hal, seperti aktivitas sehari-hari, olahraga yang memerlukan tenaga ekstra, dan kegiatan berat lainnya secara berlebihan, ternyata dapat membuat punggung Anda kesakitan, lho.

Beberapa hal yang dapat terjadi misalnya punggung keseleo atau punggung menjadi tegang, yang dapat menyebabkan punggung Anda terasa sakit. Tidak hanya punggung saja, kaki dan paha Anda juga dapat merasakan sakitnya.

Menunjukkan dengan tepat lokasi sakit punggung yang Anda alami, ternyata dapat membantu mengatasi penyebabnya. Karena berbagai jenis rasa sakit dapat memengaruhi bagian punggung yang berbeda-beda. Dengan mengetahui lokasi yang sakit, maka dokter dapat memberikan perawatan yang benar dan tepat untuk kesembuhan Anda.

Sakit punggung sebelah kiri juga dapat disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Punggung tegang dan keseleo Keseleo atau tegang dapat memengaruhi bagian punggung mana pun. Anda bisa merasakan sakit punggung sebelah kiri, kanan, bagian atas, dan juga bawah. Jenis cedera ini biasanya menyebabkan rasa sakit yang semakin memburuk saat Anda bergerak. Adapun gejalanya meliputi kram otot, , kesulitan beraktivitas seperti berdiri, berjalan, atau membungkuk.
  • Sciatica Sciatica mengacu pada rasa sakit yang menjalar di sepanjang jalur saraf skiatik. Saraf ini bercabang di punggung bawah melewati pinggul, bokong, hingga kaki. Skiatika dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit yang ringan hingga ketidaknyamanan yang ekstrim, mati rasa, lemah otot, serta sensasi kesemutan di tungkai atau kaki. Duduk terlalu lama dan batuk atau bersin dapat membuat gejala skiatika memburuk.
  • Sakit punggung akut Ini adalah rasa sakit jangka pendek yang biasanya disebabkan oleh beberapa jenis cedera pada bagian punggung. Selain itu, arthritis juga dapat menyebabkan sakit punggung akut. Gejala biasanya berlangsung beberapa hari sampai beberapa minggu.
  • Sakit punggung bagian atas dan tengah Bagian punggung atas dan tengah memiliki 12 tulang belakang, diskus (bantalan penyangga saraf di dalam ruas tulang belakang), otot, dan ligamen. Tulang-tulang tersebut menempel pada tulang rusuk Anda. Mereka membentuk bagian terpanjang dari punggung. Beberapa penyebab sakit ini adalah postur tubuh yang buruk misalnya kebiasaan membungkuk, terlalu berlebihan melakukan kegiatan, cedera otot, cedera ligamen, fraktur(patah tulang), dan lainnya. Adapun gejalanya seperti rasa sakit, nyeri seperti terbakar, seperti ditusuk-tusuk, otot kaku, kelemahan pada lengan atau tungkai, mati rasa (di bagian kaki, lengan, atau paha), dan lainnya. Sakit punggung pada bagian atas atau tengah juga dapat menyebabkan sakit punggung sebelah kiri. Hal ini disebabkan rasa sakit yang menjalar sesuai dengan kerusakan pada saraf yang terkena.
Jika Anda mengalami sakit punggung sebelah kiri atau lainnya, Anda dapat menggunakan obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran, seperti paracetamol dan obat anti-inflamasi non streoid (OAINS) lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan olahraga, terapi pijat, dan menggunakan kompres es maupun kompres hangat.

Kompres dingin (es) berfungsi untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada area yang sakit, sedangkan kompres hangat atau panas bisa mengurangi sensasi kaku (merelaksasi otot) dan mengurangi rasa sakit. Berolahraga juga akan menurunkan rasa sakit, memperbaiki postur, dan menurunkan risiko mengalami cedera.Lakukan olahraga ringan dan santai.

Jika Anda merasakan sakit punggung sebelah kiri maupun bagian lainnya yang cukup parah, beristirahatlah. Jika Anda ingin memulai untuk beraktivitas kembali mulailah dengan perlahan-lahan. Selain istirahat, mencoba menghindari stres juga bisa membantu mengurangi rasa sakit punggung yang dialami.

Jika Anda telah mengonsumsi obat dan melakukan perawatan seperti yang telah dipaparkan di atas namun sakit punggung sebelah kiri tidak membaik, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.