Penyebab Tenggorokan Berlendir dan Cara Meredakannya

Lendir secara normal diproduksi oleh tubuh, tidak terkecuali lendir pada bagian tenggorokan. Lendir pada tenggorokan berfungsi melembapkan tenggorokan dan memerangkap benda dan organisme asing, seperti debu, virus, dan bakteri yang akan masuk ke pernapasan. Namun, kadar lendir yang berlebihan yang menyebabkan tenggorokan berlendir tentu saja justru menciptakan ketidaknyamanan.

Produksi lendir pada hidung dan tenggorokan setidaknya mencapai kurang lebih dua liter tiap harinya. Namun, jumlah ini akan terasa bertambah ketika Anda sakit. Pada tenggorokan misalnya, adanya lendir yang berlebih di area tersebut dinamakan dengan istilah post nasal drip.

penyebab tenggorokan berlendir dan cara meredakannya - alodokter

Post nasal drip dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa begitu berlendir. Berbagai macam hal yang bisa ditengarai menjadi penyebab terjadinya post nasal drip atau tenggorokan berlendir, di antaranya:

  • Alergi, misalnya alergi terhadap debu atau serbuk sari
  • Infeksi sinus atau sinusitis
  • Kehamilan
  • Pilek dan flu
  • Perubahan cuaca
  • Mengonsumsi makanan tertentu yang terlalu pedas
  • Terpapar asap dari bahan kimia, parfum, produk pembersih, rokok, dan lainnya
  • Efek dari penggunaan obat-obatan tertentu

Cara Mudah Meredakan Tenggorokan Berlendir di Rumah

Tenggorokan berlendir tentu mengganggu Anda dalam beraktivitas, namun kondisi ini tidak perlu dicemaskan. Sembari beristirahat di rumah, Anda dapat melakukan tindakan penanganan sendiri untuk sementara waktu. Berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan di rumah:
  • Mengonsumsi obat-obatan yang dapat mengencerkan lendir

Untuk meredakan tenggorokan berlendir tanpa adanya gejala lain, Anda dapat mengonsumsi obat-obatan antihistamin, dekongestan, dan obat-obatan yang mampu mengencerkan lendir pada tenggorokan Anda.

  • Mengonsumsi air putih yang banyak dan sup hangat yang bergizi

Mengonsumsi air putih yang banyak sangat disarankan. Tidak hanya meredakan dehidrasi yang juga bisa memperparah kondisi, air putih juga bermanfaat dalam mengencerkan lendir pada tenggorokan berlendir.

Selain itu, meskipun tidak dapat menyembuhkan secara langsung, sup hangat dapat menjadi bantuan sementara untuk memberikan rasa nyaman pada tenggorokan. Hal ini dikarenakan uap dari sup hangat dapat melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat. Selain itu, sup hangat juga dapat mengurangi lendir berlebih pada tenggorokan berlendir.

  • Mandi dengan air panas

Sama halnya dengan mengonsumsi sup hangat, mandi dengan air hangat juga dapat membantu memberikan rasa nyaman karena uap dari air hangat tersebut.

  • Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari dapat menjadi alternatif alami yang dapat meredakan kondisi tenggorokan berlendir.

  • Menjaga kebersihan lingkungan rumah

Mencuci tangan sesering mungkin dan membersihkan perabotan di rumah selama bisa Anda lakukan untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin berdiam di peralatan rumah tangga. Anda juga bisa membersihkan rumah, terutama kamar tidur Anda, dari hal-hal yang menjadi penyebab alergi muncul seperti debu, jamur, hingga bulu hewan piaraan.

Melakukan perawatan di rumah dalam meredakan tenggorokan berlendir lebih merupakan langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya. Namun, jika tenggorokan berlendir tidak kunjung sembuh dan membaik, Anda disarankan untuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT guna mendapatkan penanganan lebih lanjut terkait penyebab dan cara mengatasinya dengan benar.