Pilihan Kacamata Baca Untuk Penderita Presbiopia

Bagi penderita gangguan mata presbiopia, pilihan kacamata baca tidak hanya satu tapi ada beragam. Agar tepat dengan kebutuhan Anda, kenali beragam kacamata baca untuk presbiopia sebelum membelinya.

Presbiopia adalah gangguan penglihatan jarak dekat yang biasa terjadi seiring bertambahnya usia. Pada saat muda, lensa mata lebih fleksibel sehingga dapat berubah bentuk sesuai dengan jarak objek penglihatan. Seiring bertambahnya usia, fleksibilitas lensa mata ini dapat berkurang, sehingga kemampuan fokus pada objek berjarak dekat menjadi berkurang.

pilihan kacamata baca untuk penderita presbiopia - alodokter

Jika Anda mengalami presbiopia, Anda akan kesulitan membaca dalam jarak normal, pusing ketika membaca jarak dekat, dan baru bisa membaca cukup jelas dengan jarak baca sepanjang lengan. Guna mengatasinya, apabila Anda belum memakai kacamata sebelum menderita presbiopia, Anda dapat menggunakan kacamata baca yang dijual bebas tanpa resep dokter. Usahakan untuk memilih tingkat pembesaran yang paling rendah yang bisa membuat kegiatan membaca menjadi nyaman.

Jika kacamata baca yang dijual bebas tidak dapat membuat Anda nyaman saat membaca, Anda dapat memeriksakan diri terlebih dahulu kepada dokter mata agar mendapatkan ukuran kacamata baca yang pas. Di bawah ini adalah beberapa pilihannya:

  • Bifokal
    Apakah Anda pernah melihat kacamata dengan dua lensa berbeda dalam satu lensa kacamata? Itulah yang disebut dengan kacamata baca bifokal. Bagian utama lensa merupakan resep untuk penglihatan jarak jauh atau penglihatan jarak dekat, sedangkan lensa pada bagian bawah merupakan lensa dengan resep yang lebih kuat untuk membantu Anda melihat objek yang lebih dekat. Bifokal juga tersedia dalam bentuk lensa kontak baik jenis yang kaku maupun yang lentur, di mana kedua lensa memiliki kemampuan yang berbeda. Satu lensa berfungsi memperbaiki penglihatan jarak dekat, sementara satu lensa lainnya untuk memperbaiki penglihatan jarak jauh.
  • Trifokal
    Jika bifokal memiliki dua lensa berbeda dalam satu lensa kacamata. Maka kacamata baca trifokal memiliki tiga bagian berbeda. Ada bagian untuk penglihatan jarak jauh, jarak dekat, dan jarak sedang atau menengah. Lensa kacamata trifokal dapat dibuat tanpa atau dengan garis pemisah antara tiga lensa tersebut.

Selain menggunakan kacamata baca, presbiopia dapat juga diatasi dengan operasi, misalnya operasi LASIK, keratoplasty konduktif, dan penggantian lensa alami dengan lensa buatan.

Rawatlah Kacamata Baca Anda

Agar kacamata baca tetap nyaman saat digunakan dan bertahan lama, berikut adalah beberapa cara merawt kacamata baca.

  • Siapkan air hangat dan sabun yang lembut, seperti sabun pencuci piring atau sabun bayi. Hindari menggunakan sabun yang berbahan dasar detergen sitrat.
  • Basahi kacamata dengan menggunakan air hangat, kemudian usapkan sabun ke bagian lensa serta bingkai kacamata Anda dengan gerakan memutar. Lalu, bilas kacamata dengan menggunakan air hangat hingga bersih.
  • Keringkan kacamata dengan menggunakan handuk yang lembut atau kanebo.

Kini Anda sudah tahu ragam kacamata baca untuk presbiopia, bukan? Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda. Jangan paksakan membeli kacamata baca yang dijual bebas jika tidak membuat Anda nyaman untuk membaca, dan segeralah konsultasikan kondisi mata Anda kepada dokter mata.