Perhatian Khusus Menghadapi Anak Hiperaktif

Membesarkan dan merawat anak hiperaktif membutuhkan perhatian dan waktu yang lebih banyak. Dalam upaya mendorong perkembangan anak-anak ini, orang tua perlu belajar untuk mengelola perilaku anak.

Hiperaktif pada anak adalah suatu kondisi yang menjadikan seorang anak sukar untuk mengontrol aktivitas dan reaksinya terhadap kejadian di sekitar dirinya. Hiperaktif disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

perhatian khusus menghadapi anak hiperaktif - alodokter

Anak dengan ADHD dapat mengalami kurangnya kemampuan untuk memusatkan perhatian (inatensi), tidak bisa diam (hiperaktif), dan impulsif. Anak dengan ciri inatensi mudah teralihkan perhatiannya, sering tidak memperhatikan, dan pelupa. Anak dengan ciri hiperaktif sering terlihat terus-menerus bergerak, terus menerus bicara, dan tampak gelisah ketika duduk. Sering menyela percakapan atau kegiatan orang lain, tidak sabar mengantri, dan tidak bisa menahan emosi, menunjukkan ciri impulsif. Anak dengan ADHD dapat lebih dominan hiperaktif-impulsif atau inatensi. Dapat juga kombinasi keduanya.

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan anak hiperaktif, namun dapat dikontrol atau dikelola melalui dukungan, pendidikan, dan saran yang tepat bagi orang tua maupun bagi sang anak. Selain itu, dokter mungkin juga akan memberikan obat untuk membantu mengontrol gejala.

Jika Anda memiliki anak hiperaktif, berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu dalam mengontrol mereka.

Membangun kehidupan anak yang terstruktur

Yang terpenting adalah bukan menerapkan disiplin yang kaku pada anak, tetapi mengatur agar kehidupan anak tenang dan terorganisir. Anak hiperaktif tidak terlalu mudah beradaptasi dengan perubahan. Oleh karena itu, memiliki rutinitas yang sederhana atau telah terjadwal dapat membuat mereka merasa aman. Contohnya ketika pergi sekolah, susun apa saja yang harus dikerjakan agar dia tahu langkah-langkah yang harus dilakukan.

Memberikan instruksi pada anak juga sebaiknya terstruktur, singkat dan spesifik. Contohnya,”Tolong bantu Ibu menaruh mainan di kotak mainan dan mengembalikan buku ke rak.” Jika ada perubahan dari satu kegiatan ke kegiatan lain, atau dari satu lokasi ke lokasi lain, peringati anak beberapa menit sebelumnya.

Menjaga Waktu Tidur yang Rutin

Pastikan anak tidur pada waktu yang sama tiap malam dan bangun pada waktu yang sama di pagi hari. Hindari kegiatan bermain komputer atau menonton TV sebelum tidur karena dapat mengganggu waktu istirahatnya.

Menerapkan Disiplin Positif

Upayakan untuk selalu memberinya kasih sayang dengan menghargai atau memuji dirinya ketika melakukan tindakan yang baik. Jangan hanya mengucapkan terima kasih ketika dia membantu Anda, tapi tambahkan juga bentuk tindakannya, “Terima kasih sudah membantu ibu mencuci piring.” Dengan ini anak jadi tahu tindakan apa saja yang baik.

Mengajak Anak Beraktivitas dan Berolahraga

Pastikan anak Anda melakukan banyak aktivitas fisik di siang hari. Berjalan, melompat-lompat, dan olahraga adalah beberapa hal yang baik untuk dilakukan. Selain akan meningkatkan kualitas tidur anak pada malam hari, banyak bergerak dapat membantu meningkatkan konsentrasi, menurunkan kecemasan, dan menstimulasi kinerja otak. Namun pastikan agar mereka tidak melakukan aktivitas terlalu berat ketika dekat dengan waktu istirahatnya.

Membina Hubungan Keluarga yang Sehat

Hubungan antara semua anggota keluarga memainkan peranan besar dalam mengelola atau mengubah perilaku anak hiperaktif. Suami istri dengan ikatan yang kuat sering kali merasa lebih mudah menghadapi tantangan menjadi orang tua. Upayakan untuk menjalin komunikasi yang sehat dengan anak. Jika anak Anda mengajak berbicara, maka Anda harus menanggapinya dengan tenang dan sabar.

Anak hiperaktif membutuhkan dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Jika Anda sedang memiliki waktu yang sibuk, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau teman. Selain itu, anak hiperaktif juga membutuhkan bantuan profesional. Anda dapat mencari terapis untuk membantu melatih anak Anda.